62 Manfaat Daun Binahong ~ Putra Gantiwarno
Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

62 Manfaat Daun Binahong


Manfaat daun Binahong | Khasiat daun Binahong - Satu lagi informasi menarik dan penting terkait manfaat dan khasiat yang ingin daftarresepobat.com kemukakan yaitu tentang manfaat daun binahong.  Ternyata tak semua tahu manfaat daun binahong, bahkan pada tanaman binahong pun mereka tidak mengetahuinya. Oleh karna itulah pada artikel ini saya akan jelaskan ssecar terperinci tentang manfaat daun binahong untuk kesehatan. Dengan harapan artikel ini dapat memberikan wawasan terkait manfaat binahong sekaligus sebagai bagian dari refrensi pengobatan alami untuk berbagai penyakit.

Selain manfaat daun binahong kami juga akan berikan tips dan cara mengolah daun binahong agar manfaat daun binahong benar-benar terasa secara efektif.

Tanaman binahong dengan bernama latin Bassela rubra linn, dalam bahasa Inggris daun binahong disebut Heartleaf maderavine madevine, sedangkan  dalam bahasa Tionghoa tanaman binahong ini disebut Deng san chi. 

Manfaat daun binahong saat ini begitu terkenal sebagai tanaman herbal yang dapat mengatasi berbagai keluhan, dan tidak salah jika daun binahong dinobatkan sebagai tanaman herbal untuk mengobati berbagai penyakit, baik penyakit luar, mapun penyakit dalam, penyakit ringan maupun penyakit berat. 

Karena banyaknya manfaat daun binahong, telah banyak obat-obatan dibuat dengan berbahan dasar daun binahong, dan ternyata manfaat dan khasiat daun binahong bukan hanya untuk kesehatan saja akan tetapi juga sangat baik untuk kecantikan.

Binahong adalah tanaman yang berasal dari Korea dan biasa dikomsumsi oleh maysarakat Vietnam pada saat perang dengan Amerika Serikat pada tahun 1950 sampai 1970-an, dan telah dikenal sejak berabad-abad lalu oleh masyarkat Tiongkok, Korea, Taiwan, dan sekitarnya.

Tanaman  binahong ini termasuk tanaman yang tidak terlalu  sulit untuk tumbuh, dan banyak kita jumpai di dataran rendah dan dataran tinggi, namun secara umum banyak kita temukan pada daerah bersuhu dingin.

Pada awal mulanya khasiat dan manfaat daun binahong terkenal untuk menyembuhkan penyakit asam urat, namun seiring waktu dan berdasarkan hasil penelitian, kini daun binahong diketahui memiliki banyak manfaat untuk berbagai keluah penyakit, kesehatan dan kecantikan.

Manfaat Daun Binahong | Khasiat Daun Binahong Untuk Kesehatan

Manfaat daun binahong
Khasiat daun binahong
Manfaat Daun Binahong - Sebagaimana tanaman herbal lainnya  daun binahong juga memiliki banyak sekali manfaat dan khasiat untuk kesehatan. Meskipun akhir-akhir ini telah banyak obat-obatan yang dibuat dengan bahan dasar daun binahong, untuk mendapatkan manfaat dan khasiat daun binahong, tidak ada salahnya daun binahong anda olah secara alami dan tradisional untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan sebagaimana yang akan saya jelaskan berikut ini.
Manfaat daun binahong untuk kesehatan adalah :


