40 Manfaat Daun Kelor | Khasiat Daun Kelor Bagi Kesehatan ~ Putra Gantiwarno
Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

40 Manfaat Daun Kelor | Khasiat Daun Kelor Bagi Kesehatan

Khasiat Daun Kelor Bagi Kesehatan - Ternyata tidak semua mengetahui manfaat dan khasiat daun kelor, sebagian orang tidak mengerti bahkan pantang untuk mengkonsumsi daun kelor, padahal pada daun kelor terdapat nutrisi dan kandungan yang sangat penting untuk menjaga agar tubuh tetap sehat, daun kelor juga bermanfaat sebagai obat herbal untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Bahkan teh dari daun kelor  mengandung polyphenol yang tinggi, yang berfungsi sebagai antioksidan yang bermanfaat untuk mendetoksifikasi tubuh manusia sehingga akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Karena banyaknya manfaat dan khasiat daun kelor ini para ilmuan menyebutnya sebagai The Miracle Tree" (Tanaman Ajaib)

Sebelum lebih Jauh tentang manfaat dan khasiat daun kelor untuk kesehatan, tidak kalah penting untuk disampaikan adalah tentang tenaman kelor dan kandungannya, agar pembahasan ini menjadi lebih kaya informasi dengan harapan agar menjadi bagian dari refrensi kesehatan.

Daun Kelor dan Kandungannya

Tanaman kelor yang bernama latin Moringa oleifera adalah tumbuhan dari suku Moringaceae yang   memiliki tinggi batang sekitar 7 sampai 11 meter, dengan bunga berwarna putih kekuning-kuningan yang mengeluarkan bau dengan aroma bau semerbak, serta memiliki buah dengan bentuk segitiga memanjang biasanya di sebut kelentang dan biasanya juga bisa dimasak sebagai sayur.

Telah dilakukan penelitian pada tanaman daun kelor, baik pada daunnya, kulit batang, buah dan bijinya,    diketahui sejak tahun 1980 mayoritas penduduk negara  somalia, etiopoa dan sudan menjadikan daun kelor sebagai sayuran dan dipercaya duan kelor bermanfaat untuk menjaga kesehatan, bahkan hasil dari tanaman ini mereka perjual belikan.

WHO (Organisasi kesehatan dunia) menganjurkan agar anak-anak dan bayi yang masih masa pertumbuhan untuk mengkonsumsi daun kelor karena daun kelor berkhasiat untuk menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah gizi buruk pada anak.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa daun kelor mengandung semua unsur asam amino (essensial) yang sangat penting. Kecuali vitamin C, semua kandungan gizi yang terdapat dalam daun kelor segar akan mengalami peningkatan (konsentrasinya) jika dikonsumsi dengan cara dikeringkan dan dihaluskan dalam bentuk serbuk (tepung).
Berikut dibawah ini adalah perbandingan nutrisi yang terdapat dalam daun kelor segar dengan daun kelor yang telah dikeringkan dan dihaluskan dalam bentuk serbuk (tepung) dalam satuan berat yang sama :

Manfaat kandungan daun kelor untuk kesehatan

Selain itu beberapa studi menunjukkan bahwa kandungan kalium yang terdapat dalam daun kelor lebih rendah dan kandungan zat besi lebih tinggi, sebagamana pada tabel di bawah ini  :

khasiat Kandungan daun kelor

Tabel diatas adalah kandungan asam amino dalam tiap 100 gr daun kelor segar yang dikemukakan dari penemuan C.Gopalan, et al dalam setiap gr nitrogen yang telah dilakukan di National Institute of Nutrition in Hyberabad, India. Sedangkan informasi mengenai kandungan gizi daun kelor yang kering merupakan hasil analisa Lowell J. Fuglie yang didukung oleh Church World Service and The Departmentof Engineering the University of Leicester and perfomed by Campden & Chorleywood Food Research Association in Gloucestershire, Inggris

Maka dengan demikian kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manfaat daun kelor akan lebih besar lagi jika diolah menjadi bubuk daun kelor dibandingkan jika daun kelor dikonsumsi secara langsung sebagai sayuran. Tapi walaupun begitu manfaat dan khasiat daun kelor untuk kesehatan tetap baik jika dikonsumsi secara rutin.

