50 Situs Dunia ~ Putra Gantiwarno
Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

50 Situs Dunia

1. KANAL RIDEAU, KANADA
Rideau Canal yang dibuka pada tahun 1832. Kanal ini dibangun sebagai tindak pencegahan dalam kasus perang dengan Amerika dan masih digunakan sampai sekarang. Untuk saat ini Rideau Canal sering digunakan untuk watersport. Banyak orang yang canoeing, kayaking, fishing dan boating di waktu summer.
Sedangkan pada saat winter, Rideau Canal merupakan arena skating terbesar di dunia. Dengan panjang 7,8 kilometer dan memiliki luas permukaan setara dengan 90 arena es untuk olimpiade Hockey.
Ice Skating merupakan salah satu olahraga terfavorit warga Kanada pada saat winter. Bila Anda menyukai skating dan ingin merasakan arena skating yang bukan hanya berputar-putar di satu arena, maka Rideau Canal merupakan tempat yang sangat tepat.

2. MOSI-OA-TUNYA / AIR TERJUN VICTORIA , ZAMBIA DAN ZIMBABWE

Tak diragukan lagi, Air Terjun Victoria yang terletak di selatan Afrika ini merupakan air terjun paling indah dan mencengangkan di dunia. Air terjun legendaris ini juga merupakan yang terbesar di dunia. Air terjun Victoria terletak di Sungai Zambezi di perbatasan Zambia dan Zimbabwe, di Afrika bagian selatan.
Air terjun yang pertama kali ditemukan oleh seorang penjelajah Skotlandia ini telah menarik hampir satu juta pengunjung setiap tahun karena berbagai keindahan yang ditawarkannya.


3. AIR TERJUN IGUAZU, ARGENTINA

Air terjun Iguazu adalah nama air terjun yang berlokasi di Sungai Iguazu di perbatasan negara bagian Paraná di Brazil (20%) dan provinsi Misiones di Argentina (80%). Air terjun ini membagi sungai menjadi bagian atas dan bawah.
Legenda menyebutkan bahwa dewa ingin menikahi seorang wanita bernama Naipí, yang kemudian pergi dengan kekasihnya Tarobá dengan kano. Dewa menjadi marah dan membelah sungai sehingga terciptalah air terjun dan mereka berdua jatuh ke dalamnya. Orang Eropa pertama yang menemukan air terjun ini adalah penjelajah Spanyol bernama Conquistador Álvar Núñez Cabeza de Vaca pada tahun 1541, yang juga diabadikan untuk nama bagian air terjun di sisi Argentina. Air terjun ini lalu ditemukan kembali oleh Boselli di akhir abad ke-19, dan salah satu nama air terjun lain di sisi Argentina diambil dari namanya.

4. TAMAN NASIONAL LOS GLACIARES, ARGENTINA

Taman Nasional Los Glaciares di Provinsi Santa Cruz, Argentina merupakan rumah bagi sebuah bongkahan es raksasa yang menakjubkan di jajaran pegunungan Andes. Bongkahan ini merupakan yang terbesar dan terluas yang ditemukan di luar Antartika dan Greenland. Begitu besarnya bongkahan es ini hingga menciptakan 47 aliran gletser, 13 di antaranya mengalir hingga ke Samudra Atlantik.
Sejak ditetapkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 1981, Taman Nasional Los Glaciares semakin terkenal di kalangan pecinta alam dan penyuka trekking. Para pengunjung yang datang ke taman nasional ini dapat mencoba sejumlah jalur trekking di atas es dan memegang langsung bongkahan es yang terdapat di sana. Kebanyakan dari mereka memulai tur dari permukiman terdekat di El Calafate.

5. TIMBUKTU, MALI

Timbuktu adalah sebuah kota di Mali, Afrika Barat. Kota ini adalah rumah dari Universitas Sankore dan madrasah lainnya, dan juga, kota ini adalah pusat dari penyebaran Islam di Afrika pada abad ke-15 dan abad ke-16. 3 Masjid utamanya, Djingareyber, Sankore dan Sidi Yahya, mengingatkan kembali kepada zaman keemasan Timbuktu. Walaupun terus bangkit, monumen ini sekarang dibawah ancaman dari desertifikasi.
Kota ini dihuni oleh suku Songhay, Tuareg, Fulani, dan Moor. Kota ini sering kali dibilang terletak di Sungai Niger, namun sebenarnya terletak 15 km utara sungai itu. Kota ini juga berada di daerah persimpangan dari Perdagangan Trans-Sahara baik dari barat ke timur, sampai utara ke selatan. Kota ini dulu dan sekarang, merupakan tempat penyaluran garam dari Taoudenni.

