10 Manfaat Bunga Calendula Untuk Pengobatan dan Kecantikan ~ Putra Gantiwarno
Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

10 Manfaat Bunga Calendula Untuk Pengobatan dan Kecantikan

Manfaat bunga calendula tidak hanya sebagai tanaman hias saja. Lebih dari itu, bunga calendula dapat digunakan untuk pengobatan penyakit tertentu. Teh calendula juga berguna untuk kecantikan kulit. Manfaat ini disebabkan oleh sejumlah zat penting yang terdapat di dalam tanaman ini.

10 Manfaat Bunga Calendula untuk Pengobatan dan Kecantikan
Bunga calendula (pot marigold) berasal dari Mesir. Efek farmalogis tanaman ini telah dikenal sejak lama oleh banyak orang, sehingga sering digunakan untuk mengobati luka bakar dan memar. Kegunaan calendula termasuk pengobatan campak dan cacar secara alami.

Kini, minyak calendula banyak digunakan sebagai bahan lotion, salep, krim kosmetik dan aroma terapi. Teh calendula dapat dibuat dengan menyeduh kelopak bunga ini, yang berwarna antara kuning dan oranye.

Fakta nutrisi dalam bunga Calendula

Nutrisi yang terdapat dalam bunga calendula cukup beragam. Calendula dilengkapi dengan vitamin dan senyawa penting seperti calendulin, sterol, beta karoten, rutin, polisakarida, dan karetonoid.

Bunga calendula memiliki sifat anti-septik, anti-inflamasi, anti mikroba, dan anti spasmodik. Inilah alasan untuk memasukkan calendula ke dalam golongan tanaman obat.


10 Manfaat Bunga Calendula untuk Pengobatan dan Kecantikan


Sejumlah manfaat kesehatan dan kecantikan, dapat diperoleh dengan mengkonsumsi minuman teh yang terbuat dari kelopak bunga Calendula officinalis atau aplikasi sebagai obat luar. Berikut ini adalah manfaat bunga calendula untuk pengobatan dan kecantikan:

1. Menyehatkan pencernaan

Teh calendula sangat baik untuk melindungi lapisan usus dan lambung, mencegah maag, gastritis, mulas, dan gangguan pencernaan lainnya. Bahkan, dengan rutin minum teh herbal ini akan mencegah risiko kanker perut.

2. Membersihkan racun dalam tubuh

Minum teh calendula secara rutin, akan membersihkan racun di dalam hati dan kantung empedu. Jadi, bunga ini memiliki kemampuan detoksifikasi.

3. Mengobati demam dan batuk

Bunga calendula yang dikonsumsi sebagai minuman teh, dapat membantu dalam meredakan batuk dan mengobati demam. Berkumur dengan teh calendula yang diseduh bersama air hangat, dapat mengobati radang mulut dan sakit tenggorokan. Lakukan cara ini di pagi, siang, dan malam hari.

4. Mengatasi peradangan

Minyak calendula memiliki sifat anti-inflamasi, yang dapat mengurangi bengkak dan peradangan pada bagian tubuh. Dengan aplikasi minyak alami ini secara langsung pada area yang bermasalah, dapat mengobati memar, bengkak, keseleo, dan varises.

5. Mengatasi menstruasi yang tidak teratur

Dengan konsumsi teh calendula secara teratur, mampu mengurangi kram menstruasi serta gangguan pada wanita menopause seperti sakit kepala, hot flashes, dan mual. Namun, ibu hamil harus konsultasi dengan dokter sebelum minum teh ini.

6. Mengatasi lecet karena popok

Ruam pada kulit bayi dapat terjadi akibat penggunaan popok. Masalah kulit ini tentu sangat mengganggu kenyamanan bayi anda. Untuk meredakan ruam popok, terapkan minyak calendula pada kulit bayi.

7. Sebagai obat tetes mata

Teh calendula ternyata dapat diterapkan pada mata anda, untuk mengobati mata merah (konjungtivitis).

8. Mengobati eksim

Bunga calendula memiliki sifat antiseptik dan antimikroba, yang efektif untuk mengatasi luka ringan dan mempercepat pemulihan jaringan kulit. Dengan menerapkan minyak calendula pada kulit yang bermasalah, dapat mengatasi masalah kulit seperti eksim, dermatitis, gatal, psoriasis, kurap, dan gangguan lainnya pada kulit anda.

9. Mengurangi nyeri akibat sengatan lebah

Jika anda disengat oleh tawon atau serangga lainnya yang beracun, terapkan minyak calendula untuk mengurangi rasa sakit dan bengkak akibat sengatan lebah.


Manfaat Bunga Calendula Untuk Kecantikan Kulit


10. Mengatasi kulit kering

Jika anda mengalami masalah kulit retak dan bersisik, maka solusinya adalah minyak calendula. Minyak alami ini membantu produksi kolagen, sehingga berguna untuk melembabkan kulit dan membuatnya lebih bercahaya. Anda dapat menggunakan minyak ini sebagai pelembab alami bagi kulit, untuk mencegah penuaan dini.

Meskipun calendula adalah tanaman obat yang aman untuk digunakan, tetapi seseorang yang alergi serbuk sari dan ibu hamil sebaiknya tidak mengkonsumsi herbal ini. 


10 Manfaat Bunga Calendula untuk Pengobatan dan Kecantikan

Cara bikin teh calendula


Untuk membuat teh calendula, tidaklah sulit. Pertama, ambil kelopak bunga yang mekar untuk dikeringkan kemudian simpan di dalam lemari es. Ketika akan digunakan, seduh 2 sdt bunga calendula kering bersama segelas air hangat. Tunggu selama 15 menit sebelum diminum. Anda dapat menambahkan madu dan air lemon untuk menambah aroma dan citarasa yang lezat.

Nah, itulah manfaat bunga calendula untuk pengobatan dan kecantikan. Namun, anda tidak disarankan untuk minum teh calendula secara berlebihan. Konsumsi paling banyak adalah tiga kali dalam sehari. Pastikan bahwa bunga yang dibuat sebagai minuman teh adalah Calendula officinalis.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More