Kandungan daun kelor dan manfaat khasitnya bagi kesehatan
Manfaat daun kelor


Selain itu telah ditemukan nutrisi penting yang menakjubkan pada daun kelor antara lain
  • Daun kelor mengandung potasium tiga kali lipat dari pada pisang.
  • Kandungan Kalsium pada daun kelor Empat kali lipat lebih banyak daripada susu. 
  • Pada daun kelor terdapat Vitamin C Tujuh kali lipat daripada jeruk. 
  • Dan kanduangan vitamin A pada daun kelor Empat kali lipat lebih banyak dari pada wortel dan dua kali lipat protein dari pada susu.

Manfaat Kaun Kelor | Khasiat Daun Kelor untuk Kesehatan

Manfaat Daun Kelor | Khasiat Daun Kelor Untuk Kesehatan
Manfaat daun kelor bagi kesehatan

Dari hasil penelitian tersebut diatas maka ditemukan bahwa pada daun kelor terdapat manfaat dan khasiat sebagai berikut :

1. Manfaat daun kelor untuk mengobati Penyakit Jantung

Sebuah studi ilmiah yang dilakukan uji coba pada hewan laboratorium yang diterbitkan pada edisi Februari 2009 dari “Journal of Medicinal Food” menjelaskan manfaat daun kelor dapat mencegah kerusakan jantung dan bermanfaat sebagai antioksidan. Pada penelitian tersebut  menjelaskan bahwa pemberian dosis 200 miligram per kilogram berat badan setiap hari selama 30 hari, menghasilkan tingkat lebih rendah dari lipid teroksidasi dan jaringan jantung dilindungi dari kerusakan struktural. Oleh karena itu  para pakar berkesimpuan bahwa manfaat daun kelor sangat signifikan untuk kesehatan jantung. 

2. Manfaat daun kelor sebagai anti kanker

Studi kultur jaringan sel kanker serviks manusia yang diterbitkan dalam Pada jurnal peneltian “Food and Chemical Toxicology.” edisi Juni 2011 menjelaskan bahwa ekstrak daun kelor bermanfaat untuk mendukung kematian sel dini, mencegah pertumbuhan dan reproduksi sel-sel kanker. Peneliti terkemuka menyimpulkan bahwa daun kelor menunjukkan potensi sebagai pencegahan alami.

3. Khasiat daun kelor anti diabetes

Kadar nutrisi seng pada daun kelor yaitu mineral yang bermanfaat untuk produksi insulin. Pada studi ilmiah telah dilakukan uji coba pada hewa laboratorium yang diterbitkan dalam edisi Juni 2012 dari “Journal of Diabetes,” Setiap pemberian ekstrak daun kelor sebesar 150 miligram bermanfaat sebagai anti diabetes yang signifikan.
4. Manfaat daun kelor untuk mengatasi alergi

Daun kelor juga efektif dan ampuh mengatasi alergi dengan cara ambil tiga gagang daun kelor dan direbus, ditambah pulasari secukupnya, satu siung bawang merah, dengan air sebanyak tiga gelas, rebus sampai air mendidih dan tersisa dua gelas. lalu disaring dan minum setiap hari secara rutin.

5. Khasiat daun kelor untuk mengobati penyakit herpes, kurap dan luka bernanah, 

Penyakit tersebut dapat anda obati dengan daun kelor dengan cara : tumbuk tujuh gagang daun kelor sampai halus dan diitempelkan pada bagian kulit alergi yang bermasalah

6. Manfaat daun kelor untuk mengobati sakit mata

Jika anda menderita sakit mata obati segera dengan daun kelor cara nya yaitu tiga gagang daun kelor
ditumbuh atau diblander sampai halus dan tambahkan 100ml air. lalu diperas sampai mendapatkan sari daun kelor. gunakan sari daun kelor sebagai pencuci mata atau cukup dititiskan.

