Manfaat Wortel ~ Putra Gantiwarno
Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

Manfaat Wortel

Kandungan karbohidrat dan vitamin yang sarat memberikan banyak manfaat wortel untuk kulit, rambut, dan kesehatan.

Wortel adalah sayuran dengan warna oranye terang. Bagian yang paling sering dimakan adalah umbinya, yang menyimpan banyak nutrisi penting untuk tubuh. Manfaat wortel yang paling dikenal adalah untuk memelhara mata agar tetap jernih dan mampu memperkuat daya penglihatan. Masyarakat mengetahui khasiat tersebut karena pada wortel terkandung vitamin A yang tinggi.

Sebenarnya, masih terdapat banyak manfaat wortel, seperti merawat kulit tubuh agar selalu bersih, menjaga kesehatan saluran cerna berkat kandungan serat yang mampu menaikkan feses hingga 25% sehingga masalah semacam sembelit dapat teratasi, dan masih banyak pula khasiat lain berkat kandungan wortel.

Wortel juga menawarkan sejumlah manfaat kesehatan untuk gigi dan kecerdasan. Tak heran apabila kelinci mampu bergerak dengan cepat serta memiliki warna gigi yang putih cemerlang dan mata yang jernih juga tajam dalam penglihatan, karena hewan ini merupakan penyuka wortel.

Manfaat Wortel

Manfaat wortel untuk kesehatan
(c) Harvest to Table
Tumbuhan ini menyimpan banyak manfaat yang patut Anda ketahui. Berikut kegunaan wortel untuk kulit, khususnya pemakaian luar dengan mengaplikasikannya sebagai ramuan perawatan kecantikan.

1. Membuat kulit tampak bercahaya
Kulit bersih sekaligus bersinar merupakan salah satu idaman setiap orang, khususnya wanita. Penampilan seakan sempurna bila diperkokoh dengan warna kulit yang cerah. Namun, untuk memiliki kulit seperti yang Anda idamkan, butuh perawatan ekstra dan rutin agar membuahkan hasil yang manis.

Lakukanlah perawatan dengan meramu atau membuat masker wajah dari wortel yang dipadu dengan madu. Jangan lupa bantu dengan konsumsi wortel, Anda bisa makan begitu saja atau dijadikan jus, keduanya sama-sama berkhasiat. Konsumsi wortel akan membantu mencerahkan kulit dari dalam. Alasannya karena wortel sarat akan vitamin C dan antioksidan yang mampu membantu Anda mendapatkan kulit bersinar.

2. Dapat menenangkan kulit wajah selepas bekerja
Membiarkan wajah terlalu lama terkena paparan cahaya matahari adalah hal yang tidak baik bagi kesehatan kulit. Selain itu, pasti Anda pernah merasa kulit wajah seakan tidak nyaman tak lama sesudahnya. Perasaan tersebut hadir karena kulit wajah tegang, kotor, berdebu, dan lelah akibat seharian dibiarkan terpancar terik matahari.

Selepas bekerja, luangkan sedikit waktu Anda untuk memberikan perhatian lebih pada wajah. Gunakanlah facial spray yang terbuat dari wortel, berikut ini caranya:
  1. Ambil satu buah wortel, bersihkan dengan mengiris sedikit bagian kulitnya hingga kotoran yang menempel terangkat.
  2. Blender hingga menjadi pasta yang cukup kental, jangan lupa berikan sedikit air sebelum diblender.
  3. Campurkan pasta wortel ke dalam air mawar secukupnya, aduk hingga larut.
  4. Masukkan ke dalam botol semprot yang sudah dibersihkan.
  5. Semprotkan langsung cairan yang sudah Anda buat dengan mencampurkan wortel dan air mawar.

Dengan rutin menerapkan perelaksasian ini sepulang kerja, Anda akan mendapatkan wajah yang segar sekaligus sehat.

