25 Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan ~ Putra Gantiwarno
Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

25 Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan


Daun kemangi banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai menu lalapan yang wajib ada. Sesuai dengan namanya, daun kemangi apabila disandingkan dengan lalapan lain tercium lebih wangi. Daunnya kecil-kecil dan hampir mirip dengan seledri, namun banyak juga yang tidak menyukai daun kemangi karena rasanya yang getir.




Kandungan daun kemangi
Dilansir dari organisasi.org, daun kemangi mengandung energi sebesar 43 kilokalori, protein 5,5 gram, karbohidrat 7,5 gram, lemak 0,3 gram, kalsium 35 miligram, fosfor 106 miligram, dan zat besi 1 miligram.

Selain itu terkandung vitamin A sebanyak 1017 IU, vitamin B1 0,06 miligram dan vitamin C 30 miligram.

Hasil tersebut diperoleh dari penelitian pada 100 gram Daun Kemangi. Informasi secara rinci komposisi kandungan nutrisi / gizi pada daun kemangi:
  • Nama Bahan Makanan : Daun Kemangi
  • Nama Lain / Alternatif : -
  • Banyaknya yang diteliti (food weight) = 100 gr
  • Bagian yang dapat dikonsumsi (bdd / food edible) = 65 %
  • Jumlah kandungan Energi = 43 kkal
  • Jumlah kandungan Protein = 5,5 gr
  • Jumlah kandungan Lemak = 0,3 gr
  • Jumlah kandungan Karbohidrat = 7,5 gr
  • Jumlah kandungan Kalsium = 35 mg
  • Jumlah kandungan Fosfor = 106 mg
  • Jumlah kandungan Zat Besi = 1 mg
  • Jumlah kandungan Vitamin A = 1017 IU
  • Jumlah kandungan Vitamin B1 = 0,06 mg
  • Jumlah kandungan Vitamin C = 30 mg

Sumber informasi gizi : Berbagai publikasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia serta sumber lainnya.

Daun kemangi mengandung banyak flavonoid polifenol seperti orientin dan vicenin.

Daun kemangi memiliki senyawa minyak esensial seperti eugenol, sitronelol, linalool, citral, limonene dan terpineol. Senyawa ini diketahui memiliki sifat anti inflamasi dan anti bakteri.

Daun kemangi rendah kalori dan tidak mengandung kolesterol, disamping itu kaya nutrisi penting, mineral, dan vitamin.

Daun kemangi tinggi akan beta karoten, vitamin A, cryptoxanthin, lutein dan zea xanthin. Senyawa ini berfungsi dalam melindungi tubuh terhadap radikal bebas yang diturunkan oksigen dan spesies oksigen reaktif (ROS), dampaknya seperti penuaan dini dan meningkatkan resiko penyakit berbahaya.

Zea xanthin adalah senyawa karotenoid flavonoid yang berfungsi untuk menyaring sinar UV yang berbahaya memasuki retina mata. Studi menunjukkan bahwa sayur-sayuran dan buah-buahan yang kaya antioksidan zea xanthin, berbukti bermanfaat untuk melindungi dari penyakit yang berkaitan dengan mata. Hal ini terutama bagi orang yang berusia lanjut.

Manfaat vitamin A sudah populer memiliki sifat antioksidan dan baik untuk organ mata. Selain itu, mengkonsumsi makanan alami yang kaya vitamin A mencegah kanker paru-paru dan kanker rongga mulut.

Daun kemangi mengandung sejumlah mineral seperti kalium, mangan, tembaga, dan magnesium. Kalium menjadi bagian penting berkaitan dengan sel-sel dan cairan tubuh, serta membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah.

Zat besi berfungsi sebagai komponen dari hemoglobin di dalam sel darah merah, bekerja dalam pembawaan oksigen dalam darah.

Vitamin K sangat dibutuhkan darah dan juga menjaga fungsi tulang, penguatan tulang, mencegah penyakit tulang.

Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan

Padahal sebenarnya mengkonsumsi daun kemangi memberikan banyak khasiat yang terdapat dalam nutrisinya seperti berikut :
  1. Daun kemangi mengandung banyak flavonoid polifenol seperti orientin dan vicenin. Senyawa ini diuji di vitro laboratorium untuk kemungkinan perlindungan anti oksidan melawan lipid radiasi oksidasi dalam hati tikus.
  2. Daun kemangi memiliki beberapa manfaat kesehatan sebagai minyak esensial seperti eugenol, sitronelol, linalool, citral, limonene dan terpineol. Senyawa ini diketahui memiliki sifat anti inflamasi dan anti bakteri.
  3. Daunnya ini merupakan bagian tumbuhan yang sangat rendah kalori dan tidak mengandung kolesterol, tetapi sumber yang sangat kaya banyak nutrisi penting, mineral, dan vitamin yang diperlukan untuk kesehatan yang optimal.
  4. Ramuan daun kemangi juga mengandung zat penting yang sangat tinggi kadarnya, seperti beta karoten, vitamin A, cryptoxanthin, lutein dan zea xanthin. Senyawa ini membantu tubuh untuk bertindak melindungi terhadap radikal bebas yang diturunkan oksigen dan spesies oksigen reaktif (ROS) yang berperan dalam penuaan dan berbagai proses penyakit.
  5. Zea xanthin adalah senyawa karotenoid flavonoid kuning, yang secara selektif diserap ke dalam retina makula lutea yang ditemukan untuk menyaring sinar UV yang berbahaya memasuki retina. Studi menunjukkan bahwa tanaman herbal dalam manfaat sayur-sayuran dan buah-buahan yang kaya antioksidan zea xanthin, akan membantu melindungi dari penyakit yang berkaitan dengan usia makula (AMRD), terutama pada orang tua.
  6. Setiap 100 g manfaat daun kemangi segar mengandung 5.275 mg atau sekitar 175% dari dosis harian dalam vitamin A. Manfaat vitamin A dikenal memiliki sifat antioksidan dan sangat penting untuk penglihatan. Hal ini juga diperlukan untuk menjaga selaput lendir sehat dan kulit. Konsumsi makanan alami yang kaya akan vitamin A, telah ditemukan untuk membantu tubuh melindungi dari kanker paru-paru dan kanker rongga mulut.
  7. Ramuan daun kemangi mengandung sejumlah mineral seperti kalium, mangan, tembaga, dan magnesium. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh, yang membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Mangan digunakan oleh tubuh sebagai co faktor untuk enzim antioksidan, superoksida dismutase.
  8. Daun kemangi merupakan sumber yang sangat baik dari zat besi, yakni sekitar 3.17 mg / 100 g daun segar (sekitar 26% dari RDA). Zat besi, menjadi komponen dari hemoglobin di dalam sel darah merah, yang menentukan kapasitas pembawa oksigen dalam darah.
  9. Vitamin K dalam kemangi sangat penting untuk banyak faktor dalam darah dan memainkan peran penting dalam fungsi tulang, termasuk penguatan tulang dengan membantu proses mineralisasi pada tulang.

