Resep Sekoteng ~ Putra Gantiwarno
Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

Resep Sekoteng

Sekoteng merupakan minuman dari Jawa Tengah yang berbahan dasar jahe dan biasanya dihidangkan dalam keadaan panas-panas. Bahan lain yang biasanya dicampur ke dalam minuman sekoteng adalah kacang hijau, kacang tanah, biji delima, dan potongan roti. Sekoteng biasa dihidangkan pada malam hari. Sekoteng biasanya dijual keliling dengan menggunakan gerobak pikul. Satu sisi untuk panci air jahe beserta kompornya sedangkan sisi lain adalah tempat bahan campuran dan tempat mempersiapkan sekoteng. Tetapi bila anda ingin mencoba untuk membuatnya di rumah, berikut resep sekoteng.


 Bahan-bahan
  • 150 gram biji delima merah, siap pakai
  • 100 gram kacang tanah goreng tanpa kulit
  • 100 gram kacang hijau rebus, buang airnya
  • 150 gram gula pasir
  • 100 gram kolang-kaling rebus, iris tipis
  • 100 gram jahe, buang pinggirnya, kupas, dan memarkan
  • 1 liter air
  • Irisan roti tawar
Cara membuat
  1. Masak air, jahe, dan gula pasir hingga mendidih dan keluar aromanya.
  2. Cara menyajikan : Siapkan gelas atau mangkuk dengan susunan: lapisan dasar biji delima, lapisan kedua kacang hijau, lapisan ketiga kolang kaling, lapisan keempat irisan roti tawar, dan lapisan kelima kacang goreng taburan.
  3. Hidangkan dengan dituangi air rebusan jahe panas-panas.
Sekoteng dapat menghangatkan tubuh anda yang terasa dingin di malam hari. Membuat sekoteng cukup mudah dimana semua bahan dapat anda beli di pasar atau supermarket terdekat. Pada dasarnya di dalam sekoteng terdapat biji delima, tapi seiring dengan perkembangan jaman, para penjual sekoteng menggunakan pacar cina yang diberi pewarna merah agar tampak merah seperti biji delima. Tapi semua tergantung dengan selera anda. Bila anda suka biji delima anda dapat menggunakan biji delima di dalamnya, bila tidak suka biji delima anda dapat menggunakan pacar cina sebagai penggantinya. Selamat mencoba!
Sumber gambar: 1000recipe.blogspot.com

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More