3. Mampu melembabkan wajah
Manfaat wortel untuk kulit wajah, yakni dijadikan pelembab alami. Anda belum tahu bagaimana cara membuat masker wortel untuk melembabkan wajah? Berikut ini panduan membuatnya.

Bahan yang perlu disiapkan:
  • Parut sebuah wortel bersih, ambil sebanyak 2 sendok teh.
  • Madu murni dan susu krim satu sebanyak 1 sendok teh.
  • Minyak zaitun secukupnya, nanti hanya menggunakan beberapa tetes.
Proses pembuatan krim wajah:
  1. Letakkan parutan wortel ke dalam mangkuk kecil.
  2. Tambahkan semua bahan, kemudian lumatkan menggunakan satu tangan yang sudah dilapisi plastik steril.

Cara menggunakan:
  1. Basahi permukaan kulit wajah dengan air hangat, sedikit dipijat agar pori-pori terbuka. Keringkan sebentar dengan menepuk pakai tangan.
  2. Aplikasikan masker wortel yang sudah jadi secara merata, diamkan 10-15 menit.
  3. Bersihkan dengan cara memercikkan air dingin sedikit demi sedikit sembari dibersihkan masker yang menempel pada wajah.
  4. Keringkan dengan cara menepuk kedua tangan secara lembut.

Dalam sekejap Anda akan mengetahui bahwa manfaat wortel untuk wajah benar-benar ada.

4. Memberi efek penyembuhan luka
Wortel menawarkan efek mempercepat penyembuhan luka pada kulit. Ini dikarenakan sifat anti-inflamasi pada wortel mampu merevitalisasi sekaligus meratakan warna kulit. Anda bisa memarut wortel mentah, kemudian tutupi luka dengan parutan wortel. Lakukan pengobatan ini dengan rutin agar Anda tahu bahwa manfaat wortel untuk menyembuhkan luka benar-benar terbukti.


5. Mengobati berbagai penyakit kulit
Wortel dapat digunakan untuk mencegah sekaligus mengobati berbagai jenis penyakit yang menyerang kulit, seperti jerawat, ruam merah, dermatitis atau radang kulit, dan penyakit kulit lain yang terjadi karena defisiensi vitamin A. 

Kandungan antioksidan yang bertugas menangani semua penyakit tersebut. Tetapi Anda tidak diperkenankan untuk makan wortel berlebihan karena justru membahayakan kesehatan kulit, seperti warna permukaan kulit berubah menjadi oranye kekuningan.


6. Mengatasi kulit kering
Kulit kering merupakan masalah klasik yang biasa dialami oleh kaum pria, namun tidak menutup kemungkinan kaum perempuan juga mengalaminya. Kekurangan kalium merupakan salah satu faktor pemicu kulit menjadi kering. 

Wortel menjadi agen yang menawarkan kalium untuk kulit. Dengan suplai kalium yang cukup, maka kulit tubuh akan lembab dan kenyal. Jika Anda mengalami dehidrasi, jus wortel juga mampu menghidrasi tubuh dengan efektif.

7. Berguna sebagai pemblokir sinar matahari
Banyak produk sun-block yang menggunakan wortel sebagai campuran bahan atau komposisinya. Dari sini Anda pasti sangat percaya bahwa wortel secara alami memberi efek pemblokir sinar matahari.

Jika Anda ingin merasakan manfaat wortel yang satu ini, jangan gunakan pemakaian luar. Sebelum beraktivitas, buatlah secangkir jus wortel segar. Kandungan antioksidan dan beta-karotennya yang diubah menjadi vitamin A akan membantu melindungi kulit dari panasnya sinar matahari. 

Konsumsi jus wortel juga membuat kulit lebih terpelihara meski Anda harus beraktivitas di bawah sinar matahari langsung. Tetapi tetap saja kulit butuh perlindungan dari luar. Gunakanlah produk sun-block dengan SPF 30 agar lebih tahan terhadap cahaya yang secara langsung menerpa kulit.