6. MACHU PICCHU, PERU

Machu Picchu adalah sebuah lokasi reruntuhan Inca pra-Columbus yang terletak di wilayah pegunungan pada ketinggian sekitar 2.350 m di atas permukaan laut. Machu Picchu berada di atas lembah Urubamba di Peru, sekitar 70 km barat laut Cusco.
Merupakan simbol Kerajaan Inka yang paling terkenal. Dibangun pada sekitar tahun 1450, tetapi ditinggalkan seratus tahun kemudian, ketika bangsa Spanyol berhasil menaklukan Kerajaan Inka. Situs ini sempat terlupakan oleh dunia internasional, tetapi tidak oleh masyarakat lokal. Situs ini kembali ditemukan oleh arkeolog dari universitas Yale Hiram Bingham III yang menemukannya kembali pada tahun1911. Sejak itu, Machu Picchu menjadi objek wisata yang menarik bagi para turis lokal maupun asing.

7. ACROPOLIS, YUNANI

Akropolis merupakan sebuah tempat peninggalan sejarah di Yunani. Tempat yang paling terkenal seperti Akropolis Athena, dengan alasan dari beberapa yang terkenal dalam sejarah bangunan yang didirikan di atasnya. Meskipun di daratan yang berasal dari Yunani, penggunaan model akropolis dengan cepat menyebar ke koloni Yunani seperti Dorian Lato di Kreta selama Periode Archaic.
Akropolis juga digunakan untuk tempat pariwisata lainnya di dunia, seperti Tikal dan Copán.
Pada Tahun 1987 Akropolis terdaftar sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO.

8. TEMBOK RAKSASA TIONGKOK

Tembok Besar Tiongkok atau Tembok Raksasa Tiongkok juga dikenal di Tiongkok dengan nama Tembok Sepanjang 10.000 Li merupakan bangunan terpanjang yang pernah dibuat manusia, terletak di Tiongkok.
Tembok Besar Tiongkok tidak panjang terus menerus, tapi merupakan kumpulan tembok-tembok pendek yang mengikuti bentuk pegunungan Tiongkok utara. Pada tanggal 18 April 2009, setelah investigasi secara akurat oleh pemerintah Republik Rakyat Tiongkok, diumumkan bahwa tembok raksasa yang dikonstruksikan pada periode Dinasti Ming panjangnya adalah 8.851 km.
Menurut catatan sejarah, setelah tembok panjang dibangun oleh Ming, barulah dikenal istilah "changcheng". Sebelumnya istilah tersebut tidak ditemukan. Istilah Tembok Besar Tiongkok dalam Bahasa Mandarin adalah "wanli changcheng", bermakna "tembok yang panjangnya 10 ribu li". Pada masa sekarang istilah ini resmi digunakan.

9. KEPULAUAN GALAPAGOS, EKUADOR

Kepulauan Galápagos atau Galapagos saja adalah sebuah kepulauan yang terdiri dari 13 pulau-pulau berapi dan bebatuan. Galapagos terletak di Samudra Pasifik sekitar 1.000 kilometer sebelah barat pesisir Amerika Selatan.
Secara politis, Galapagos merupakan bagian dari Ekuador. Pulau tertuanya berusia sekitar 4 juta tahun dan yang termuda masih sedang dalam proses pembentukan. Galapagos memang merupakan salah satu daerah gunung berapi yang paling aktif di dunia.
Galapagos terkenal karena jumlah spesies endemisnya yang besar dan penelitian yang dilakukan Charles Darwin yang membawanya menemukan teori seleksi alam.

10. HAMPI, INDIA

Hampi terletak di bagian selatan India dan merupakan ibukota terakhir dari Kerajaan Hindu Vijayanagar. Perlu waktu enam jam mengendara mobil untuk mencapai Hampi dari Goa atau Bangalore. Hampi ditaklukkan oleh Muslim Deccan pada 1565.
Saat ini masih terdapat beberapa kuil, termasuk kompleks kuil Krishna, Kuil Chandramauleshwar dan kuil-kuil Ramachandra dan Hazara Rama. Ada pula ratusan benda lainnya di tempat ini, yaitu struktur air, kuil, dan kompleks kerajaan.


