Manfaat Kailan ~ Putra Gantiwarno
Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

Manfaat Kailan

manfaat sayur kailanKailan merupakan salah satu jenis sayuran yang termasuk ke dalam jenis species Brassica oleracea, yaitu species sejenis brokoli dan kembang kol. Kailan merupakan sayuran berdaun hijau, tebal, mengkilap dan datar. Sayuran ini memiliki batang yang tebal dengan sejumlah bunga yang kecil-kecil. Kailan banyak kita jumpai dalam berbagai jenis masakan Tionghoa maupun masakan dari negara Kanton.
Di Cina, Kailan biasanya dijadikan salah satu olahan seperti tumisan dengan campuran potongan daging ayam, jahe, dan juga anggur. Nama lain dari sayuran ini antara lain adalah Chinese broccoli, Chinese kale, serta Gai lan (dalam bahasa Kanton).
Kandungan Nutrisi Kailan
Kailan telah dianggap sebagai salah satu jenis sayuran yang memiliki nilai gizi yang cukup tinggi. Hal ini dikarenakan sayuran tersebut memiliki beberapa kandungan nutrisi seperti beta karoten, vitamin K, vitamin C, lutein, zeaxanthin, serta sangat kaya akan kandungan kalsium. Maka dari itu tak heran jika kailan dapat bertindak sebagai antioksidan serta anti-inflamasi alami bagi tubuh kita.
Kailan merupakan jenis sayuran yang memiliki kandungan manfaat vitamin C yang lebih tinggi daripada buah jeruk. Dimana ia mampu memenuhi sekitar 134% asupan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh, sedangkan jeruk berkontribusi sekitar 113% saja. Selain itu, kailan juga mampu menyediakan lebih tinggi kandungan vitamin A daripada jenis sayuran berdaun hijau lainnya.
Berikut ini rincian kandungan nutrisi dari tiap 100 gram sayur kailan, diantaranya adalah :

  • Energi : 117 Kj
  • Air : 91.2 gram
  • Karbohidrat : 5.63 gram
  • Gula : 1.25 gram
  • Protein : 2.8 gram
  • Lemak : 0.4 gram
  • Serat : 2 gram
  • Vitamin A : 681 µg
  • Beta-karoten : 8173 µg
  • Luthein : 18246 µg
  • Thiamin : 0.053 mg
  • Riboflavin : 0.07 mg
  • Niacin : 0.5 mg
  • Vitamin B6 : 0.138 mg
  • Folat : 13 µg
  • Kolin : 0.4 mg
  • Vitamin C : 41 mg
  • Vitamin E : 0.85 mg
  • Vitamin K : 817 µg
  • Kalsium ; 72 mg
  • Fosfor : 28 mg
  • Potasium ; 228 mg
  • Sodium : 23 mg
  • Magnesium : 18 mg
  • Zat besi : 0.9 mg
  • Zinc : 0.24 mg
  • Selenium : 0.88 mcg
  • Copper : 0.11 mg
  • Mangaan : 0.416 mg
Kandungan nutrisi penting yang terdapat dalam sayuran kailan dapat memberikan berbagai jenis manfaat bagi kesehatan tubuh kita, diantaranya adalah :
1. Dapat menurunkan resiko kanker
Menurut berbagai penelitian, sayur kailan merupakan sumber fitonutrien yang sangat penting bagi tubuh. Kandungan sulfur serta manfaat vitamin K yang terdapat dalam sayuran hijau ini dapat memberikan dampak positif pada penurunan resiko kanker, seperti kanker payudara. Sistem kerjanya yaitu dengan mengendalikan hormon estrogen dalam tubuh.
Para peneliti telah menyimpulkan bahwa senyawa antioksidan dan anti inflamasi dalam manfaat sayur kailan dapat membantu dalam melawan kanker yaitu dengan memicu enzim dalam tubuh. Untuk itu para ahli kesehatan telah banyak yang merekomendasikan bahwa kailan merupakan salah satu jenis sayuran anti-kanker.

2. Dapat membantu menurunkan kolesterol
Manfaat dari sayuran kailan tidak hanya sebatas anti-kanker saja, namun masih terdapat manfaat lainnya seperti dapat membantu untuk menurunkan kadar kolesterol yang nantinya dapat mencegah terjadinya serangan jantung. Hal ini dikarenakan karena manfaat serat yang cukup tinggi dalam sayur ini. Serat tersebut nantinya akan membantu untuk membersihkan organ usus besar serta menurunkan kolesterol.