8. Memelihara elastisitas kulit
Vitamin C dalam wortel dapat mengoptimalkan produksi kolagen yang sangat diperlukan tubuh. Kolagen sendiri merupakan sejenis protein yang berfungsi untuk menjaga elastisitas kulit. Dengan terjaganya elastisitas kulit, maka masalah seperti keriput akan tercegah. 

Anda bisa tampak awet muda karena wortel dapat mencegah penuaan dini. Vitamin A yang merupakan antioksidan kuat juga membantu menyangkal radikal bebas yang mendatangkan gejala penuaan seperti kulit keriput, pigmen yang abnormal, dan warna kulit yang tidak merata.

9. Menyingkirkan noda pada wajah
Noda pada wajah bisa timbul disebabkan jerawat yang membekas atau sering pula disebut flek hitam. Problem kecantikan ini dapat disingkirkan dengan bantuan wortel yang secara efektif mampu membersihkan noda yang menempel pada kulit. Caranya bisa dengan menerapkan bubur wortel pada wajah, lakukan secara rutin minimal tiga kali dalam seminggu.

Selain baik untuk kulit, masih terpendam manfaat wortel untuk rambut. Berikut ini beberapa diantaranya.

10. Mengurangi rambut rontok
Wortel sarat akan vitamin A dan karotenoid yang menjadi agen penyubur rambut. Dengan terdorongnya pertumbuhan rambut yang sehat, Anda akan terbebas dari masalah kerontokan rambut. Sirkulasi darah di sekitar kulit kepala menjadi semakin lancar karena semua vitamin yang terkandung dalam wortel bekerja sama memberi dampak menyehatkan bagi rambut.

11. Merangsang pertumbuhan rambut
Hormon akan mempengaruhi pertumbuhan rambut setiap orang. Sayangnya, tidak semua orang mempunyai hormon yang secara sempurna mendorong pertumbuhan rambut yang stabil, jadi sebagian ada yang mengalami ketipisan rambut dan bahkan kebotakan.

Wortel mampu merangsang pertumbuhan rambut dan membuat rambut jadi tebal sekaligus lebat. Sebabnya adalah kandungan vitamin A dan E pada sayuran menyehatkan ini dapat membantu meningkatkan produksi folikel rambut. Makanlah sayur atau jus wortel secara teratur agar rambut Anda menjadi sehat dan terbebas dari beragam masalah.

12. Mengembalikan kilau rambut
Vitamin A dalam wortel memaikan peran dalam mengilaukan rambut, caranya yakni membuat rambut berwarna hitam pekat agar tampak lebih berkilau. Karena Vitamin A menjadi vitamin penting bagi rambut, Anda bisa memenuhi kebutuhan tersebut dengan konsumsi wortel. Dengan begini, Anda tidak harus mengonsumsi suplemen vitamin A

Khasiat Sayuran Wortel Untuk Kesehatan

Khasiat Wortel Untuk Kesehatan
(c) Runaway Apricot
Selain manfaat wortel untuk kulit dan rambut, masih tersisa khasiatnya untuk kesehatan tubuh yang tentunya sangat berlimpah. Apa saja?

Manfaat Wortel Berkat Karbohidrat 
  • Sumber energi utama bagi tubuh. 
  • Menjadi energi yang siap dipakai tubuh secara spontan.
  • Memfasilitasi semua jaringan dan sel-sel di dalam tubuh untuk menggunakan glukosa menjadi energi.
  • Mengoptimalkan kinerja otak, jantung, sistem saraf pusat, dan ginjal agar berfungsi dengan baik.
  • Membantu proses pembersihan limbah yang berada di dalam usus.

