Pesona Wisata Gunungkidul ~ Putra Gantiwarno
Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

Pesona Wisata Gunungkidul

Jika anda masih berlibur di Yogyakarta, ini ada pilihan tempat wisata yang mungkin bisa dikunjungi. Ada 65 pilihan tempat wisata di Gunungkidul yang bisa jadi akan membuat anda melupakan penat.
  1. Pantai Gesing, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang Kawasan transmigran Ring I, perkampungan nelayan, tersedia warung makan ikan segar dan Masjid.
  2. Pantai Nguyahan, Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari Pantai yang masih alami dan bersih. Berjarak sekitar 200 m dari Pantai Ngobaran.
  3. Pantai Ngobaran, Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari Pantai yang tidak begitu luas, terdapat bangunan pura. Setiap tahun diselenggarakan Upacara Melasti umat Hindu.
  4. Pantai Ngrenehan, Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari. Pelabuhan nelayan tradisional, pasar ikan segar.
  5. Pantai Baron, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari. Terdapat aliran sungai bawah tanah, TPI, hotel, rumah makan.
  6. Pantai Kukup, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari. Terdapat pulau kecil dengan jembatan, gardu pandang, akuarium laut, hotel, rumah makan, terkenal sebagai “Tanah Lot-nya Pulau Jawa".
  7. Pantai Sepanjang, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari. Kawasan konservasi penyu.
  8. Pantai Drini. Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari. Pelabuhan nelayan tradisional dan terdapat Pulau Drini.
  9. Pantai Krakal. Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari. Hamparan pasir putih indah membentang ada berbagai jenis hewan laut di pinggir pantai.
  10. Pantai Sadranan. Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus. Pantai berpasir putih, alami, dan indah. Biasa untuk pemotretan Pre Weddingkarena keindahannya.
  11. Pantai Slili. Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus. Berdekatan dengan Pantai Ngandong bahkan menyatu.
  12. Pantai Ngandong. Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus. Wisata bahari, wisatawan bisa mencoba berlayar bersama nelayan, diantar melihat umbul air (air tawar yang keluar dari dasar laut).
  13. Pantai Sundak Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus. Berpasir putih sebagai Camping Ground, terdapat goa dengan sumber mata air.
  14. Pantai Pulang Syawal (Indrayanti Resto-Cafe). Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus (di sebelah Timur Pantai Sundak). Nama aslinya Pantai Pulang Syawal, namun orang menyebutnya Pantai Indrayanti karena terdapat Resto-Cafe Indrayanti.
  15. Pantai Pok Tunggal, Desa Tepus, Kecamatan Tepus. Pantai yang masih alami, terdapat pohon Duras yang unik (tumbuh miring) dan menjadi ikon pantai Pok Tunggal.
  16. Pantai Timang Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus. Terdapat Pulau Timang (Watu Panjang/Batu Panjang) yang dapat dijangkau dengan gondola tradisional yang terhubung tali.
  17. Pantai Siung, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus.. Berpasir putih untuk olahraga panjat tebing. Terdapat 250 titik pemanjatan dengan tingkat kesulitan berbeda. Camping Ground. 
  18. Pantai Wediombo, Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo. Pantai berbentuk bentangan cukup panjang. Pemancing sering mendapatkan ikan cucut dan ikan panjo di lokasi ini.
  19. Pantai Jungwok, Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo Pantai yang masih alami, indah, dan belum banyak dikunjungi.
  20. Pantai Sadeng, Desa Pucung, Kecamatan Girisubo Pelabuhan nelayan di DIY. Terkenal sebagai Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) bertaraf nasional.
  21. Sungai Oya (River Tubing) Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo  Petualangan menyusuri Sungai Oya dengan ban, panjang lokasi ± 1 km.
  22. Goa Sioyot, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo  Petualangan susur goa horizontal. Terdapat stalaktit dan stalakmit yang indah dan banyak kelelawar.
  23. Goa Pindul, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo  Terletak di Desa Wisata Bejiharjo, fasilitas susur sungai di dalam goa menggunakan ban karet dan baju pelampung.
  24. Goa Gelatik. Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo  Terletak di Desa Wisata Bejiharjo, banyak kelelawar, untuk memasuki goa harus merunduk/merangkak. Pemandangan menakjubkan di dalam goa berupa stalaktit dan stalakmit yang indah.
  25. Goa Langse Desa Giricahyo, Kecamatan Purwosari  (Dekat Pantai Parangtritis Bantul). Terkenal sebagai tempat bersemedi, nenepi, bermeditasi. Terdapat mata air yang keluar dari dalam goa.