  1. Manfaat daun binahong untuk mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker. Untuk mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker dengan daun binahong cukup dengan mengkonsumsi air rebusan daun binahong yang telah dikeringkan satu hari sekali sebanyak satu gelas,  dan minumlah selama beberapa minggu dan sedikit demi sedikit sel kanker yang menyerang tubuh akan berkurang dan kemudian mati.
  2. Manfaat daun binahong sebagai obat sariawan kronis. Sariawan memang bukan penyakit berbahaya yang akan mengancam keselamatan anda, akan tetapi sariawan cukup membuat kita menderita dan membuat tidak berselera makan dan minum, bahkan malas bicara karena rasa perih dan sakit pada tenggorokan, bibir pecah-pecah dan lidah terluka.  Cara pemanfaatan daun binahong untuk mengatasi sariawan ini sangat mudah yaitu dengan cukup dengan mengkonsumsi air rebusan daun binahong. dalam keadaan yang dingin. 
  3. Khasiat daun binahong untuk Mengobati dan mempercepat proses penyembuhan pada luka berdarah Caranya yaitu haluskan beberapa lembar daun binahong yang telah dicuci bersih. Lalu oleskan pada bagian tubuh yang bengkak atau luka secara merata. Lakukan secara rutin minimal 3 kali sehari.
  4. Manfaat daun binahong untuk melancarkan pencernaan. Daun binahong bermanfaat untuk mengontrol kinerja alat pencernaan agar tetap stabil, dengan begitu tubuh akan terhindar dari penyakit diare maupun sembelit. Selain itu susah buang air besar akan berdampak kurang baik baik kesehatan pencernaan anda. susah buang air besar akan menyebabkan penumpukan kadar lemak tubuh dan kegemukan. Selain utnuk melancarkan pencernaan daun binahong dapat anda gunakan untuk diet.  Caranya yaitu dengan mengkonsumsi air rebusan daun sirih minimal sekali sehari. 
  5. Manfaat dan khasiat daun binahong sebagai obat wasir. Khasiat daun binahong mampu membuat otot anus yang bengkak agar lebih tenang, dengan demikian sedikit demi sedikit wasir akan dapat berkurang dan sembuh.
  6. Manfaat daun binahong untuk menghentikan pendarahan. Sebagaimana daun sirih, daun binahong juga bermanfaat untuk menghambat dan mengentikan pendarahan kecil seperti mimisan. Caranya yaitu gulung daun binahong dan masukkan pada hidung untuk menyumbat dan mendinginkan suhu panas dalam hidung. 
  7. Manfaat daun binahong sebagai pemulih dan penambah stamina kaum pria. Stamina loyo adalah kendala yang paling sering dialami oleh kaum pria, Nah untuk memulihkan dan menambah stamina anda bisa memanfaatkan daun binahong sebagai resep herbal untuk mengatasi stamina loyo. Caranya cukup dengan mengkonsumsi air rebusan daun binahong dalam keadaan hangat, maka dapat menambah stamina dengan cara yang alami sehingga aman bagi tubuh.
  8. Khasiat daun binahong untuk mengatasi tekanan darah rendah. Daun binahong bermanfaat dalam mengobati darah rendah. Cara membuat obat darah rendah dengan daun binahong adalah merebus 8 lembar daun binahong ke dalam 2 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Airnya diminum setiap hari. 
  9. Manfaat dan khasiat daun binahong sebagai obat luar. Untuk pemakaian luar, batang dan daun binahong ditumbuk halus kemudian dioleskan pada bagian yang sakit. Bahan ini untuk menyembuhkan memar karena terpukul, kena api (panas), rheumatik, pegal linu, nyeri urat, dan menghaluskan kulit.
  10. Manfaat dan khasiat daun binahong untuk Mencegah stroke, asam urat, sakit pinggang, luka bekas operasi, maag, typus, dan disentri. Untuk mengatasi berbagai keluhan tersebut diatas, sebagai alternative anda bisa memanfaatkan daun binahong sebagai obat herbal yang diolah secara tradisinal dengan cara Rebus 5 lembar daun Binahong dengan 2 gelas air hingga tersisa setengahnya, tambahkan 1 sendok makan madu, aduk rata, lalu diminum sehari sekali 1 gelas. Selain dengan daun binahong, anda juga bisa memanfaatkan umbi atau rimpang tanaman binahong caranya yaitu cuci bersih umbi atau rimpang binahong,  lalu rebus hingga matang. Selanjutnya disaring dan  setelah dingin tambahkan 1 sendok teh madu, aduk merata dan diminum 2-3 kali sehari.
  11. Manfaat daun binahong untuk mengatasi sesak nafas.  Cara mengatasi sesak nafas dengan daun binahong cukup rebus tujuh lembar daun binahong dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas, kemudian minum setiap hari sekali
  12. Batuk berdarah. Rebus 10 lembar daun binahong ke dengan 2 gelas air bersih dan tersisa 1 gelas. Hasil rebusan diminum setiap hari. 
  13. Manfaat Daun Binahong Sebagai Obat Kencing Manis. Secar Rebus 10 lembar daun binahong dalam 3 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Airnya diminum setiap hari. 
  14. Manfaat dan Khasiat Daun Binahong membantu mengatasi gagal ginjal.  Gagal ginjal adalah penyakit organ dalam yang membutuhkan perhatian khusus yang tidak dapat diremehkan, untuk mengatasinya secara tradisional anda dapat menggunakan daun binahong dengan cara : rebus  10-15 lembar daun binahong ke dengan 1 gelas air hingga mendidih. Minum tiga kali sehari sebelum makan. 
  15. Manfaat Daun Binahong Sebagai Obat Kanker Ginjal. Cara memanfaatkan daun binahong sebagai pengobatan kanker ginjal adalah dengan merebus 15 g daun binahong dan 15 g daun keladi tikus dalam 5 gelas air. Biarkan hingga mendidih dan tersisa 3 gelas. Hasil air rebusan tersebut ditambahkan gula aren secukupnya. Minum ramuan tersebut setiap hari. 