7. Manfaat daun kelor untuk mengatasi Rematik, pegal linu dan nyeri

Penyakit rematik, pegal linu dan nyeri dapat anda atasi dengan menggunakan kelor dengan cara 2 gagang daun kelor ditumbuk halus dan ditambahkan dengan setengah sendok makan kapur sirih, Gunakan ramuan daun kelor ini sebagai param.

8. Manfaat daun kelor dapat mengatasi penyakit kuning

Disebut penyakit kuning karena penyakit ini ditandai dengan kuningnya organ tubuh biasanya pada mata, kuku, dan anggota tubuh lainnya. Penyakit ini sebenarnya adalah karena pembengkakan hati yang diakibatkan oleh virus. untuk mengatasi penyakit kuning anda bisa menggunakan ramuan daun kelor caranya Tumbuk sampai halus 3-7 gagang daun kelor tambahkan dengan 1 gelas air kelapa hijau lalu peras dan saring. sebelum diminum sebaiknya tambahkan dengan 1 sendok makan madu. Minumlah ramuan ini satu hari sekali sampai penyakit kuning sembuh.

9. Khasiat daun kelor Membantu menyembuhkan mata rabun Senja dan iritasi mata

Tumbuk sampai benar-benar halus 3 gagang daun kelor kemudian seduh dengan 1 gelas air mendidih diamkan beberapa saat sambil diaduk lalu saring. Tunggu sampai dingin atau hangat kuku lalu tambahkan dengan beberapa sendok madu murni. Minum ramuan ini menjelang tidur malam

10. Manfaat daun kelor untuk mengobati cacingan

Cacingan seringkali dialami oleh anak-anak, Jika anak anda mengalami cacingan bisa anda atasi dengan menggunakan daun kelor. Caranya 3 gagang daun kelor, 1 gagang daun cabai. 1-2 batang meniran ketiga bahan tersebut direbus dengan 2 gelas air hingga mendidih sampai tersisa 1 gelas. Setelah itu disaring, dan minumlah ramuan ini setiap hari.

11. Manfaat daun kelor untuk Menurunkan berat badan

Punya masalah tubuh kegemukan atau obesitas, atau perut buncit pasti membuat menderita dan tampil tidak percaya diri. Jika ini masalah anda, cobalah anda atasi dengan daun kelor. Dengan mengkonsumsi teh daun kelor secara rutin dan teratur sangat membantu untuk menangani masalah pencernaan, sehingga merangsang metabolisme untuk membakar kalori dengan lebih cepat. Karena teh kelor mudah diserap ke dalam usus.

12. Manfaat daun kelor sebagai penyedia energi 

Dengan rutin mengkonsumsi teh daun kelor setiap pagi bermanfaat untuk menguatkan bagian tubuh agar tetap pro aktif sepanjang sepanjang hari. Tubuh akan secara otomatis merasa baik dan berenergi dari sebelumnya.

13. Daun kelor berkhasiat sebagai penyedia nutrisi

Teh daun kelor sangat berperan penting untuk memelihara otak dan mata. Gizi otak membantunya dalam mengambil keputusan yang tepat bahkan pada situasi sulit.

14. Khasiat daun kelor untuk meningkatkan Fungsi Ekskresi

Yang tak kalah menarik bahwa teh daun kelor membantu memperbaiki dan meningkatkan fungsi ginjal dan hati. Tubuh akan bugar dan sehat jika fungsi pembuangan limbah bekerja secara normal.

15. Manfaat daun kelor untuk Rambut 

Nutrisi pada teh daun kelor bahkan berkhasiat untuk menguatkan dan melebatkan rambut, rambut menjadi lebih sehat, kuat dan mengkilap. 

16. Manfaat daun kelor untuk Menghilangkan flek wajah, memutihkan kulit, menghilangkan jerawat dan komedo

Bukan hanya penyakit saja bahkan daun kelor dapat kita manfaatkan untuk mengatasi flek hitam, Jerawat dan komedo pada wajah caranya : Tumbuk segenggam daun kelor muda  sampai benar-benar halus lalu dipakai untuk bedak atau bisa juga di campur dengan bedak sebagai masker diamkan 25-30 menit lalu cuci kembali.

