Resep Wedang Uwuh ~ Putra Gantiwarno
Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

Resep Wedang Uwuh

Wedang uwuh adalah minuman yang berasal dari dedaunan yang mirip dengan sampah. Dalam bahasa Jawa, wedang berarti minuman, sedangkan uwuh berarti sampah. Wedang uwuh disajikan panas atau hangat memiliki rasa manis dan pedas dengan warna merah cerah. Rasa pedas karena bahan jahe, sedangkan warna merah karena adanya secang. Wedang uwuh ini berasal dari kota Yogyakarta.
Pada awalnya wedang uwuh masih dalam bentuk bahan utuh berupa rempah-rempah asli, namun seiring perkembangan zaman dan kebutuhan akan kepraktisan, saat ini wedang uwuh sudah dikembangkan menjadi dalam bentuk instan, maupun bentuk celup. Namun bila anda ingin membuat wedang uwuh sendiri, berikut resep cara membuat wedang uwuh.



Bahan-bahan
  • 150 gram gula batu
  • 5 lembar daun cengkih
  • 5 helai kayu secang
  • 5 iris jahe merah segar @ 20 gram, memarkan
  • 5 lembar daun kayu manis
  • 800 ml air
Cara membuat
  1. Rebus air hingga mendidih.
  2. Siapkan cangkir/gelas tahan panas, letakkan pada setiap cangkir masing-masing ⅕ bagian dari bahan/uwuh.
  3. Tuangi masing-masing gelas/cangkir dengan air mendidih. Diamkan ± selama 5 sampai 10 menit hingga keluar aromanya.
  4. Hidangkan selagi hangat.

Cara membuat wedang uwuh ini gampang saja. Semua bahan cukup diseduh dengan air mendidih atau direbus. Beragam bahan dalam wedang itu jika telah menyatu dan direbus akar menghasilkan minuman berwarna cokelat kemerahan yang terbentuk dari warna dominan secang. Bau harum wedang uwuh ini dari aroma kayu manis.
Penasaran ingin menikmati sajian wedang uwuh? Anda bisa membuatnya sendiri. Bahan-bahannya pun tidak sulit didapat. Hampir setiap kios bahan jamu di pasar tradisional menjual bahan-bahan tersebut. Sebagian besar bahan, seperti kayu manis, jahe, kayu secang, gula batu, dan cengkih juga tersedia di pasar swalayan. Selamat mencoba!
Sumber gambar: resepminuman.wordpress.com

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More