20 Manfaat Luar Biasa Daun Pegagan Untuk Kesehatan ~ Putra Gantiwarno
Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

20 Manfaat Luar Biasa Daun Pegagan Untuk Kesehatan

Pegagan mempunyai nama latin centella asiatica (L) Urban atau Hydrocotyle asiatica termasuk juga kedalam keluarga tumbuhan umbelliferae atau Apiaceae. Pegagan mempunyai nama lain daun kaki kuda atau antanan. Tanaman itu bisa didapati dimanapun yang memperoleh cahaya matahari yang cukup malahan di halaman rumah kita dapat menjumpainya. Namun beberapa orang yang tidak tahu manfaat dari tanaman itu hingga mereka meremehkan serta membuangnya.
Ciri-ciri tanaman : tumbuhan herba dengan batang horizontal, tiap-tiap ruas keluar akar serta menyebar di tanah. Adalah herba tahunan tanpa ada batang, namun dengan rimpang pendek serta stolon-stolon yang merayap dengan panjang 10 cm –80 cm. Helai daun tunggal, bertangkai panjang sekitar 5 cm–15 cm berbentuk ginjal, serta pada pangkal berbentuk pelepah. Tepinya bergerigi, dengan penampang 1 cm–7 cm tersusun dalam roset yang terdiri atas 2–10 helai daun, terkadang agak memiliki rambut. Bunga berwarna putih atau merah muda, tersusun dalam karangan berbentuk payung tunggal, 3 hingga 5 berbarengan keluar dari ketiak daun, tangkai bunga 5 mm–50 mm. Buah kecil tergantung yang memiliki bentuk lonjong/pipih panjang 2–2,5 mm, lebar kurang lebih 7 mm serta tinggi kurang lebih 3 mm, berlekuk 2, berwarna kuning kecoklatan serta berdinding agak tidak tipis, baunya wangi serta terasa pahit. Akar keluar dari tiap-tiap bonggol, banyak bercabang yang membuat tumbuhan baru.
Daun pegagan memiliki kandungan demikian banyak kandungan kimia, sebut saja asiaticoside, centellose, carotenoids, thankuniside, isothankuniside, brahminoside, brahmic acid, madasiatic acid, madecassoside, brahmoside, meso-inositol, garam-garam mineral sebagaimana garam kalium, kalsium, besi, vellarine serta zat samak, natrium, magnesium. Berikut 20 manfaat luar biasa daun pegagan untuk kesehatan :
1. Pembengkakan hati
Pembengkakan hati bisa sembuh lewat cara merebus 240-600 gr daun pegagan fresh serta meminum air rebusan itu dengan cara teratur supaya pembengkakan hati bakal hilang. Supaya sistem pengobatan lebih cepat, anda bisa meminum air daun pegagan itu 3 kali satu hari.
2. Batuk darah
Batuk darah bisa di hilangkan lewat cara merebus 60-90 gr daun pegagan fresh lalu diminum dengan cara teratur hingga batuk darah hilang.
3. Radang serta amandel
Ambil segenggam penuh pegagan fresh lalu ditumbuk sampai hancur lalu tambahkan sedikit air serta garam. Selepas ini saringlah ramuan itu lalu diminum dengan cara teratur tiap-tiap pagi saat sebelum sarapan. Kerjakan langkah tersebut supaya radang serta amandel cepat hilang.
4. Darah tinggi
Darah tinggi bisa dilenyapkan lewat cara mengambil 20 lembar daun pegagan lalu di rebus dengan 3 gelas air hingga jadi 1/4 air. Selepas ini minumlah rebusan daun pegagan itu dengan cara teratur 3 kali satu hari 1/4 gelas. Kerjakan langkah tersebut hingga darah anda jadi normal kembali.
5. Panas
Panas bisa di hilangkan lewat cara merebus segenggam daun pegagan bersama 3 butir adas, sepotong kulit batang pulosari serta sesiung biji bawang merah dan tiga cangkir air hingga jadi satu cangkir saja. Selepas ini saringlah lalu diminum dengan teratur.
6. Sulit buang air kecil
Untuk anda yang sulit buang air kecil, anda bisa meremas 30 gr daun pegagan fresh lalu tempelkan remasan daun pegagan itu pada pusar anda. Cara tersebut yaitu langkah ampuh untuk anda pasien sulit buang air kecil
7. Sakit kepala
Sakit kepala bisa di hilangkan lewat cara ambil segenggam daun pegagan serta rebus 1/4 sendok jinten dan satu gelas air sampai jadi 1/2 gelas saja. Lalu saring ramuan itu lalu minum dengan teratur. Jadi sakit kepala anda bakal hilang (bila penggunaan teratur).
8. Batuk asma
Batuk asma bisa sembuh oleh daun pegagan lewat cara tumbuk 1 genggam daun pegagan ditambah 7 daun randu lalu air 1 cangkir + gula batu. Selepas ini saringlah ramuan itu lalu diminum tiap-tiap pagi atau tumbuklah daun pegagan, patikan kebo, kencur serta secangkir air lalu disaring serta ditambahkn gula batuk lalu diaduk sampai rata serta minumlah tiap-tiap pagi hari.
9. Typhus
Penyakit itu bisa sembuh lewat cara siapkan segenggam daun pegagan, 1/2 daun jintan serta 5 batang tapak liman. Seluruhnya bahan itu dikukus lalu ambillah airnya saja. Selepas ini minumlah bersama 1 sendok madu. Untuk menyingkirkan typhus dengan cepat, silakan minum ramuan itu dengan teratur.
10. Wasir
Siapkanlah 4-5 pohon pegagan lalu siapkan 2 gelas air. Selepas ini rebuslah daun pegagan itu dengan 2 gelas air sepanjang 5 menit lalu minum ramuan itu dengan cara teratur pagi serta sore.
11. Sakit maag serta perut kembung
5 gr pegagan, 1 gr pupus pepaya, 7 gr adas, 3 gr jinten, 5 gr kencur (diparut), 5 gr sembung, 6 gr daun pooh, 5 gr pulosari, 2 gr ketumbar, serta 10 gr falerian. Seluruhnya bahan di rebus dengan 500 ml air serta diminum untuk 1 hari.
12. Menaikkan nafsu makan
5 gr pegagan diseduh dengan air seperlunya, ditumbuk serta diperas sebagai pengganti air teh.
13. Keracunan jengkol
10-15 daun pegagan di rebus dengan 3 gelas air hingga mendidih sampai tinggal 1 ½ gelas disaring serta diminum.
14. Ayan
Daun pegagan yang telah kering serta gula aren seperlunya, daun pegagan ditumbuk halus lalu di ambil 1 sendok serta digabung dengan gula aren seperlunya. Ke-2 bahan itu diseduh dengan 1 gelas air panas (masak), disaring serta diminum, diulangi dengan teratur.
15. Insomnia
Minum kombinasi juice pegagan dari 30-60 gr daun fresh yang ditumbuk, diperas, serta digabung dengan susu.
16. Sariawan di mulut
Tumbuk daun pegagan hingga halus, lalu tempelkan ditempat yang luka. Dapat pula minum rebusan daun pegagan.
17. Cacingan
1/2 sdt pegagan kering diseduh dengan air mendidih sepanjang 20 menit, minum hangat-hangat.
18. Menambah stamina serta panjang umur
Tumbuk segenggam daun pegagan bersama kunyit. Peras serta saring airnya, lalu digabung madu serta kuning telur ayam kampung.
19. Kurap
Tumbuk daun pegagan serta tempelkan ditempat yang terserang eksim.
20. Menyembuhkan mata merah, dan bengkak
Untuk anda yang mempunyai mata merah serta bengkak anda dapat pula memakai daun pegagan. Manfaat daun pegagan untuk kesehatan mata diperoleh lewat cara meneteskan air perasan daun pegagan kedalam mata sebagaimana anda memakai rhoto