11. KARANG PENGHALANG BESAR, AUSTRALIA

Karang Penghalang Besar adalah kumpulan terumbu karang terbesar dunia yang terdiri dari kurang lebih 3.000 karang dan 900 pulau, yang membentang sepanjang 2.600 km. Karang ini berlokasi di Laut Koral, lepas pantai Queensland di timur laut Australia. Sebagian besar wilayah karang ini termasuk bagian yang dilindungi oleh Taman Laut Karang Penghalang Besar (Great Barrier Reef Marine Park).
Karang Penghalang Besar (KPB) dapat dilihat dari luar angkasa dan kadang disebut sebagai organisme tunggal terbesar di dunia. Pada kenyataannya, ia terbentuk dari berjuta organisme kecil, dikenal dengan sebutan polip koral (coral polyp). KPB dipilih sebagai sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1981.
Kekayaan biodiversitasnya, perairannya yang hangat dan jernih, serta keterjangkauannya dari fasilitas terapung yang disebut live aboards, membuat karang ini menjadi tujuan pariwisata yang sangat populer, terutama bagi para penyelam scuba. Banyak kota di sepanjang pesisir pantai Queensland yang menawarkan wisata laut ke karang ini setiap harinya. Beberapa pulau kontinental juga telah berubah fungsi menjadi resor.

12. TAMAN NASIONAL GOREME, TURKI

Göreme adalah nama lembah dan nama sebuah kota di Turki yang terletak di provinsi Nevsehir di Cappadocia. Kota memiliki nama yang berbeda sepanjang sejarah: Κόραμα (Koram), Matiana, Maccan dan Avcilar, nama masih sering digunakan sampai sekarang. Baru-baru ini berganti nama Göreme, nama sebuah kota lembah untuk pariwisata.
Taman Nasional Göreme pada tahun 1985 ditambahkan ke Situs Warisan Dunia UNESCO.
Lanskap lembah Göreme yang spektakuler dibentuk oleh erosi, lembah Göreme terdapat batu yang dipahat dari zaman Bizantium , serta rumah, desa, gua dan kota-kota bawah tanah, sisa-sisa habitat manusia tradisional dari abad 4 masehi.

13. TERAS SAWAH CORDILLERAS, FILIPINA

Teras Sawah Banaue sebuah teras persawahan tua yang berusia 2000 tahun yang berada di pegunungan di provinsi Ifugao, Filipina. Teras sawah ini diciptakan oleh suku asli Batad. Diperkirakan teras ini dibuat dengan menggunakan tangan dan perlengkapan yang sederhana. Terletak di ketinggian 1500 meter dari permukaan laut, teras Banaue memiliki 10.360 kilometer persegi. Sistem irigasi mengairi lahan persawahan ini dari hutan hujan di puncak pegunungan.



14. ANGKOR, KAMBOJA

Angkor Wat adalah sebuah kuil atau candi yang terletak di kota Angkor, Kamboja. Kuil ini dibangun oleh Raja Suryawarman II pada pertengahan abad ke-12. Pembangunan kuil Angkor Wat memakan waktu selama 30 tahun. Angkor Wat terletak di dataran Angkor yang juga dipenuhi bangunan kuil yang indah, tetapi Angkor Wat merupakan kuil yang paling terkenal di dataran Angkor. Raja Suryawarman II memerintahkan pembangunan Angkor Wat menurut kepercayaan Hindu yang meletakkan gunung Meru sebagai pusat dunia dan merupakan tempat tinggal dewa-dewi Hindu, dengan itu menara tengah Angkor Wat adalah menara tertinggi dan merupakan menara utama dalam kompleks bangunan Angkor Wat. Pada tahun 1992, Angkor Wat masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO.

15. PETRA, JORDAN

Petra adalah sebuah situs arkeologikal di Ma'an, Yordania. Tempat ini terkenal dengan bangunan arsitektur yang dipahat pada bebatuan serta sistem pengairannya.
Diperkirakan dibangun pada awal tahun 312 sebelum masehi, sebagai ibu kota dari Nabath, yang sekarang menjadi simbol dari Yordania, dan juga menjadi tempat kunjungan favorit para turis. Tempat ini terletak pada yang terletak di dataran rendah di antara gunung-gunung Gunung Hor yang membentuk sayap timur Wadi Araba, lembah besar yang berawal dari Laut Mati sampai Teluk Aqaba.