  16. Manfaat & Khasiat Daun Binahong Sebagai Obat Radang Ginjal. Daun binahong bermanfaat untuk membantu meringankan keluhan penyakit radang ginjal dengan cara 7 lembar daun binahong direbus dengan 2 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. buat dan minum ramuan daun binahong setiap hari. 
  17. Manfaat dan khasiat Daun Binahong Sebagai Obat Patah Tulang. Daun binahong sangat efektif membantu proses penyatuan tulang yang patah Cuci bersh 10-20 lembar daun bianhong dan rebus dengan 3 gelas air yang bersih hingga tersisa 1 gelas. Kemudian saring dan minum rebusan air binahong. lakukan cara ini setiap hari.
  18. Manfaat dan Khasiat Daun Binahong Sebagai Obat Paru-Paru/Bolong.  Cara membuat obatnya adalah dengan merebus 10 lembar daun binahong ke dalam 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Airnya diminum setiap hari. 
  19. Manfaat Daun Binahong Sebagai Obat Gegar Otak Ringan/Berat.  Cara membuat obat dengan daun binahong adalah cukup dengan mentediakan 10 lembar daun binahong direbus dalam 2 gelas air bersih sampai tersisa segelas. Hasil rebusan tersebut diminum setiap hari.
  20. Manfaat Daun Binahong Sebagai Obat Luka Bakar. Untuk mempercepat penyembuhan luka bakar dari dalam sebagai alternatif anda bisa menggunakan daun binahong sebagai ramuan  alami, caranya yaitu Luka bakarCara membuat obat luka bakar dengan memanfaatkan khasiat daun binahong adalah merebus 10 lembar daun binahong ke dalam 2 gelas air bersih hingga tersisa segelas. Hasil rebusan air tersebut diminum setiap hari. 
  21. Manfaat & Khasiat Daun Binahong untuk mengobati Ambeyen Berdarah.  Air rebusan daun binahong bermanfaat juga efektif mengatai ambeyen, bahkan ambeyen berdarah sekalipun. segera atasi ambeyen dengan Daun binahong dengan cara 16 lembar daun binahong, direbus dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Hasil rebusan air tersebut di konsumsi setiap hari. 
  22. Manfaat Daun Binahong Untuk diare/Disentri. Daun binahong dapat mengatasi masalah pencernaan yaitu buang air besar/disentri. Caranya yaitu 10 lembar daun binahong direbus ke dengan 2 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Hasil rebusan daun binahong dalam mengobati buang air besar diminum setiap hari.
  23. Manfaat Daun Binahong Untuk Gusi Berdarah.  daun binahong juga bermanfaat untuk meredakan gusi berdarah secara efektif dan cepat. carnya rebus 4 lembar daun binahong ke dalam 2 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas air. Hasil air rebusan tersebut diminum setiap hari.
  24. Manfaat Daun Binahong Untuk melancarkan Haid.  Haid tidak lancar cenderung akan menyebabkan rasa nyeri padsa otot pinggang, manfaat Daun binahong juga dapat mengatasi haid tidak lancar dalam waktu sekejap.  Caranya pun cukup mudah yaitu 3 lembar daun binahong direbus ke dalam 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Hasil air rebusan daun binahong diminum setiap hari.
  25. Manfaat Daun Binahong untuk mempercapat penyembuhan luka pasca operasi. Caranya dengan merebus 20 lembar daun binahong ke dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Hasil rebusan daun binahong diminum setiap hari.
  26. Manfaat Daun Binahong untuk mempecapat proses penyembuhan luka.  Untuk Mengobati luka Setelah Kecelakaan atau karena luka karena Benda Tajam, caranya yaitu direbus 5 lembar daun binahong ke dalam 2 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Hasil rebusan daun binahong diminum setiap hari.
  27. Manfaat Daun Binahong & Khasiat Daun Binahong Untuk Borok Akut (Menahun). Cara membuat obat borok menahun dengan daun binahong yaitu 12 lembar daun binahong direbus ke dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Air dari daun binahong diminum setiap hari.
  28. Manfaat Daun Binahong sebagai Obat Gatal-Gatal atau Eksim Kulit. Cara membuat obat gatal-gatal dengan daun binahong adalah dengan merebus 10-15 lembar daun binahong ke dalam 3 gelas air bersih hingga tersisa 2 gelas. Air hasil rebusan diminum setiap hari.
  29. Khasiat Daun Binahong Untuk Mengatasi Usus Bengkak.  Cara membuat obat mengatasi usus bengkak dengan daun binahong adalah merebus 3 lembar daun binahong ke dalam 2 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Hasil air rebusan daun binahong diminum setiap hari.
  30. Khasiat Daun Binahong Untuk Menambah Nafsu Makan.  cara membuat ramuan penambah nafsu makan alami dari daun binahong yaitu 5 lembar daun binahong, dan 2 gelas yang direbus hingga tersisa 1 gelas. Hasil air rebusan daun binahong diminum setiap hari.
  31. Manfaat Daun Binahong Sebagai Penghangat Badan. daun binahong juga bisa anda manfaatkan untuk menghangatkan badan dengan cara rebus 5 lembar daun binahong ke dalam 2 gelas air hingga bersih dan tersisa 1 gelas air. Hasil rebusan air binahong diminum setiap hari.
  32. Manfaat Daun Binahong.  Khasiat daun binahong yang tak kalah menarik yaitu keampuhannya mengatasi L3mah Syah.wat. Cara membuat ramuan untuk mengatasi gangguan kejant4nan yaitu rebus 3-10 lembar daun binahong yang direbus ke dalam 2 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Hasil air rebusan daun binahong diminum setiap hari.
  33. Manfaat Daun Binahong untuk mempercepat proses penyembuhan luka pasca Melahirkan. Caranya rebus 7 lembar daun binahong, rebus dalam 2 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Hasil air rebusan daun binahong diminum setiap hari.

