Manfaat Sawi ~ Putra Gantiwarno
Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

Manfaat Sawi

Manfaat Sawi – Siapa tak suka sawi? Sebaiknya, Anda mulai menyukai sayuran hijau ini karena kandungan nutrisi di dalamnya sangatlah bergizi. Hal itulah yang membuat sayur sawi disukai oleh banyak orang, termasuk mayoritas masyarakat di Indonesia.
UntitledSawi menjadi salah satu sayuran yang kaya akan vitamin sehingga dikenal sangat bermanfaat bagi kesehatan sekaligus mampu mencegah berbagai macam penyakit.
Sawi mengandung banyak nutrisi layaknya sayuran hijau yang lain, misalnya vitamin A, vitamin K, vitamin C, flavonoid, karotenoid, folat, thiamin, asam pantotenat, fosfor, kalium hingga fitonutrien yang membuat manfaat sawi sangatlah beragam dan bervariasi.
Manfaat sawi bisa Anda nikmati dengan mengonsumsinya secara rutin sebagai sumber serat dan nutrisi yang melengkapi asupan gizi Anda sehari-hari.
Setidaknya 10 manfaat yang bisa diperoleh jika Anda mengonsumsi sawi telah terangkum di bawah ini, antara lain:
1. Meminimalisir resiko penyakit diabetes tipe 2
Sawi merupakan salah satu jenis sayuran yang kaya akan asam alfa-linoleat dan asam lemak omega 3 yang bermanfaat untuk kesehatan otak, meminimalisir resiko penyakit diabetes tipe 3 sekaligus meningkatkan kesehatan jantung agar selalu berfungsi dengan maksimal.
2. Melawan radang dan pembentukan plak pada arteri.
Kandungan fitonutrien dan quercetin mampu melawan peradangan dan pembentukan plak pada pembuluh arteri dan sulforaphane. Namun dibutuhkan makanan lain seperti buah alpukat dan minyak zaitun agar proses perlawanan tersebut bisa berjalan efektif.
3. Memaksimalkan diet.
Bagi Anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan, mengonsumsi sawi adalah solusi yang tepat karena sawi rendah kalori namun kaya akan serat. Kalori daun sawi mentah hanya 26 kkal per 100 gram dan kandungannya pun rendah lemak.
4. Membantu pemulihan penyakit Alzheimer
Sawi mengandung vitamin K yang efektif membantun fungsi massa tulang dan mengembangkan system osteotrofik pada tulang sehingga kandungan tersebut bermanfaat untuk para pasien Alzheimer karena nutrisinya dapat mengurangi kerusakan saraf otak.
5. Melawan kanker
Kanker merupakan salah satu masalah kesehatan yang sangat berbahaya dan bisa menyerang kapan saja.Banyaknya jenis kanker harus diwaspadai dari sekarang. Daun sawi terbukti mampu melawan dan mencegah berbagai jenis kanker seperti kanker usus, prostat, kanker payudara dan juga kanker ovarium. Kandungan sawi dapat menghambat pertumbuhan sel kanker karena adanya efek sitotoksik pada sel tersebut.
6. Mengontrol kolesterol
Kandungan serat yang tinggi dalam daun sawi yang berwarna hijau gelap membuatnya memiliki manfaat sebagai pengontrol kadar kolesterol dalam tubuh, melindungi dan mencegah wasir, sembelit sekaligus penyakit kanker usus besar.
7. Mencegah cacat pada bayi
Daun sawi banyak mengandung asam folat yang baik untuk pertumbuhan janin. Vitamin yang dapat larut dalam air dibutuhkan dalam sintesis DNA ketika sebelum dan awal kehamilan, hal ini efektif membantu pencegahan cacat tabung saraf pada bayi dalam kandungan.
8. Mencegah osteoporosis
Selain beberapa manfaat di atas, manfaat sawi yang berikutnya yaitu mencegah osteoporosis, arthritis dan anemia. Bahkan mengonsumsi sawi secara rutin juga efektif melindungi tubuh dari penyakit jantung dan asma.
9. Menjaga kesehatan selaput lendir
Kandungan vitamin A pada sawi membuatnya efektif untuk memenuhi nutrisi dan menjaga kesehatan selaput lendir. Di samping itu, vitamin A juga dikenal sangat baik untuk meningkatkan kualitas daya penglihatan sekaligus kesehatan kulit.
10. Memenuhi asupan nutrisi tubuh dengan baik
Kekebalan tubuh akan meningkat apabila rajin mengonsumsi makanan yang sehat, termasuk sayur-sayuran seperti sawi contohnya. Sawi kaya akan vitamin C yang jauh lebih banyak dari jeruk yang biasa Anda konsumsi. Sawi juga merupakan sumber anti oksidan dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh bila dikonsumsi secara rutin dengan porsi yang pas dan memadai.

Itulah beberapa manfaat yang bisa Anda nikmati jika mengonsumsi sayur sawi secara rutin. Tapi harus diingat bahwa ada juga beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengonsumsi sayuran ini, yaitu:
  • Penderita batu ginjal harus mengurangi konsumsi sawi karena sawi mengandung oksalat yang bisa menghambat proses penyerapan kalsium dalam tubuh sehingga beresiko menimbulkan pembentukan batu ginjal.
  • Pengonsumsian sawi mentah harus dihindari bagi Anda yang mengalami masalah disfungsi tiroid karena kandungan goitrogensnya bisa memicu pembengkakan pada kelenjar tiroid.
  • Ukur dan perhatikanlah jumlah serta tata cara pengolahan sayur sawi dengan baik agar manfaat yang diberikan bisa dinikmati secara efektif.
Dengan memperhatikan beberapa hal tersebut, tentu saja seluruh manfaat sawi yang sudah disebutkan tadi bisa Anda peroleh dengan baik. Kandungan dan nutrisi penting dalam sayur sawi dapat memberikan efek positif bagi kesehatan tubuh Anda mulai saat ini.
Harganya yang murah dan terjangkau menjadi salah satu alasan lain yang membuat sayur sawi sangatlah layak untuk dikonsumsi oleh berbagai kalangan masyarakat yang ingin mendapatkan kesehatan tubuh yang prima dan juga fit.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More