16. TAMAN NASIONAL RAPA NUI, CHILE

Pulau Paskah (bahasa Polinesia: Rapa Nui) adalah sebuah pulau milik Chili yang terletak di selatan Samudra Pasifik. Walaupun jaraknya 3.515 km sebelah barat Chili Daratan, secara administratif ia termasuk dalam Provinsi Valparaiso. Pulau Paskah berbentuk seperti segitiga. Daratan terdekat yang berpenghuni ialah Pulau Pitcairn yang jaraknya 2.075 km sebelah barat. Luas Pulau Paskah sebesar 163,6 km².
Menurut sensus 2002, populasinya berjumlah 3.791 jiwa yang mayoritasnya menetap di ibukota Hanga Roa. Pulau ini terkenal dengan banyaknya patung-patung (moai), patung berusia 400 tahun yang dipahat dari batu yang kini terletak di sepanjang garis pantai.

17. SIAN KA'AN, MEKSIKO

Sian Ka'an berarti 'Asal-usul Langit' dalam bahasa Maya. Situs ini memiliki hutan tropis, hutan bakau dan rawa, serta bagian laut besar yang bersimpangan dengan karang penghalang. Kawasan ini menyediakan habitat bagi kekayaan flora dan fauna mengagumkan yang terdiri lebih dari 300 spesies burung, serta sejumlah besar satwa vertebrata darat khas wilayah tersebut.




18. TAMAN NASIONAL SERENGETI, TANZANIA

Taman Nasional Serengeti adalah taman nasional tertua dan paling populer di Tanzania. Diputuskan menjadi Situs Warisan Dunia pada 1981.






19. PIRAMIDA GIZA, MESIR

Piramida Giza atau piramida agung yang terbentang di hamparan padang pasir bersuhu lebih dari 35 derajat Celcius itu terdiri atas 3 Piramid besar plus satu buah Sphinx. Ketiga piramid itu adalah Khufu (Cheops), Khafre (Rakhaef/Chephren) dan Menkaure (Mycerinus) ditambah tiga piramida kecil. Masing masing dari piramid Cheops Chepren dan Mycerinus memiliki kesamaan Interior. Ada ruang raja, ruangan ratu, pintu terowongan(yang berdiameter satu seperempat meter dengan panjang 40 meter). kebanyakan penduduk pada abad tersebut terkenal sebagai petani. mereka memanfaatkan lembah sungai nil untuk dijadikan sebagai perairan mereka.

20. KANAL AMSTERDAM, BELANDA

Jalur kanal adalah daerah sepanjang tiga kanal utama Amsterdam: Herengracht, Keizersgracht dan Prinsengracht. Tiga kanal saling bersimpangan satu sama lain, membentuk bulan sabit. Jika dilihat dari atas, memberi ciri khas sendiri kota bersejarah ini. Banyak rumah di pinggir kanal dibangun di Abad Emas, era di mana Amsterdam mengenal kemakmuran dan kekayaan besar pada abad ke-17.



21. KOTA TUA SIGIRIYA, SRI LANKA

Sigiriya (batu Singa) adalah benteng dan istana batu kuno yang terletak di distrik Matale, Sri Lanka, dikelilingi oleh sisa kebun, waduk dan struktur lainnya. Merupakan destinasi wisata populer, Sigiriya juga terkenal akan lukisan kunonya.[1] Sigiriya dibangun pada masa pemerintahan Raja Kassapa I (477 – 495), dan merupakan salah satu dari tujuh Situs Warisan Dunia UNESCO di Sri Lanka.



22. GIANT'S CAUSEWAY, INGGRIS DAN IRLANDIA UTARA

Giant's Causeway adalah sekumpulan kolom basalt yang terbentuk karena letusan vulkanik. Kebanyakan kolom-kolom ini berbentuk heksagonal, meskipun ada juga yang punya empat, lima, tujuh, atau delapan sisi. Kolom tertinggi mencapai ketinggian 12 meter, sementara lava yang memadat di tebing ketebalannya mencapai 28 meter.
Kolom-kolom ini terletak di County Antrim, pantai timur laut Irlandia Utara, sekitar tiga mil (4,8 km) sebelah timur laut kota Bushmills. Giant's Causeway dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1986, dan Cagar Alam Nasional pada tahun 1987 oleh Departemen Lingkungan Irlandia Utara.