Selain yang telah disebutkan diatas berikut ini manfaat daun binahong antara lain 

34. Mencegah dan mengatasi stroke
35. Mempercepat penyembuhan luka
36. Mencegah rematik
37. Membantu memulihkan stamina
38. Mencegah dan mengobati asam urat
39. Menyembuhkan memar
40. Mengatasi pembengkakan darah
41. Menghaluskan kulit wajah
42. Menghilangkan flek-flek hitam
43. Mengecilkan pori-pori
44. Mengobati thipus
45. Mengobati radang usus dan luka luka dalam.
46. Menyembuhkan luka operasi, khitan, atau luka berdarah biasa
47. Melancarkan peredaran darah
48. Mengatasi kanker dan tumor
49. Mencegah sakit persendian
50. Mengobati wasir
51. Mengobati penyakit sariawan
52. Mengatasi pusing-pusing dan sakit perut
53. Mengobati pegal linu
54. Mengatasi kolesterol
55. Mengobati penyakit maag
56. Menambah vitalitas dan daya tahan tubuh
57. Mengatasi pembekuan darah dan peradangan
58. Mengurangi arthritis
59. Gangguan sakit kepala
60. Menjaga sistem kekebalan tubuh
61. Menghilangkan jerawat
62. Menghilangkan komedo
63. Menstabilkan tekanan darah rendah

Catatan Penting: Efek Samping/Kontraindikasi Daun Binahong


  1. Jangan mengkonsumsi atau menggunakan daun binahong bersamaan dengan stimulan lainnya, misalnya kafein. Hal ini dapat meningkatkan kemungkinan memiliki efek samping, termasuk mengancam jiwa. Sumber kafein termasuk kopi dan teh.
  2. Bagi ibu hamil dan menyusi daun binahong tidak aman dan tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi daun binahong.
  3. Selain itu, binahong juga menyebabkan nyeri dada (angina) lebih buruk karena merangsang hati. Oleh karena itu, penderita masalah angina sebaiknya tidak mengonsumsinya

Mengenal tanaman Binahong

Ciri-Ciri Tanaman Binahong
Manfaat daun binahong
Manfaat daun binahong
Batang
Batang tanaman binahong ini berbentuk silindris, lunak, saling membelit, berwarna merah, dan menjalar sebagaimana tanaman sirih. bagian dalam solid, permukaan halus, kadang membentuk semacam umbi yang melekat di ketiak daun dengan bentuk tak beraturan dan bertekstur kasar.

Daun
Daun tunggal, bertangkai sangat pendek (subsessile), tersusun berseling, berwarna hijau, bentuk jantung (cordata), panjang 5 – 10 cm, lebar 3 – 7 cm, helaian daun tipis lemas, ujung runcing, pangkal berlekuk (emerginatus), tepi rata, permukaan licin, bisa dimakan.

Bunga
Bunga majemuk berbentuk tandan, bertangkai panjang, muncul di ketiak daun, mahkota berwarna krem keputih-putihan berjumlah lima helai tidak berlekatan, panjang helai mahkota 0,5 – 1 cm, berbau harum.

