Manfaat Buah Semangka ~ Putra Gantiwarno
Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

Manfaat Buah Semangka

Semangka? siapasih yang gak tau semangka?, Buah ini memiliki banyak sekali kandungan air yang bisa menyegarkan disaat kita kehausan. Semangka itu dari sejak dulu sudah diminati banyak orang. Rasanya yang khas dan manis membuat orang yang memakannya tidak mau berhenti.

Makanya kali ini saya akan berbagi keajaiban kan semangka bagi kesehatan bahkan untuk kecantikan. Semangka itu mudah dalam penyajiannya, kita hanya tinggal memotongnya dan langsung memakannya.

Khasiat Semangka Menjaga Tubuh Selalu Sehat dan Cantik

Khasiat Semangka
Semangka

Semangka (Citrullus Lanatus) atau biasa juga dipanggil dengan tembikai merupakan tanaman yang berasal dari afrika selatan. Tanaman ini termasuk kedalam tanaman merambat yang satu keluarga dengan labu - labuan dan termasuk pada suku ketimun. Rambatan semangka ini bisa sampai belasan meter lohh dadn seberapapun jauhnya tanaman ini merambat dia tidak akan membentuk akar yang adventif. Sekain itu buah ini juga tidak akan merambat memanjat ke atas, gak kebayangkan kalau semangka yang segitu gedenya kalau rambatannya tumbuh keatas kaya anggur.

Jenis Semangka

1. Semangka Lokal
Memang semangka itu bukan asli dari indonesia namun telah dibudidayakan sudah lama sekali. Sehingga semangka tersebut sudah berubah sifat - sifatnya dan pertumbuhannya diadaptasikan dengan lingkungan setempat. Sayangnya semangka lokal ini memiliki kekurangan yaitu bijinya yang banyak dan rasanya yang kurang manis. Contoh jenis semangka lokal antara lain :
  • Semangka Bojonegoro
  • Semangka Hitam dari Pasuruan
  • Semangka Sengkaling dari Malang
2. Semangka Introduksi
Kalau yang ini benih semangkanya berasal dari luar negri. Pada umumnya semangka introduksi ini daya adaptasi dan daya tahan terhadap penyakitnya lebih unggul dari pada pada semangka lokal. Makanya semangka introduksi ini banyak sekali disebar dan di tanam diindonesia. Benih - benih semangkanya biasanya berasal dari jepang, amerika, Taiwan, Australia. Semangka - semangka itu dogolongkan menjadi beberapa jenis
  • Semangka Biasa, Varietasnya antara lain : Yamato (Buahnya Besar, Bulat, Kulitnya Hijau dan Dagingnya Merah), Sugar Suika (Buahnya Bulat, Bintik - bintik, Kulit Hijau Kekuningan, Dagingnya Merah dan Rasanya sangat Manis), Cream Suika (Buhnya Bulat, Kulit Hijau Muda Bergaris, Dagingnya berwarna kuning cream dan rasanya sangat manis).
  • Semangka Hibrida, Varietasnya antara lain : Sugar Baby (Buahnya bulat, kulit hijau tua, dagingnya berwarna merah namun mudah terkena penyakit), dan Charleston Gray (Buahnya semOblong, Kulitnya hijau kekuningan, Dagingnya merah dan manis kebal terhadap penyakit)
3. Semangka Hibrida Triploid
Kalau namem semangka ini enak banget soalnya semangka ini gak ada bijinya. Semangka ini disebut semangka triploid karena dihasilkan dari benih semangka jantan tetrapoloid (4n) dan betina diploid(2n) dan hasilnya jadi triploid kan ((4n+2n)/2=3n).