23. LAUT WADDEN, DENMARK, JERMAN DAN BELANDA

Dataran pasang-surut (dataran Wadden) antara Den Helder, Belanda dan Esbjerg, Denmark adalah dataran yang terluas di dunia dengan arus pasang-surut yang terus-menerus dan juga salah satu merupakan daerah terakhir di Eropa di mana alam masih berkembang tanpa sentuh tangan manusia. Supaya ini tetap bisa berlanjut, negara-negara bagian Jerman yang berada di tepi laut mendeklarasikan daerah ini sebagai Taman Nasional: Pada tahun 1985 laut Wadden Schleswig-Holstein, tahun 1986 di daerah Lower Saxony (Niedersachsen) dan pada tahun 1990 laut Wadden di Hamburg. Laut Wadden di ketiga tempat ini termasuk dalam daftar Warisan Dunia UNESCO

24. KUIL APOLLO EPICURIUS DI BASSAE, YUNANI

Terletak di lereng gunung terpencil di Peloponnese, Kuil Apollo Epicurius di Bassae adalah kuil Yunani terawat baik dan tidak biasa. Itu dibangun di suatu tempat antara 450 dan 400 SM. Kuil ini sejajar utara-selatan, berbeda dengan sebagian besar kuil Yunani yang sejajar timur-barat. Candi tidak biasa dalam hal ini memiliki contoh dari ketiga perintah yang digunakan dalam arsitektur klasik Yunani kuno. Bentuk kolom Doric Ionic peristyle sementara kolom dukungan teras dan kolom Korintus fitur di pedalaman. Kuil Apollo Epicurius saat ini tercakup dalam tenda untuk melindungi reruntuhan dari unsur-unsur.

25. ISTNA DAN TAMAN VERSAILLES, PRANCIS

Istana Versailles, yang dibangun dan didandani oleh beberapa generasi arsitek, pemahat, dekorator, arsitek lanskap Perancis termasyur, adalah salah satu istana kerajaan terbesar di dunia dan merupakan model ideal tempat tinggal raja-raja selama lebih dari satu abad. Pembangunan kompleks Trianon dan Taman Versailles adalah hasil karya satu setengah abad yang ditugaskan oleh raja-raja Perancis kepada seniman-seniman kenamaan mereka.Versailles adalah tempat tinggal utama raja-raja Perancis mulai dari Louis XIV sampai Louis XVI (dari 1682-1789) dan menjadi sumber dan simbol kekuasaan absolut raja selama Rezim Ancien.

26. SITUS MAYA COPAN, HONDURAS

Copan merupakan ibu kota di periode Classic yang berlokasi di Honduras bagian barat. Situs ini dekat dengan perbatasan Guatemala. Tempat ini memiliki benda peninggalan bersejarah, komplek luas yang diisi dengan piramida, plaza dan istana. Bangunan ini terbuat dari batu serta batu bata.




27. TAOS PUEBLO, NEW MEXICO

Rumah dari lumpur ini sudah menjadi kediaman suku India Publeo selama 7 Abad untuk tempat tinggal , gudang dan tempat upacara. Jika anda mengunjungi daerah ini , anda harus menunjukkan respek , karena tempat ini merupakan tempat terlarang yang tidak dibuka untuk umum .



28. STONEHENGE, AVEBURY, WILTSHIRE

Stonehenge merupakan suatu bangunan yang dibangun pada zaman Perunggu, dan Neolitikum. Ia terletak berdekatan dengan Amesbury di Wiltshire, Inggris, sekitar 13 kilometer barat laut Salisbury. Sebagai salah satu situs yang paling terkenal di dunia, Stonehenge merupakan lingkaran batu tegak yang berada di dalam lingkup tembok tanah.
Terdapat pertikaian mengenai usia sebenarnya lingkaran batu tersebut, tetapi kebanyakan arkeolog memperkirakan bahwa bangunan tersebut didirikan antara 3.000 SM hingga 2.000 SM. Pada tahun 2008, penanggalan radiokarbon menunjukkan bahwa batu pertama didirikan antara 2400 hingga 2200 SM. Sedangkan teori lain mengindikasikan bahwa batu biru (bluestone) didirikan sekitar 3.000 SM.

29. CANDI BOROBUDUR, INDONESIA

Borobudur adalah sebuah candi Buddha yang terletak di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Lokasi candi adalah kurang lebih 100 km di sebelah barat daya Semarang, 86 km di sebelah barat Surakarta, dan 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta. Candi berbentuk stupa ini didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan wangsa Syailendra. Borobudur adalah candi atau kuil Buddha terbesar di dunia, sekaligus salah satu monumen Buddha terbesar di dunia.


