Manfaat Cabai ~ Putra Gantiwarno
Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

Manfaat Cabai

Cabai biasa dikenal sebagai bumbu masakan pada anda yang menyukai cita rasa pedas. Tanaman cabai banyak dijumpai disetiap rumah. Hal ini karena tanaman cabai cukup mudah untuk ditanam dan tidak memerlukan banyak tempat. Cabai tentu saja sebagai salah satu bahan alami yang menghasilkan warna merah dan rasa pedas pada masakan. Meskipun cabai ini sering dikaitkan dengan gangguan pada perut, namun sebenarnya cabai menyimpan manfaat yang amat berguna bagi tubuh.

Manfaat Cabai Bagi Kesehatan

manfaat-cabaiCabai memiliki kandungan yang mampu menunjang kesehatan bagi yang menkonsumsinya. Salah satu zat yang sangat baik dimiliki cabai adalah zat kapsaikin, kapsisidin, vitamin A dan vitamin C. Vitamin C ini juga kaya kandungan pada cabai, sama seperti manfaat jeruk, manfaat lemon, manfaat anggur yang dikenal sebagai sumber vitamin C.
Berikut ini beberapa manfaat cabai yang baik dikonsumsi oleh kita :

1. Meningkatkan Imunitas
Warna merah cerah pada cabai merupakan sinyal kandungan tinggi beta karoten atau pro vitamin A. Hanya dengan dua sendok teh cabai merah, memberikan sekitar 6% dari nilai harian untuk vitamin C. Selain itu, ditambah dengan lebih dari 10% nilai harian vitamin A. Vitamin A Sering disebut anti infeksi dan sangat penting untuk membran mukosa yang sehat, yang melapisi saluran hidung, paru-paru, saluran pencernaan dan saluran kemih yang berfungsi sebagai pertahanan tubuh terhadap patogen.

2. Menurunkan Berat Badan
Penelitian medis baru-baru ini telah menunjukkan bahwa kandungan capsaicin, dihydrocapsiate, membantu meningkatkan pengeluaran energi selama beberapa jam setelah konsumsi makanan cabai. Selain itu, rasa yang kenyang yang diberikan, secara teknis membantu tubuh tetap dalam rencana penurunan berat badan untuk mengurangi asupan kalori secara keseluruhan.

3. Mengatasi Diabetes
Tingkat insulin yang tinggi berhubungan langsung dengan timbulnya diabetes tipe 2. Hal ini sebenarnya dapat diatasi dengan memasukkan 24% cabai secara teratur dimasukkan ke dalam makanan. Peptida juga mendorong hati agar lebih mampu terhadap kelebihan insulin dengan adanya cabai.

4. Menyehatkan Pencernaan
Kita semua sering mendengar keluhan bahwa makanan pedas akan mengganggu perut atau karena membuat mulas. Pada kenyataannya, banyak penelitian telah membuktikan bahwa cabai pedas sebenarnya dapat mencegah gangguan pencernaan kronis, membunuh bakteri penyebab tukak lambung, memicu fungsi peristaltik usus dan bahkan tidak menyebabkan penyakit refluks asam. Manfaat cabai mengandung kapsikin yang mampu merangsang mikroorganisme baik pada pencernaan yang meningkatjan penyerapan nutrisi untuk sumber metabolisme.

5. Meredakan Rasa Sakit
Capsaicin topikal sekarang menjadi pilihan pengobatan yang diakui untuk sakit osteoarthritis. Beberapa studi evaluasi meredakan nyeri tampaknya daftar manfaat capsaicin topikal untuk mengurangi rasa sakit yang terkait dengan menonaktifkan kondisi ini.

6. Menghentikan Penyebaran Kanker Prostat
Capsaicin cabai adalah senyawa yang bertanggung jawab menghentikan penyebaran sel-sel kanker prostat melalui berbagai mekanisme. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam 15 Maret 2006, Capsaicin membunuh kedua jenis utama dari sel kanker prostat dan merangsang pertumbuhan hormon laki-laki agar tidak terpengaruh.

7. Meredakan Sakit Kepala
Di antara banyak uji klinis sukses yang telah dilakukan, capsaicin yang dikemas dalam cream Zostrix telah terbukti zap nyeri dipicu oleh sakit kepala cluster dengan memblokir P neuropeptida Zat otak (yang mentransmisikan yang akrab tua ‘aduh’ perasaan) – terutama bila diterapkan dalam lubang hidung dua kali sehari.

8. Mengurangi pegal-pegal badan
Pada cabe terdapat senyawa kapsisikol yang memberikan rasa hangat alami cabe. Keistimewaan inilah yang dapat membantu bagi penderita pegal-pegal akibat pekerjaan berat. Hal ini membuat cabai, dibuat menjadi obat dalam bentuk koyo yang memudahkan kita untuk mendapat manfaat cabai.

9. Melancarkan Pernafasan
Capsaicin tidak hanya mengurangi rasa sakit, tapi rasa panas dan pedas juga merangsang sekresi yang membantu membersihkan lendir dari hidung dan mengatasi paru-paru sesak.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More