11 Manfaat Buah Jarak Bagi Kesehatan ~ Putra Gantiwarno
Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

11 Manfaat Buah Jarak Bagi Kesehatan

Jarak adalah salah satu buah yang tumbuh di Indonesia, yang memiliki banyak manfaat, dalam bahasa ilmiah Jarak disebut dengan sebutan Ricinus Communis , jarak adalah tumbuhan liar yang tumbuh dihutan, tanah kosong, dan pinggiran pantai.

Mengapa Jarak diberi nama Ricinus Communis karena, pada bagian biji buah jarak memiliki zat Ricin, yaitu sejenis zat beracun yang mematikan. Jarak merupakan salah satu tanaman perdu, memiliki daun berjari antara 7 -9 , berdiameter 10-14 cm. Daun jarak tumbuh berseling, berbentuk bulat dan ujungnya sedikit runcing, daun jarak pada bagian atas berwarna hijau tua, dan pada bagian bawah berwarna hijau muda, sedangkan batangnya berbentuk bulat dan licin, berongga, berbuku-buku, dan buahnya berbentuk bulat tumbuh dibagian tandan.
Pohon jarak, memiliki banyak manfaat bagi manusia, mulai dari batang, daun, bunga, buah, hingga bijinya. Manfaat pohon jarak yang paling utama adalah sebagai pengahasil minyak atau bahan bakar, yang terdapat pada bagian bijinya yang mengandung getah ricin, terutama untuk pohon jarak pagar dan Jarak wulung yang bijinya mengandung banyak getah dibandingkan dengan dua pohon jarak lainnya. Sehingga pohon jarak wulung dan pohon jarak pagar banyak dibudidayakan oleh masyarakat saat ini. Selain bermanfaat untuk bahan bakar minyak, Jarak juga bermanfaat bagi kesehatan. Namun tidak semua pohon jenis pohon jarak memiliki manfaat bagi kesehatan, hanya pohon jarak pagar yang dapat bermanfaat bagi kesehatan.
Berikut adalah beberapa manfaat jarak bagi kesehatan, diantaranya sbb :
  1. Mengobati Luka Sariawan
Getah jarak pagar dapat digunakan sebagai obat luka sariawan, caranya ambil getah jarak dengan kapas, kemudian tempelkan ke bagian mulut yang terkena sariawan, gunakan secara rutin sehingga sariawan akan segera sembuh.
  1. Mengobati Sakit Gigi
Gigi yang berlubang akan mudah dimasuki oleh bakteri, yang menyebabkan rasa sakit, untuk mengatasi rasa sakit pada gigi, dapat menggunakan getah jarak yang diteteskan pada bagian gigi yang sakit, getah jarak dapat mengobati sakit gigi karena, getah jarak mengandung antimikroba yang mampu membasmi bakteri Ecshereccia Coli, Streptococcus, Staphylococcus.
  1. Mengobati Luka
Getah jarak yang memiliki zat antimikroba dapat membuat luka cepat kering, dengan meneteskan getahnya menggunakan kapas, dan diamkan beberapa saat maka, luka tersebut akan cepat kering.
  1. Mengobati Keputihan pada mulut bayi.
Keputihan yang dialami bayi biasanya diakibatkan karena bakteri candida yang menempel di puting susu sang ibu, yang kemudian ketika menyusui bayinya akan menempel dan berkembang biak, mengakibatkan mulut bayi mengalami keputihan. Untuk mengatasinya ambil batang jarak yang masih segar kemudian ambil getahnya dan teteskan pada mulut bayi.
  1. Mengobati Radang Telinga
Untuk mengobati sakit pada telinga yang diakibatkan karena influensa, dapat menggunakan getah jarak yang ada pada daun jarak, dengan mengambil getahnya sebanyak satu sendok makan dan teteskan sebanyak 6 kali, diamkan beberapa saat kemudian bersihkan menggunakan kapas secara perlahan.
  1. Mengatasi Sembelit ( Susah Buang Air Besar )
Sembelit adalah penyakit yang bisa dialami oleh semua kalangan dari orang dewasa hingga anak-anak, untuk mengatasi sembelit dapat menggunakan daun jarak pagar caranya :
  • Untuk Orang dewasa : tumbuk 8 – 10 biji jarak kemudian, beri sedikit air panas dan peras, dan minum sekaligus air perasan tersebut.
  • Untuk Anak-anak : Ambil beberapa helai daun jarak yang masih muda kemudian layukan dengan api, tempelkan daun jarak tersebut ke perut anak menggunakan minyak kelapa.
  1. Mengatasi Ketombe
Ketombe adalah pengelupasan kulit mati yang berlebihan pada kulit kepala, ketombe biasanya tampak berwarna putih di rambut, untuk mengatasi ketombe dapat menggunakan daun jarak yang ditumbuk secara halus, kemudian oleskan di kulit kepala lakukan secara rutin sebelum keramas.
  1. Menyuburkan rambut
Untuk menyuburkan rambut dapat menggunakan biji jarak, caranya tumbuk 20 – 30 biji jarak, peras ambil minyaknya dan oleskan pada kulit kepala.
  1. Mengencangkan Payudara
Bagi para wanita payudara yang kencang adalah bagian dari kecantikan. Untuk mengencangkan payudara, dapat dilakukan dengan cara : ambil 3 helai daun jarak, 2 buah pinang, 1 buah jari jahe, dan 1 sdt garam. Tumbuk semua bahan kemudian oleskan pada payudara,diamkan hingga kering dan bersihkan payudara menggunakan air hangat.
  1. Memperbesar alat kelamin
Banyak para pria yang menginginkan alat kelamin yang besar, untuk hal tersebut dapat menggunakan daun jarak, dengan cara, ambil 10 lembar daun jarak beserta batangnya, 1 buah jeruk nipis, tumbuk hingga halus. Kemudian pijatkan kebagian penis sebelum diolesi dengan ramuan tersebut oleskan dahulu minyak zaitun.
  1. Mengobati Rematik
Rematik biasanya adalah penyakit yang sering dialami oelh para lanjut usia .Untuk mengobatinya dapat menggunakan akar jarak, dengan ambil 25 gram akar jarak rebus dengan 1 liter air, rebus hingga airnya tinggal setengah, kemudian diminum secara rutin.