30. TOWER OF LONDON, LONDON

Menara London adalah kastil bersejarah yang terletak di pusat kota London, Inggris di tepi utara Sungai Thames. Kastil ini terletak di dalam kawasan London Borough of Tower Hamlets dan terpisah dari ujung timur kota London oleh ruang terbuka yang dikenal sebagai Bukit Menara. Kastil ini didirikan pada tahun 1066 sebagai bagian dari Penaklukan Normandia di Inggris.
Menara Putih, yang merupakan bagian terpenting dari kastil ini dibangun pada tahun 1078 oleh William sang Penakluk, dan merupakan simbol dari kebencian dan penindasan yang ditimpakan pada London oleh para elit penguasa baru. Menara London pernah digunakan sebagai penjara sejak tahun 1100, meskipun itu bukan tujuan utama dari pembangunan kastil ini. Pada awalnya, kastil ini dimaksudkan sebagai sebuah istana megah yang akan difungsikan sebagai kediaman resmi kerajaan.
Secara keseluruhan, Menara London merupakan kompleks dari beberapa bangunan yang ditempatkan di dalam dua cincin konsentris dari tembok pertahanan dan parit. Sepanjang sejarahnya, beberapa perluasan pernah dilakukan, terutama dimasa pemerintahan Richard I, Henry III dan Edward I pada abad ke-12 dan 13. Tata letak yang berlaku sekarang ini ditetapkan pada abad ke-13.

31. COSTIERA AMALFITANA, ITALIA

Amalfi adalah kota (komune) di region Campania di provinsi salerno, Italia , terletak di pantai Teluk Salerno , sekitar 40 km dari kota Naples . Kota ini terletak di mulut ngarai yang dalam di lereng Monte Cerreto , Kota ini dikelilingi oleh tebing. Amalfi adalah kota yang terletak di pinggir laut sehingga menyebabkan sebagai kota perdagangan di Laut mediterania.



32. KREMLIN DAN LAPANGAN MERAH, RUSSIA

Kremlin adalah benteng bersejarah di pusat kota Moskwa yang dibangun dari batu bata pada abad ke-15. Kremlin berbatasan dengan sungai moskow di selatan, Katedral Santo Basil dan lapangan merah di timur, dan Taman Alexander di barat. Panjang temboknya lebih dari 2 km, tingginya hingga 19 m, lebarnya 3,5 - 6,5 m, luasnya 27,5 ha.
Kremlin mempunyai 20 menara. Yang paling terkenal darinya ialah Menara Spasskaya (tingginya 67,3 m) dengan jam bergaris tengah 6 m. Di Kremlin ada peninggalan lama seperti gereja-gereja dengan tempat pemakaman tsar-tsar Rusia. Di sini juga terdapat balai senjata di mana terdapat bermacam-macam barang pusaka termasuk kereta kuda, mahkota, pakaian, perhiasan dan senjata kepunyaan tsar.

33. YELLOWSTONE NATIONAL PARK, AS

Yellowstone National Park adalah taman nasional di Amerika Serikat. Terletak di negara bagian Wyoming, Montana, dan Idaho. Meliputi 3.468 mil² (8.983 km²). Yellowstone National Park merupakan taman nasional tertua di dunia, didirikan pada tanggal 1 Maret 1872 saat Presiden Amerika Serikat Ulysses S. Grant menandatangani hukum untuk mengesahkannya.
Yellowstone National Park terkenal akan geyser dan sumber air panasnya. Geyser terkenal di dunia, Old Faithful Geyser, ada di sini. Di sini juga hidup beruang grizzly, serigala, bison dan rusa. Banyak wisatawan mancanegara mengunjungi tempat ini untuk menyaksikan kehidupan margasatwa dan keindahan alamnya.
Dan pada tahun 1979 Taman Nasional Yellowstone diterima sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO.