Kandungan Gizi Semangka

  • Semangka 92% Mengandung Air
  • Kaya akan Vitamin A Sekitar 590 IU
  • Mengandung Likopen yang Cukup Tinggi, yang berfungsi senagai antioksidan 
  • Vitamin C
  • Vitamin E

Manfaat Semangka Untuk Kesehatan

  1. Mampu menjaga kesehatan tulang karena semangka kaya akan likopen yang dapat membantu menjaga kalsium dalam tubuh. Sehingga tulangpun akan menjadi lebih kuat dan tidak mudah keropos
  2. Mampu mengurangi lemak yang ada ditubuh, sama halnya seperti manfaat tomat, semangkapun bisa digunakan sarana penunjang diet anda karena semangka telah tebukti mampu mengurangi jumlah lemak.
  3. Mengandung anti inflamasi, sehingga dapat membantu mencegah atau menghambat inflamasi pada tubuh
  4. Antioksidan, Karotenoid likopen mampu mengurangi peradangan dan mencegah radikal bebas
  5. Semangka juga mampu mendukung diuretik dan ginjal. Karena semangka mampu mengurangi kelebihan cairan dalam tubuh
  6. Karena semangka kaya akan kalium juga sehingga semangka dapat ,meningkatkan refleks otot dan syaraf ditubuh kita dan juga mampu membantu mengontrolnya
  7. Dapat menjaga kesehatan dan mengurangi terkenan resiko penyakit karena diet tinggi asam
  8. Menjaga Kesehatan Mata , Kalau yang ini sih sudah pasti kan semangka mengandung banyak sekali vitamin A sehingga bisa membantu menjaga agar mata kita tetap sehat tidak mudah rabun baik itu rabut dekat ataupun jauh.
  9. Mampu meningkatkan daya tahan tubuh, karena semangka mengandung vitamin C sehingga mampu menjaga kita dari oksigen reaktif atau hal yang mampu merusak sel sel  ditubuhkita.
  10. Mampu menjaga jantung agar senantiasa sehat karena semangka mampu melancarkan jalannya sirkulasi darah
  11. Mampu mencegah dan mengurangi resiko kita terkena penyakit asma ataupun mencegah agar asma kita tidak sering kambuh.
  12. Mampu mengurangi tekanan darah tinggi
  13. Mengurangi resiko kita terkena penyakut kanker
  14. Melancarkan pencernaan kita dan sangat baik sekali untuk ibu hamil karena ibu hamil cenderung sekali terkena sembelit
  15. Mengobati peradangan secara alami

Manfaat Semangka untuk Kecantikan

  1. Bisa dijadikan sebagai masker wajah utnuk memutihkan kulit anda
  2. Membantu Meremajakan dan Menjaga agar kulit kita tuh tetep awet muda
  3. Bisa mengurangi kerutan kerutan yang tibul disekitar wajah kita
  4. Menghilangkan berbagai macam noda hitam yang ada diwajah entah itu karena bekas jerawat luka dll
  5. Kulit semangka mampu dijadikan sebagai obat rambut agar tidak rontok
  6. Membantu rambut kita agar dapat tumbuh lebih cepat. sehingga mampu membuat rambut menjadi lebih tebal
  7. Melindungi kulit kita dari sinar matahari yang mampu merusak dan membakar kulit menjadi lebih gelap
  8. Mampu mengobati jerawat yang membandel
  9. Dapat digunakan sebagai vitamin rambut
  10. Mengurangi produksi minyak pada wajah
Semangka ternyata banyak sekali manfaatnya bukan hanya untuk kesehatan namun juga untuk kecantikan. Berbagai penyakit dari mulai penyakit ringan sampai berat bisa dibantu penyembuhannya dengan banyak mengkonsumsi semangka setiap hari. Selain itu juga membantu merawat kulit dan rambut kita tetap sehat dan selalu cantik

Begitulah 25 Khasiat Alami Semangka untuk Kesehatan dan Kecantikan. Konsumsilah semangka disela - sela diet anda. anda akan mendapat hasil diet yang luar biasa sehingga lemak hilang dan tubuhpun terlihat indah.  

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More