Terdapat 4 Jenis Pohon Jarak yang tumbuh di Indonesia, yang tersebar diseluruh daerah di Nusantara, berikut diantaranya, adalah :
  1. Jarak Pagar (Jathropa Curpas L )
jarak pagarJarak Pagar merupakan Pohon Jarak yang banyak dikenal oleh masyarakat karena, memiliki manfaat yang lebih banyak dibandingkan dengan 3 Pohon jarak lainnya.
Pohon Jarak Pagar memiliki batang yang kokoh dengan Jarak yang tidak beraturan. Batang kayunya bulat dan banyak mengandung getah, daunnya tunggal, lebar, menjari, dan berlekuk – lekuk sebanyak 3 – 5 buah. Bunganya berumah satu dan uniseksual, kadang – kadang ditemukan bunga hermaprodit, yang berwarna kekuningan.
Buahnya bulat halus, tidak berbulu, buahnya sama seperti buah jambu, ketika muda warnanya berwarna hijau, dan berangsur-angsur berubah menjadi berwarna kuning kecoklatan ketika menua.
  1. Jarak Kepyar ( Riccius Communis Linn )

jarak kepyarPohon jarak kepyar sangat berbeda dengan jarak pagar, dari sisi batang, daun, bunga hingga buahnya, lebih mirip seperti tumbuhan singkong. Buah Jarak Kepyar hampir mirip seperti buah rambutan kecil. Pohon Jarak Kepyar banyak ditemukan dipinggiran pantai atau hutan liar.
Jarak model ini sangat banyak di daerah pantai yang masih asri , terutama pada daerah perdesaan yang lingkungannya masih belum terjamah oleh berbagai aktivitas manusia. Jarak kepyar juga dapat di manfaatkan untuk berbagai keperluan seperti yang di sebutkan di atas.
  1. Jarak Wulung ( Jathropa gossyphofolia L. )
jarak wulungPohon Jarak Wulung adalah pohon jarak yang berasal dari Amerika Serikat. Tanaman biasanya tumbuh di daerah yang terkena sinar matahari langsung, seperti di tepi jalan, pekarangan rumah atau dipinggir lapangan rumput.
Pohon Jarak wulung, memiliki batang yang berkayu, bulat, warnanya kecoklatan. Daunnya saat muda berwarna keunguan, dan daun muda berwarna ungku kecoklatan. Buahnya hampir mirip dengan pohon jarak pagar hanya saja lebih kecil.
Biji Buah jarak wulung banyak mengandung minyak, sama seperti biji buah jarak pagar.
  1. Jarak Bali ( Jatropha Podagrica Hook )
jarak baliJarak bali disebut juga jarak hias, sehingga tidak heran banyak yang menanamnya di dalam pot, dan digunakan sebagai tanaman hias. Karena, bentuknya yang menarik seperti bunga hias.
Jarak bali memiliki pangkal batang yang menyerupai umbi, daun jarak bali bertangkai yang panjangnya 20 – 30 cm, bunganya berwarna merah oranye, bermata rantai bunga jantan dan betina tumbuh dalam satu tangkai. Buahnya berbentuk elips, berkendaga tiga, panjang 1,5 cm, bijinya berbentuk bulat, lonjong.
Itu lah berbagai jenis jarak dan manfaat jarak juga ternyata dapat kita manfaatkan untuk berbagai keperluan yang sangat penting bagi kesehatan tubuh manusia.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More