34. BRYGGEN, NORWEGIA

Secara harafiah, Bryggen berarti "dermaga" dalam bahasa Norwegia. Pada perkembangannnya, istilah Bryggen lebih terkenal sebagai lokasi wisata di Bergen. Bryggen merupakan sederetan bangunan kayu yang sangat tua dipinggir teluk kota Bergen. Kota Bergen dibangun pada tahun 1070 sedangkan Bryggen merupakan bagian tertua dari kota Bergen. Pada tahun 1360, dermaga (lokasi Bryggen saat ini) dibangun kantor Hanseatic League (aliansi perdagangan Eropa Utara). Kantor tersebut menjadikan dermaga ini berkembangan sangat pesat dan membuat Bryggen menjadi pusat perdagangan yang sangat penting di Eropa. Untuk menguasai perdagangan di Eropa, bangunan-bangunan di Bryggen lambat laun diambil alih oleh para pedagang dari Hanseatic. Bangunan-bangunan tersebut digunakan sebagai gudang terutama untuk ikan dari Norwegia bagian utara dan sereal dari Eropa. Karena bangunannya terbuat dari kayu, Bryggen telah mengalami kebakaran beberapa kali dan kemudian dibangun kembali. Bryggen telah ditetapkan sebagai warisan budaya oleh UNESCO sejak 1979.

35. TAJ MAHAL, INDIA

Tāj Mahal adalah sebuah monumen yang terletak di Agra, India. Dibangun atas keinginan Kaisar Mughal Shāh Jahān, anak Jahangir, sebagai sebuah musoleum untuk istri Persianya, Arjumand Banu Begum, juga dikenal sebagai Mumtaz-ul-Zamani atau Mumtaz Mahal. Pembangunannya menghabiskan waktu 22 tahun (1630-1653) dan merupakan sebuah adi karya dari arsitektur Mughal.
Shah Jahan, kaisar dari Kekaisaran Mughal memiliki kekayaan yang besar selama masa kejayaannya. Pada 1631 istri ketiganya dan merupakan istri yang paling dicintainya wafat sewaktu melahirkan putrinya Gauhara Begum, anak ke-14 mereka.
Pada tahun 1983 Taj Mahal diterima sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO


36. VENESIA, ITALIA

Keseluruhan kota ini dianggap sebagai Situs Warisan Dunia karena sejarah dan keindahannya. Dijuluki sebagai “kota terindah yang pernah dibangun manusia”, kota ini terkenal karena keindahan bangunan-bangunan Eropa, gereja-gerejanya, serta kanal-kanalnya yang romantis. Dulunya, kota ini pernah berstatus sebagai negara dengan nama Republik Venesia dan menjadi pusat perdagangan terpenting di Eropa. Kini, kota ini lebih terkenal dengan industri pariwisatanya.


37. KEPULAUAN SOCOTRA, YAMAN

Sokotra adalah kepulauan kecil yang terletak di Samudera Hindia. Kepulauan ini terletak 80 km sebelah timur dari Tanduk Afrika, dan 380 km sebelah selatan dari Jazirah Arab.[1] Kepulauan ini sangat terisolasi, sehingga 1/3 dari floranya tidak dapat ditemui di tempat lain selain di kepulauan ini.
Sokotra merupakan bagian dari wilayah Republik Yaman. Pulau ini sudah lama menjadi bagian Kegubernuran 'Adan, namun pada tahun 2004 masuk Kegubernuran Hadhramaut, yang lebih dekat ke kepulauan tersebut ketimbang Adan (walaupun kegubernuran yang terdekat adalah Al-Mahrah).

38. CHICHEN-ITZA, MEKSIKO

Chichén Itzá adalah suatu Situs Peradaban Maya di Meksiko pada abad 800 SM. Piramida Kukulcan di kompleks situs bersejarah ini dipercaya sebagai pusat kegiatan politik dan ekonomi peradaban bangsa Maya yang terletak di Semenanjung Yucatan (kini wilayah Meksiko). Itza merupkan titik sentral kompleks bangunan lainnya seperti Piramida Kukulcan, Candi Chac Mool, dan bangunan Seribu Tiang



39.TAMAN NASIONAL YOSEMITE, AS

Taman Nasional Yosemite adalah taman nasional yang terletak di sebelah timur California, Amerika Serikat. Taman nasional ini mencakup luas daerah sebesar 3,080.74 km2. Lebih dari 3,7 juta orang mengunjungi taman nasional ini setiap tahunnya. Kebanyakan orang menghabiskan waktu mereka di Lembah Yosemite. Taman nasional ini termasuk dalam salah satu Situs Warisan Dunia yang dikenal karena tebing granit, air terjun, Sequoia raksasa serta keanekaragaman hayatinya. Sekitar 95% daerahnya dibuat menjadi area yang liar.