Manfaat Wortel Berkat Protein
  • Membentuk otot. Nutrisi berupa protein sangat diperlukan untuk pembentukan otot. Para atlet ataupun binaragawan memerlukan cukup protein agar proses perombakan otot menjadi bentuk baru berjalan lancar.
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tubuh dengan imunitas lemah akan mudah terserang penyakit. Sistem imun akan meningkat jika kebutuhan nutrisi tubuh terpenuhi. Protein di sini berperan membantu meningkatkan sistem imun. Perlu Anda ketahui juga bahwa sel darah putih terbuat dari protein yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah cukup untuk mencegah serangan virus dan bakteri di dalam darah.
  • Menyeimbangkan produksi hormon. Keseimbangan hormon dalam tubuh akan mempengaruhi kondisi kesehatan. Protein akan membantu pelepasan berbagai hormon, termasuk hormon testosteron dan pertumbuhan. Fungsi lain dari protein adalah menunjang proses sekresi.
  • Menyeimbangkan pH tubuh. Definisi singkat pH tubuh bisa Anda ketahui pada artikel manfaat jeruk nipis. Protein dapat menjaga keseimbangan asam basa dan cairan dalam tubuh.
  • Sebagai zat pengatur. Protein berperan sebagai zat pengatur proses metabolisme dalam bentuk enzim dan hormon. Kedua bentuk tersebut harus berkesinambungan agar terjadi hubungan yang harmonis.
  • Menurunkan sifat. Dalam kromosom, protein berguna untuk menyimpan sekaligus meneruskan sifat keturunan (genetik) dalam bentuk genes. Dalam genes tersimpan codon untuk sintesa protein enzim tertentu yang menurunkan metabolisme dari orang tua kepada anaknya, hingga generasi selanjutnya secara berkesinambungan.

Manfaat Wortel Berkat Kandungan Vitamin A
  • Merawat mata. Vitamin A memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan indra penglihatan manusia. Vitamin A bekerja dengan cara menyalurkan objek yang ditangkap oleh retina ke otak menjadi suatu gambar. Senyawa yang berperan di sini adalah retinol.
  • Mencegah kanker. Vitamin A dalam wortel dapat menekan pertumbuhan DNA yang memicu pertumbuhan sel kanker.
  • Antioksidan. Bekerja sebagai antioksidan yang dikenal dengan beta-karoten. Fungsi senyawa ini adalah menangkal radikal bebas yang berasal dari oksidasi tubuh ataupun polusi kendaraan.

Manfaat Wortel Berkat Kandungan Vitamin K
  • Membekukan darah. Proses pembekuan darah akan berjalan normal bila tubuh tidak kekurangan vitamin K (Koagulasi). Jika proses koagulasi terganggu karena defisiensi vitamin ini, akan timbul permasalahan seperti lamanya proses penyembuhan luka.
  • Mencegah diabetes. Peneliti menemukan kehebatan Vitamin K1 dalam menangkal diabetes dengan cara mengurangi risiko resistensi insulin.
  • Memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis. Banyak jurnal kesehatan yang menyebutkan bahwa vitamin K1 berguna untuk memperkuat struktur kuat, sehingga penyakit tulang keropos atau osteoporosis dapat dicegah. Vitamin K ini bekerja dengan membantu senyawa osteokalsin yang bertugas untuk menyerap mineral agar terbentuk struktur tulang yang kuat.

Manfaat Wortel Berkat Kandungan Vitamin B
  • Memelihara sistem pencernaan. Vitamin B merupakan jenis vitamin yang larut dalam air. Di dalam tubuh, vitamin ini memperbaiki dan memelihara sistem pencernaan dan membentuk asam klorida (HCL) yang dipergunakan untuk memecah lemak, protein, dan karbohidrat.
  • Meningkatkan memori. Vitamin ini berperan membangun dinding pelindung di sekitar neuron otak yang memberi efek pada peningkatan memori dan konsentrasi.
  • Memecah homosistein. Homosistein merupakan asam amino yang dapat meracuni sel-sel saraf. Untuk mengatasinya dibutuhkan vitamin B agar homosistein dipecahkan.

Sejumlah manfaat wortel untuk kulit, rambut, dan kesehatan di atas bisa tubuh peroleh apabila Anda menyantapnya dalam jumlah cukup, dan bukan lebih. Jika berlebihan wortel juga bisa menimbulkan efek samping bagi kesehatan yang cukup serius.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More