Manfaat Daun Kemangi Untuk Kulit dan Rambut

Daun kemangi yang dimakan mentah atau digunakan sebagai pasta, daun kemangi menawarkan berbagai manfaat bagi kulit. Selain itu, daun kemangi bermanfaat untuk rambut dan dapat membantu untuk menyingkirkan sejumlah masalah rambut. Berikut ini beberapa manfaat daun kemangi untuk kulit dan rambut :
10. Pencegahan Jerawat
Manfaat daun kemangi mencegah timbulnya jerawat karena mereka memurnikan darah dengan membuang racun. Daun kemangi mengandung zat anti bakteri dan anti jamur sehingga dapat diterapkan sebagai pasta dari daun untuk mencegah peradangan.
ads
11. Pencegahan Komedo
Daun kemangi juga mencegah munculnya komedo. Daun kemangi pada sisi bagian atas ditempatkan di setiap sisi hidung selama 5 menit. Setelah itu, dilepas dan cuci muka.
12. Pengobatan Infeksi Kulit
Karena sifatnya yang anti bakteri, anti biotik dan anti jamur properti sehingga daun kemangi dapat membatasi pertumbuhan bakteri seperti E coli dan B anthracis yang menyebabkan infeksi kulit. Pengobatan yang disiapkan dengan menggiling dan merebus 200-250 gram daun kemangi dengan kuantitas yang sama dari minyak biji wijen dapat diterapkan pada kulit untuk menyembuhkan gatal-gatal. Campuran daun kemangi dan jus lemon juga dapat diterapkan pada kulit untuk mengobati kurap.
13. Mencegah Rambut Beruban
Untuk tujuan ini, rendam daun kemangi kering bubuk dan bubuk amla dalam air semalam dan cuci rambut dengan ramuan ini keesokan harinya. Hal ini untuk mencegah beruban rambut serta rambut rontok.
14. Pencegahan Rambut Rontok
Rambut rontok adalah masalah umum yang yang dapat terjadi karena gatal kulit kepala. Pasta dari daun kemangi yang ditambahkan ke minyak rambut dan diterapkan pada kulit kepala akan menjaga kulit kepala tetap dingin, mengurangi gatal dan meningkatkan pertumbuhan rambut dengan meningkatkan sirkulasi ke kulit kepala.
Selain manfaat di atas ada beberapa manfaat lainnya dari daun kemangi, yaitu:
  • Untuk memperlancar aliran darah
  • Mencegah kemandulan
  • Dapat mengobat sariawan
  • Mengobati penyakit kulit, yaitu panu
  • Mengurangi bau keringat yang berlebih
  • Dapat menghilangkan jerawat
Pemilihan dan penyimpanan Daun Kemangi
Tanaman kemangi dapat tumbuh sebagai tanaman dalam pot di halaman belakang sehingga daun dan bunganya segar dapat segera dipanen untuk digunakan. Memilih daun kemangi segar organik atau bentuk daun namun daun segar selalu lebih unggul dalam kualitas dan rasa. Daun kemangi harus memiliki daun hijau tua dan bebas dari bintik-bintik gelap atau menguning. Namun radiasi matahari membuat daun kemangi kering dan secara signifikan menurunkan kadar vitamin C dan karoten.
Daun kemangi segar harus segera disimpan dalam lemari es dan ditempatkan pada kelembaban yang tepat. Kemangi kering harus disimpan dalam wadah kaca tertutup rapat di tempat yang dingin, gelap dan kering di mana ia akan tetap segar selama enam bulan.


Efek samping daun kemangi
Walaupun tidak menyebabkan efek samping yang serius, seseorang yang menderita diabetes dan sudah mengambil obat resep untuk diabetes, maka jika ingin menggunakan daun kemangi harus berkonsultasi dengan dokter. Daun kemangi berfungsi untuk mengurangi kadar gula darah, yang akibatnya bisa beresiko menimbulkan pusing (jika juga mengkonsumsi obat diabetes).

Beberapa penelitian pada obyek hewan telah menunjukkan bahwa konsumsi ramuan dari bahan daun kemangi bisa beresiko menurunkan kesuburan. Meskipun tidak ada bukti yang cukup kuat tentang efek samping dari kemangi pada ibu hamil, disarankan ibu hamil hati-hati dalam konsumsi daun kemangi.
Dilansir dari hamil.co.id, daun kemangi, daun kol, buncis, kacang panjang dan wortel kurang baik bagi ibu hamil ini karena:
  • Sayur mentah mengandung banyak bakteri, bakteri yang ada pada sayuran tersebut bisa membuat ibu hamil muntah, mual dan pusing.
  • Ibu hamil bisa terkena diare atau bahkan disentri.
  • Janin juga bisa terinfeksi dengan bakteri.

Disamping itu ada pihak yang pro mengenai konsumsi daun kemangi bagi ibu hamil, bahwa tidak mengapa ibu hamil konsumsi daun kemangi. Manfaatnya untuk mengatur pembekuan darah (karena kandungan vitamin K di dalamnya), dimana manfaat vitamin K berperan dalam pembekuan darah. Sehingga mengurangi risiko kehilangan darah.

Kandungan vitamin A bermanfaaat untuk menjaga kesehatan jantung, mata, otak dan paru-paru janin. Manfaat lainnya untuk membantu perkembangan sistem saraf pada janin, lalu membantu pembentukan tulang janin, hal ini karena kandungan magnesium di dalam kemangi.

Selain itu, mengonsumsi kemangi bermanfaat untuk meningkatkan energi, sangat penting dalam mencegah kelelahan selama kehamilan.

Dengan begitu (karena ada yang pro dan kontra) maka ibu hamil tetap boleh konsumsi daun kemangi, tetapi harus DIBATASI konsumsinya (jangan banyak-banyak).

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More