3. Sangat baik bagi wanita hamil
Sayur Kailan sangat kaya akan beberapa nutrisi alami seperti manfaat kalsium dan manfaat zat besi. Hal ini berarti bahwa sayuran ini sangat baik dikonsumsi oleh para wanita selama masa kehamilan dan menyusui, yaitu untuk membantu pertumbuhan janin dalam rahin serta untuk meningkatkan produksi ASI. Kandungan asam folate dalam sayuran ini juga sangat baik untuk perkembangan sistem saraf pada bayi.

4. Dapat membantu menjaga kesehatan kulit
Manfaat lain yang bisa didapatkan dari sayur kailan adalah dapat membantu dalam menjaga kesehatan serta kecantikan kulit. Sayuran yang memiliki daun hijau ini memiliki kandungan manfaat antioksidan alami seperti vitamin C dan vitamin E. Kandungan ini sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit serta mendorong produksi kolagen guna mencegah timbulnya keriput.

5. Dapat membantu menurunkan berat badan
Dengan manfaat sayuran kailan, berarti kita telah membakar sejumlah kalori dalam tubuh. Kandungan serat alami yang terdapat pada sayuran ini dapat membantu memenuhi kebutuhan serat. Serat nantinya dapat membuat kita merasa kenyang lebih lama serta dapat membantu mempercepat proses metabolisme dalam tubuh. Pada akhirnya dapat membantu mempromosikan penurunan berat badan.

6. Dapat membantu menjaga kesehatan otak
Manfaat sayur kailan juga merupakan sejenis sayuran yang menjadi sumber yang baik bagi asam lemak omega-3. Dimana kita telah tahu bahwa asam lemak omega-3 sangat baik dalam membantu menjaga kesehatan otak. Selain itu, kandungan vitamin K yang terdapat dalam sayuran ini dapat membatu menurunkan resiko gangguan otak, sepert penyakit Alzheimer.

7. Membantu menurunkan resiko diabetes
Kandungan asam lemak omega-3 yang terdapat dalam sayur kailan juga sangat penting dalam membantu menurunkan terjadinya resiko penyakit akibat kadar gula yang tidak normal dalam darah, seperti diabetes type 2. Selain itu, kandungan tersebut juga sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh secara menyeluruh.

8. Membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi
Nutrisi lain yang terkandung dalam sayur kailan adalah kalsium. Meskipun tidak sebanding secara keseluruhan, akan tetapi kandungan kalsium dari sayur ini lebih tinggi daripada kalsium yang terdapat dalam manfaat susu. Hal ini tentu saja akan sangat baik untuk membantu mempromosikan kesehatan tulang serta gigi, serta dapat mencegah terjadinya osteoporosis. Para ahli kesehatan sangat menganjurkan untuk mengkonsumsi sayuran kailan bagi mereka yang alergi terhadap susu.

9. Membantu mencegah sembelit
Kailan adalah salah satu jenis sayuran dengan kadar kalori yang cukup rendah. Memiliki kandungan serat yang tinggi, serta kandungan lemak yang nyaris tidak ada. Hal ini tentu saja akan sangat baik untuk dikonsumsi setiap orang, karena akan dapat membantu melancarkan proses pencernaan, serta dapat membantu melancarkan buang air besar.

10. Dapat mencegah anemia
Manfaat sayur kailan juga sarat akan kandungan zat besi, dimana kandungan zat besi dalam sayur ini lebih tinggi daripada manfaat daging. Kita tahu bahwa zat besi merupakan senyawa yang sangat penting dalam kesehatan, misalnya untuk membantu pembentukan hemoglobin dan enzim yang nantinya dapat menurunkan resiko gangguan anemia, mengirim oksigen ke berbagai bagian tubuh, meregenerasi sel-sel, membantu fungsi hati, serta masih banyak fungsi lainnya.

11. Membantu mencegah pembekuan darah (koagulasi)
Kandungan vitamin K dalam sayur kailan juga dapat membantu mencegah terjadinya pembekuan darah (koagulasi). Namun yang perlu diingat adalah kelebihan dosis vitamin K dapat memiliki dampak negatif pada beberapa orang. Misalnya pasien yang sedang mengkonsumsi obat antikoagulan (pembekuan) harus menghindari mengkonsumsi sayuran ini, karena hal tersebut dapat mengganggu kerja obat.

12. Dapat membantu menjaga kesehatan mata
Manfaat vitamin A, luthein dan zeaxhantin yang diberikan oleh sayur kailan dapat membantu dalam menjaga kesehatan mata.

Dari penjelasan di atas, kita bisa tahu besarnya manfaat sayur kailan bagi kesehatan kita. Para ahli kesehatan menyatakan bahwa hampir tidak menemukan efek samping bagi kesehatan tubuh dengan mengkonsumsi sayuran hijau ini.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More