  26. Goa Cerme. Desa Giritirto, Kecamatan Purwosari (Berbatasan dengan Desa Selopamioro Kecamatan Imogiri Kabupaten Bantul) Terdapat stalaktit dan stalakmit yang indah, sungai bawah tanah, banyak kelelawar. Menurut cerita, Goa Cerme dulu digunakan para Walisongo untuk menyebarkan agama Islam di Jawa dan tempat membahas pendirian Masjid Demak.
  27. Goa Maria Tritis. Desa Giring, Kecamatan Paliyan  Wisata untuk ziarah dan beribadah umat Katolik.
  28. Goa Bribin. Desa Dadapayu, Kecamatan Semanu  Tempat proyek pengangkatan air sungai bawah tanah untuk masyarakat sekitar kerjasama dengan Jerman.
  29. Goa Kalisuci, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu. Susur goa dan sungai, wisata Cave Tubing.
  30. Goa Jomblang - Grubug. Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu  Perpaduan goa vertikal (luweng) dan horisontal. Bisa menikmati pancaran bias sinar matahari menembus lobang gua yang terkenal dengan sebutan "Cahaya Surga"
  31. Goa Rancang Kencono, Desa Bleberan, Kecamatan Playen  Dekat lokasi Air Terjun Sri Gethuk. Terdapat pohon unik yang menembus lobang goa.
  32. Goa Jlamprong, Goa Gesing, Goa Sinden. Desa Ngeposari, Kecamatan Semanu. Terletak di Desa Wisata Mojo yang terkenal sebagai pusat kerajinan ukir batu putih. Tipe goa horizontal berair.
  33. Goa Cokro. Desa Umbulrejo, Kecamatan Ponjong. Goa vertikal (luweng), kedalaman sekitar 35 meter dari permukaan tanah.
  34. Goa Lowo. Kecamatan Ponjong. Goa Lowo, lowo= kelelawar. Keberadaannya mengkhawatirkan karena penambangan batu kapur.
  35. Goa Paesan. Desa Tambakromo, Kecamatan Ponjong  Goa masih alami dalam pengembangan. Lorong jalan datar dengan pemandangan lepas, stalaktit dan stalakmit indah menakjubkan.
  36. Goa Cokakan. Desa Beji, Kecamatan Patuk. Terletak di Desa Wisata Jelok, dengan pemandangan khas goa-goa karst Gunungkidul untuk kegiatan susur goa.
  37. Desa Wisata Bejiharjo. Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo.  Terdapat wisata Goa Pindul, suasana alam pedesaan, tempat pemancingan.
  38. Desa Wisata Nglanggeran. Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk  Terdapat wisata Gunung Api Nglanggeran, suasana alam pedesaan, terdapat aneka kerajinan khas; Camping Ground, cocok untuk outbound dan tracking. Ada pendopo dan home stay.
  39. Desa Wisata Bleberan. Desa Bleberan, Kecamatan Playen. Ada Air Terjun Sri Gethuk dan Goa Rancang Kencono.
  40. Desa Wisata Mojo. Desa Ngeposari, Kecamatan Semanu  Pusat kerajinan ornamen batu putih.
  41. Desa Wisata Umbulrejo. Desa Umbulrejo, Kecamatan PonjongbbAda Dam Beton Indah, tempat pemancingan, warung ikan segar, out bound area, camping ground, susur goa.
  42. Desa Wisata Bobung. Desa Putat, Kecamatan Patuk. Pusat kerajinan topeng, patung, dan batik kayu.
  43. Desa Wisata Wonosadi. Desa Beji, Kecamatan Ngawen  Dekat hutan lindung Wonosari.
  44. Desa Wisata Garotan. Desa Bendung, Kecamatn Semin  Sentra pembuatan lampu antik dan ornamen lain dari cor logam.
  45. Desa Wisata Jelok. Desa Beji, Kecamatan Patuk Terkenal sebagai Kampoeng Nusantara, konsep perpaduan desa wisata dan komunitas belajar pendidikan non formal. Alam khas pedesaan, dekat sungai oya, ada jembatan gantung yg artistik. Bisa Dinner on The River, Venesia-nya Indonesia
  46. Kawasan Karst Pegunungan Sewu. Perbatasan Kabupaten Gunungkidul, Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Pacitan. Bentangan pegunungan karst yang meliputi wilayah Gunungkidul, Pacitan, dan Wonogiri.
  47. Lembah Karst  Mulo Desa Mulo, Kecamatan Wonosari. Lembah karst memanjang di Desa Mulo.
  48. Gunung Api Purba Nglanggeran. Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk. Terletak di Desa Wisata Nglanggeran, ketinggian antara 200-700 mdpl. Di puncak kita bisa mendokumentasikan diri beraksi "Foto Terbang"
  49. Gunung Patuk atau Bukit Hargodumilah. Perbatasan Kabupaten Gunungkidul dan Kabupaten Bantul. Bukit pintu gerbang masuk wilayah Gunungkidul. Jika malam hari, bisa melihat bentangan cahaya lampu seperti kumpulan bintang yang berada di bawah bukit (Piyungan dan sekitarnya). Jika tidak tertutup awan, dapat melihat keindahan pemandangan Gunung Merapi di sisi utara.