17. Manfaat daun kelor menurunkan panas deman pada anak

Ketika panas demam menimpa anak, anda bisa meunrunkan panas anak dengan daun kelor. caranya haluskan 3 gagang daun kelor dengan cara ditumbuk setalah halus tempelkan pada pada ubun-ubun kepala anak. lakukan ini pada waktu pagi dan jangan pada siang hari. untuk hasil optimal buatlah 1 gelas sari daun kelor caranya 2 gagang daun kelor ditumbuk halus bersama dengan 2 siung bawang merah, kemudian tambahkan 1 gelas air lalu peras dan saring. Beri minum anak anda dengan ramuan ini pada waktu pagi dan malam hari. 

18. Manfaat daun kelor untuk diet

Karena daun kelor dapat menghasilkan energi yang tahan lama maka otomatis dengan mengkonsumsi daun kelor secara rutin dan teraut bermanfaat untuk membantu program diet secara alami dan aman.

19. Daun kelor sebagai obat mata

Daun kelor bermanfaat untuk menjaga kesehatan lensa mata, skaligus dapat dijadikan sebagai obat untuk mencegah dan mengatasi penyakit mata degeneratif.

20. Sebagai sumber beta karoten

Kandungan beta karoten yang terdapat pada daun kelor juga berfungsi memperkuat daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit dan mempercepat proses penyembuhan dikala sakit

21. Minyak ben pada daun kelor sebagai sumber anti oksidan

Pada Biji buah kelor terkandung minyak sekitar 40 persen, yang mana minyak buah kelor dikenal dengan sebutan minyak Ben. Minyak biji buah kelor kaya akan antioksidan, dan nutrisinya hampir serupa dengan mirip minyak zaitun.

22. Daun kelor sebgai sumber zat besi

Mungkin tidak semua orang tahu bahwa daun kelor muda yang biasa dikonsumsi sebagai sayur ini ternyata mengandung zat besi tiga kali lipat lebih besar dari daun bayam.

23. Daun kelor sebagai sumber asam amino esensial

Pada daun kelor terdapat asam amino esensial yaitu unsur protein yang berfungsi untuk memperbaiki dan memelihara sel-sel tubuh. Tubuh manusia hanya mampu menghasilkan asam amino sekitar 10 sampai 12 jenis saja sedangkan 8 jenis dari asam amino esensial harus dipenuhi melalui asupan nutrisi pada makanan sehari-hari.

24. Daun kelor sebagai sumber energi alami

Manfaat daun daun kelor yang tak kalah pentingnya yaitu berfungsi untuk meningkatkan jumlah energi secara alami dan tahan lama.

25. Daun kelor mengatasi berbagai penyakit

Manfaat daun kelor juga bisa menyembuhkan bisul, menghambat dan mencegah tumor mengatasi nyeri sendi (arthritis) bahkan daun kelor bermanfaat untuk menstabilkan tekanan darah.

26. Manfaat daun kelor untuk meningkatkan produksi ASI

Bagi ibu menyusui dianjurkan untuk memperbanyak mengkonsumsi daun kelor, karena daun kelor bermanfaat untuk meningkatkan jumlah produksi ASI dan menjaga kualitas ASI, sehingg tentu saja ini hal ini menjadi penting untuk pertumbuhan dan perkembangan sel otak bayi.

27. Sebagai suplemen makanan alami

Agar tubuh tetap fit dan berstamina dianjurkan untuk mengkonsumsi daun kelor dan buahnya, karena kelor bermanfaat sebagai suplemen alami, ini karena daun kelor kaya akan kalsium dan multi vitamin.

28. Teh bunga kelor sebagai sumber flavonoid dan anti oksidan

Bukan hanya daun dan buahnya saja, bahkan bunga tanaman kelor bisa anda olah menjadi teh herbal alami yang kaya akan  flavonoid dan antioksidan.

