Merawat Mesin Mobil ~ Putra Gantiwarno
Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

Merawat Mesin Mobil

Mesin MobilMobil bekas adalah suatu pilihan kita pada saat ingin membeli mobil pertama kali, dengan pertimbangan lebih ekonomis secara biaya sampai pengenalan perawatan dalam pengalaman pertama. Tidak ada salahnya kita mambeli mobil bekas, semua tergantung ketersediaan dana dan cara kita dalam menyeleksi barang bekas ini.
Yang perlu diwaspadai adalah mobil yang bekas kebanjiran, akan betul-betul sangat menyusahkan bagi kita, mulai dari mesin yang kebanjiran, kelistrikan, kita bisa bayangkan bagaimana jika komponen-komponen kelistrikan kemudian terendam banjir, belum lagi interior, selang-selang, tangki, dll
Setelah mobil dibeli tentunya kita memikirkan bagaimana caranya merawat mobil bekas dengan baik, memang pemeliharaan mobil dari berbagai kerusakan sangat penting, karena jika terlanjur rusak maka hubungannya selalu dengan keuangan, bahkan kita harus mengeluarkan sejumlah uang untuk perbaikan.
Nah, berikut ini cara-cara merawat mobil bekas yang baru saja kita beli:

  1. Perhatikan kondisi kaki-kaki mobil seperti, ban, rem, sil-sil, dan skok/per, pastikan dalam keadaan baik.
  2. Perhatikan penggantian oli secara berkala, karena oli berperan mengurangi gesekan-gesekan internal di dalam mesin, dengan oli yang sudah usang atau jumlah terlalu sedikit maka akan terjadi gesekan-gesekan yang dapat membuat komponen mesin tertentu cepat rusak atau aus, oleh karena itu, penggantian oli mesin mobil harus dilakukan secara berkala berdasarkan kebutuhan mesin mobil dan jarak tempuh kendaraan.
  3. Periksa Radiator, karena radiator berfungsi sebagai pendingi suhu pada mesin mobil, dalam skala pemakaian, air radiator perlu diganti, dan periksa kebocoran pada radiator, apabila terjadi kebocoran segera atasi kebocoran tersebut.
    usahakan mobil tidak pernah mengalami kehabisan bahan bakar, karena kekosongan tangki mobil bisa menimbulkan karat yang akirnya tangki menjadi bocor.
  4. Penggantian Timing belt secara berkala, timing belt merupakan sabuk yang berfungsi untuk meneruskan putaran roda-roda gigi yang terhubung ke bagian internal mesin. biasanya usia timing belt di tentukan oleh jarak tempuh setiap 40.000 km.
    lakukan Tune up sesekali atau per dua bulan sekali, demi memastikan busi, filter bahan bakar, dan oli bekerja dengan baik.
  5. Rawat cat mobil dengan baik, usahakan terbebas dari air hujan dan air laut, karena air yang mengandung zat asam terlalu tinggi akan mudah merusak cat dan bodi mobil kita.
  6. Sayangi mobil yang sudah anda beli meskipun dalam keadaan bekas, karena kita membelinya dengan uang, hargai jerih payah anda diwaktu membeli.
Semoga beberapa tips perawatan mobil bekas diatas dapat bermanfaat bagi pembaca semua.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More