  50. Gunung Gambar Desa Jurangjero, Kecamatan Ngawen Ketinggan 200m di atar permukaan laut. Dari puncak bisa melihat kindahan Rawa Jombor Klaten dan Waduk Gajah Mungkur Wonogiri. Ada pendopo, cocok untuk camping dan tracking.
  51. Gunung Kendil. Kecamatan Ponjong. Keajaiban alam bisa kita lihat di sini, ada sumber air yang mengalir deras dari bongkahan batu besar/bukit, terdapat kolam renang, Masjid, tempat terapi berbagai penyakit.
  52. Hutan Bunder. Desa Putat, Kecamatan Patuk Kawasan hutan lindung di pinggir jalan Jogja-Wonosari, terdapat Rest Area Bunder. Cocok untuk Camping Ground.
  53. Hutan Wanagama. Desa Banaran, Kecamatan Playen. Kawasan hutan lindung dan tempat penyulingan kayu putih. Fasilitas: MCK, Mushola, Pendopo, dekat sungai.
  54. Hutan Wonosari. Desa Beji, Kecamatan Ngawen Hutan yang kaya dengan pohon-pohon langka dan masih terjaga kelestariannya.
  55. Bengawan Solo Purba (Telaga Suling). Desa Songbanyu dan Posung Kecamatan Girisubo. Lembah yang diyakini pada jaman dulu sebagai muara sungai Bengawan Solo, ideal untuk tracking atau jelajah wisata.
  56. Telaga Jonge. Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu. Telaga dengan air melimpah dan udara sejuk. Salah satu tempat favorit para pemancing Jogja, Semarang, Kebumen, dan Jawa Timur. Pada waktu tertentu dilaksanakan upacara adat Bersih Telaga Jonge.
  57. Telaga Kemuning. Desa Bunder, Kecamatan Patuk  Ada air terjun Ngeboran, Batu Payung, Hutan Wanagama, ada makanan khas kacang telor. Wisata alam, tracking/jelajah, wisata uji nyali, Camping Ground, jamuan wisatawan.
  58. Situs Gambirowati atau Pesanggrahan Gambirowati. Desa Girijati, Kecamatan Purwosari. Bagunan periode Islam berasal dari abad XVI terletak di Dusun Watugajah, luas 13.200 m2, ketinggan 138 mdpl.
  59. Situs Megalitik Sokoliman. Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo Peninggalan periode prasejarah di dusun Sokoliman II berupa menhir, fragmen menhir, dan dinding kubur batu.
  60. Situs Gunungbang. Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo Situs megalitik yang ada di dusun Gunungbang Bejiharjo, peninggalan sejarah berbentuk kubur batu.
  61. Pertapaan Kembang Lampir. Desa Girisekar, Kecamatan Panggang  Dibangun pada periode Islam. Tempat bertapa Ki  Ageng Pemanahan pada jamannya.
  62. Air Terjun Sri Gethuk. Desa Bleberan, Kecamatan Playen  Berada di Desa Wisata Bleberan, dekat Sungai Oya, tempat pemancingan, susur sungai dengan perahu/pelampung.
  63. Dam Beton Indah dan Bendungan Simo. Dam Beton Indah terletak di Desa Umbulrejo. Bendungan Simo terletak di Desa Genjahan, Kecamatan Ponjong. Outbound Area, terdapat permainan flying fox, tempat pemancingan, warung lesehan menu ikan air tawar segar. Di perjalanan bisa melihat hamparan padi hijau dan subur di atas sawah.
  64. Rest Area Bunder. Desa Bunder Kecamatan Patuk. Tempat peristirahatan sementara (stop over) berbentuk pendopo di dekat Sungai Oya dan hutan lindung. Ada di pinggir jalan raya Jogja-Wonosari, sekitar 30 km dari Yogyakarta. Fasilitas: listrik, MCK, pendopo, parkir luas, tempat bermain anak, Outbound Area, Camping Ground.
  65. Alun-alun Wonosari (Alun-alun Pemda) ~ sore s/d malam hari  Desa Wonosari, Kecamatan Wonosari. Wisata kuliner dan wisata keluarga di malam hari, tersedia berbagai kuliner lesehan dan arena bermain anak-anak seperti becak hias, andong, mobil dan motor anak. Tempat peristirahatan sementara wisatawan yang akan ke/dari obyek wisata Gunungkidul untuk sholat di masjid Agung Wonosari. Biasa untuk tempat istirahat sementara komunitas penggemar motor luar daerah yang berwisata pada akhir pekan.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More