29. Akar tanaman kelor dapat mengatasi berbagai penyakit

Sedangkan pada akar tanaman kelor dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk memperbaiki sistem peredaran darah, mencegah peradangan, menambah nafsu makan, baik untuk pencernaan, dan yang tak kalah menarik adalah daun kelor bermanfaat untuk mengatasi kej*nt*nan pria. dan masalah saluran reproduksi wanita.


30. Mengatasi berbagai penyakit dalam

Berdasarkan hasil penelitian dan analisa para pakar akar tanaman kelor berkhasiat untuk menyembuhkan kanker ovarium, peradangan, batu ginjal, meningkatkan fungsi ginjal secara keseluruhan karena membantu mengeluarkan kalsium dan fosfat dari dalam ginjal secara lebih efisien.

31. Daun kelor mengatasi kolesterol jahat

Tidak semua kolesterol dalam tubuh baerbahaya bagi kesehatan, namun ada juga jenis kolesterol yang bermanfaat. Maka daun kelor berkhasiat untuk mengontrol, menyeimbangkan, dan mengatasi koleseterol jahat sebagai faktor penyebab resiko penyakit jantung, dan stroke.

32. Daun kelor memperbaiki sistem metabolisme tubuh

Sistem metabolisme tubuh yang baik sangat berperan penting untuk menjaga agar tubuh tetap sehat. Maka dengan mengkonsumsi daun kelor bermanfaat untuk menstimulasi metabolisme dan struktur sel tubuh.

33. Manfaat daun kelor sebagai anti bakteri dan anti racun 

Manfaat daun kelor yang tak kalah penting yaitu berfungsi sebagai antibakteri dan anti racun, sehingga dapat digunakan sebagai penawar racun alami. ini terbukti bahwa biji buah kelor mampu menyerap kotoran pada air, sehingga air kembali jernih dan sehat. begitulah pula fungsi daun dan biji buah kelor bermanfaat untuk membantu menyerap dan mengeluarkan racun dalam darah.

34. Daun kelor tanpa efek samping

Mengkonumsi daun kelor dalam jumlah banyak tidak akan berdampak buruk bagi kesehatan, karena dun kelor sama sekali tidak terdapat efek samping baik bila dikomsumsi oleh orang dewasa maupun oleh anak-anak. 

Di bawah ini juga termasuk manfaat dan khasiat daun kelor selain yang telah disebutkan diatas
  • Menambah kebugaran tubuh
  • Meningkatkan kekebalan tubuh penderita HIV
  • Anti Inflamasi
  • Sumber Klorofil Yang Tinggi
  • Sebagai Tonik Penguat Jantung
  • Mengatasi Tekanan Darah Tinggi


Cara membuat teh daun kelor | membuat serbuk daun kelor dan manfaatnya
Khasiat daun kelor
Cara Membuat Teh Daun Kelor

Sediakan daun kelor yang berwarna hijau tua sebanyak-banyaknya lalu keringkan, namun jangan dikeringkan dibawah terik matahari maupun diopen., karena menjemur daun kelor akan mengurangi bahkan menghilangkan kandungan daun kelor. Daun teh kelor yang sudah kering lalu ditumbuk sampai halus dan tidak perlu diayak, simpan teh daun kelor pada tempat yang kering dan rapat.

Cara Membuat bubuk (serbuk) daun kelor

Cara membuat bubuk atau serbuk daun kelor yaitu sebagaimana cara membuat teh diatas, namun anda masih perlu mengayak daun kelor agar serbuk daun kelor benar-benar halus. Anda bisa mengkonsumsi bubuk daun kelor dengan melakukan pencangkangan (kapsul) atau dengan cara diseduh sebagaiamana membuat teh atau kopi. Agar teh daun kelor lebih nikmat anda bisa menambahkan madu.

Demikianlah kandungan dan manfaat daun kelor, semoga artikel ini dapat djadikan sebagai alternatif dan refrensi bagi kesehatan anda. semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

sumber: daftarresepobat.com

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More