ManfaatBuah Markisa ~ Putra Gantiwarno
Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

ManfaatBuah Markisa

Buah markisa merupakan salah satu buah yang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan, buah yang memiliki rasa manis sedikit asam ini memang mengandung banyak nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita.  Ini dia beberapa manfaat buah markisa untuk kesehatan:

  1. Sumber vitamin C. Buah markisa merupakan salah satu buah dengan kandungan vitamin C yang sangat baik. Mengkonsumsi buah markisa telah memenuhi sekitar 50 persen dari kebutuhan vitamin C harian anda. 

  2. Sumber antioksidan. Buah markisa merupakan buah dengan tinggi kandungan antioksidan yang cukup ampuh melawan berbagai macam penyakit seperti kanker dan peradangan.  
Manfaat buah amrkisa untuk kesehatan
Gambar: Manfaat buah markisa untuk kesehatan
  1. Menjaga kesehatan pencernaan. Buah markisa  bermanfaat untuk mengatasi berbagai macam masalah pencernaan seperti sembelit. buah ini juga merupakan obat yang sangat baik untuk pengobatan hyperacidity, lambung dan ulkus duodenum. 

  2. Kaya akan Beta karoten. Kandungan betkaroten dalam buah markisa  dapat mendorong perkembangan tulang dan gigi, perbaikan jaringan tubuh, mengurangi risiko arthritis, penyakit Parkinson dan depresi.  

  3. Kaya akan kandungan zat besi. Markisa merupakan salah satu makanan yang mengandung zat besi cukup tinggi. Dalam 1 cangkir buah markisa mengandung sekitar 4 mg zat besi.  

  4. Mengandung folat. buah markisa diketahui merupakan salah satu dari makanan yang mengandung asam folat cukup baik, asam folat berfungsi untuk menjaga kesehatan mental dan otak, serta dapat mencegah terjadinya cacat pada bayi selama masa kehamilan sang ibu. Selain itu, asam folat juga dapat menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan sirkulasi. 

  5. Membantu menstabilkan berat badan. Buah markisa dapat membantu dalam menurunkan berat badan karena mengandung  rendah kalori, sodium dan lemak. Walaupun rendah kalori dan juga lemak Buah markisa juga kaya akan karbohidrat dan gula alami yang dapat secara cepat meningkatkan stamina anda setelah lelah beraktifitas. 

  6. Mengandung tinggi serat. Buah markisa sumber serat yang sangat baik. Dalam 100 g buah amrkisa mengandung 10,4 g atau 27 % serat . Serat sangat dibutuhkan untuk diet dan membantu menurunkan  kolesterol dalam darah. Selain itu serat dalam buah markisa juga dapat  membantu melindungi selaput lendir usus dengan cara mengurangi paparan zat-zat beracun di dalam usus besar serta mengikat bahan kimia yang merupakan penyebab terjadinya kanker di usus besar. 

  7. Mengandung tinggi kalium. Buah markisa sangat kaya akan kalium . Dalam 100 g buah markisa mengandung sekitar 348 mg kalium. Kalium merupakan komponen yang sangat penting  untuk membantu mengatur detak jantung dan kestabilan tekanan darah. 

  8. Baik bagi penderita asma. buah markisa nutrisi yang dapat meringankan  serangan asma. Selain karena buah ini mengandung vitamin C, markisa juga memiliki efek memblokir histamin yang menyebabkan gejala penyakit asma.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More