Efek Samping Daun Pegagan
Daun pegagan memanglah tanaman herbal yang banyak mempunyai manfaat luar biasa penyembuhan, tetapi cermati kemungkinan kesehatan yang bisa berlangsung sepanjang pemakaiannya, sebagaimana tersebut :
  • Kehamilan serta menyusui – Pegagan kemungkinan bakal aman pada wanita hamil jika diaplikasikan ke kulit. Namun janganlah konsumsi daun pegagan, hal semacam ini karena belum cukup di ketahui ada bukti keamanan daun pegagan untuk ibu hamil. Selain ini, tidak cukup di ketahui juga tentang keamanan daun pegagan sepanjang menyusui. Jauhi memakainya bila tengah menyusui.
  • Penyakit hati – Ada kecemasan bahwa pegagan bisa mengakibatkan rusaknya hati. Beberapa orang yang telah mempunyai penyakit hati sebagaimana hepatitis, mesti hindari memakai pegagan. Hal semacam ini kemungkinan bakal menjadikan masalah hati makin jelek.
  • Menjalani Bedah – Daun pegagan bisa mengakibatkan kantuk, bila terlampau banyak digabungkan dengan obat-obatan yang dipakai selama serta selepas operasi. Berhenti memakai ramuan pegagan minimum 2 hari minggu saat sebelum operasi dijadwalkan.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More