Kandungan Senyawa Daun Binahong

Berdasarkan hasil penelitian uji laboratorium maka pada daun binahong mengandung : 

Saponin
Adalah glikosida triterpena dan sterol yang telah terdeteksi dalam lebih dari 90 suku tumbuhan. Saponin merupakan senyawa aktif permukaan dan bersifat seperti sabun, senyawa saponin akan memberikan hasil yang lebih baik sebagai antibakteri jika menggunakan pelarut polar seperti etanol 70% (Harborne, 1973). serta dapat dideteksi berdasarkan kemampuan membentuk busa dan menghemolisis sel darah.

Triterpen tertentu terkenal karena rasanya,terutama kepahitannya. Pencarian saponin dalam tumbuhan telah dirangsang oleh kebutuhan akan sumber sapogenin yang mudah diperoleh. Saponin dan glikosida sapogenin adalah salah satu tipe glikosida yang tersebar luas dalam tumbuhan (Harborne, 1987). Dikenal dua macam saponin, yaitu glikosida triterpenoid alkohol dan glikosida dengan struktur steroid. Kedua saponin ini larut dalam air dan etanol tetapi tidak larut dalam eter (Robinson, 1995).

Alkaloid
Alkaloid adalah golongan zat tumbuhan sekunder yang terbesar. alkaloid meliputi senyawa bersifat basa yang mengandung satu atau lebih atom nitrogen, biasanya dalam gabungan, sebagai bagian dari sistem siklik alkaloid sering kali beracun pada manusia dan banyak yang mempunyai kegiatan fisiologi yang menonjol, jadi digunakan secara luas dalam bidang pengobatan. Umumnya alkaloid tidak berwarna, bersifat optis aktif dan sedikit yang berupa cairan pada suhu kamar (Harborne, 1987)

Polifenol
Senyawa fenol meliputi aneka ragam senyawa yang berasal dari tumbuhan, yang mempunyai ciri sama yaitu cincin aromatik yang mengandung satu atau dua penyulih hidroksil. Senyawa fenol cenderung mudah larut dalam air karena umumnya sering kali berikatan dengan gula sebagai glikosida, dan biasanya terdapat dalam vakuola sel. Ribuan senyawa fenol telah diketahui strukturnya. Flavonoid merupakan golongan terbesar, tetapi fenol monosiklik sederhana, fenil propanoid,dan kuinon fenolik juga terdapat dalam jumlah yang besar. Beberapa golongan bahan polimer penting dalam tumbuhan seperti lignin, melanin, dan tanin adalah senyawa polifenol (Harborne, 1987).

Minyak Atsiri
Kandungan minyak atsiri atau disebut juga minyak eteris yaitu minyak yan gmudah menguap dan didapatkan dari tanaman dengan cara penyulingan. Minyak atsiri terdapat pada seluruh unsur dari tanaman binahong yaitu pada batang, daun,bunga, biji, kulit bahkan pada akar atau rhizoma. 

Minyak atsiri secara umum terdiri atas berbagai campuran persenyawaan kimia yang terbentuk dari unsur Karbon (C),Hidrogen (H) dan Oksigen (O) serta berbagai persenyawaan kimia yang mengandung unsur Nitrogen (N) dan Belerang (S) (Ketaren, 1985).   Salah satu manfaat minyak atsiri yang paling umum yaitu sebagai bahan dasar antiseptik internal dan eksternal, bahan analgesik, hemolitik atau enzimatik, sedativ, stimulan, untuk obat sakit perut, bahan pewangi kosmetik dan sabun (Guenther, 1987)

Asam Oleanolik
Kandungan Asam oleanolik pada daun binahong adalah golongan triterpenoid yaitu antioksidan pada tanaman. Fungsi asam oleanolik bagi tubuh adalah untuk mencegah masuknya racun ke dalam sel dan meningkatkan sistem pertahanan sel. Selain itu Asam oleanolik juga bermanfaat sebagai zat anti inflamasi. 

Sedangkan nitrit oksida pada asam oleanolik berfungsi sebagi anti oksidan, yang bermanfaat sebagai toksin untuk membasmi bakteri. Dengan demikian asam oleanik akan memperkuat daya tahan sel terhadap infeksi, memperbaiki sel sehingga sel dapat beregenerasi dengan baik.

Itulah 62 manfaat dan khasiat daun binahong khususnya untuk kesehatan. semoga artikel ini menambah wawasan dan dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk mengobati berbagai masalah kesehatan anda. 

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More