40. ROCK ISLANDS SOUTHERN LAGOON, PALAU

Sebuah laguna cantik terletak di sebelah selatan terdiri dari 445 pulau kapur, pulau vulkanik, dan sebagainya. Laguna ini memiliki koleksi terbesar dunia dari danau laut, sistem terumbu karang yang mempunyai lebih dari 385 spesies.






41. TELUK HA LONG, VIETNAM

Teluk Ha Long adalah sebuah teluk seluas ±1.500 km² di sebelah utara Vietnam dengan garis pantai sepanjang 120 km. Teluk ini berada di dalam teluk Tonkin dekat perbatasan dengan Republik Rakyat Tiongkok, berjarak sejauh 170 km dari Hanoi.
Sejak tahun 1994, Teluk Halong ditetapkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO.[1] Kemudian pada tahun 2012, teluk tersebut menjadi salah satu dari 7 kejaiban dunia versi New 7 Wonders Foundation.
Teluk ini terdiri dari 1.969 pulau-pulau batu kapur yang menjulang secara spektakuler dari laut. Beberapa pulau memiliki sejumlah besar gua. Hang Đầu Gổ (Gua Pasak Kayu) adalah gua terbesar di wilayah Ha Long. Turis Perancis yang mengunjunginya pada akhir abad ke-19 menamainya Grotte des Merveilles. Tiga buah ruangan guanya mengadung sejumlah besar stalaktit dan stalagmit.

42. HIERAPOLIS-PAMUKKALE, TURKI

Pamukkale, yang berarti "benteng kapas" dalam bahasa Turki, adalah sebuah situs alam di Provinsi Denizli di Turki barat daya. Kota ini berisi air panas dan travertine, mineral karbonat yang ditinggalkan oleh air yang mengalir. Ini terletak di wilayah Turki Aegea dalam, di lembah Sungai Menderes, yang memiliki iklim sedang untuk sebagian tahun.
Yunani-Romawi kuno dan kota Bizantium dari Hierapolis dibangun di atas "benteng" putih yang secara keseluruhan panjangnya sekitar 2,700 metres (8,860 ft), lebar 600 m (1,970 ft) dan tinggi 160 m (525 ft). Hal ini dapat dilihat dari bukit-bukit di sisi berlawanan dari lembah di kota Denizli, 20 km jauhnya.

43. TAMAN NASIONAL TONGARIRO, SELANDIA BARU

Tongariro National Park adalah taman nasional yang tertua di Selandia Baru, terletak di pusat Pulau Utara. Taman ini telah diakui oleh UNESCO sebagai salah satu dari 28 campuran budaya dan alam Situs Warisan Dunia.





44. TRINIDAD DAN VALLEY DE LOS INGENIOS, KUBA

Didirikan oleh bangsa Spanyol pada awal abad keenambelas untuk menghormati Allah Tritunggal Maha Kudus, Trinidad adalah contoh menakjubkan kota kolonial. Menjelang penghujung abad kedelapanbelas, industri gula didirikan dekat Lembah Ingenios (Valle de los Ingenios) dan menjadikan Trinidad makmur; sebelum 1796 Trinidad merupakan kota terbesar ketiga di Kuba.
Keindahan kota Trinidad sekarang berasal dari keindahan gedung-gedung yang berasal dari abad kedelapanbelas dan kesembilanbelas, seperti Palacio Brunet dan Palacio Cantero. Valle de los Ingenios adalah museum hidup industri gula, menampilkan tujuh puluh lima puing-puing pabrik gula, rumah-rumah musim panas, barak-barak, dan fasilitas-fasilitas lain yang berhubungan dengan industri gula.
Menara Manaca-Iznaga yang terkenal, yang didirikan pada 1816, memiliki ketinggian 45 m dan pada waktu itu bunyi bel-nya menandakan awal dan akhir jam kerja di perkebunan-perkebunan gula.

45. KOTOR, MONTENEGRO

Kotor merupakan sebuah kota yang terletak di barat Montenegro. Kota ini letaknya di dekat Teluk Kotor. Didirikan pada tahun 168 SM. Dikenal dengan nama Acruvium, Ascrivium, atau Ascruvium. Penduduknya berjumlah 5.341 jiwa (kota), 22.947 jiwa (munisipalitas).
Beberapa bangunan kuno di Kotor ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada 1979.



46. PORTOVENERE, CINQUE TERRE DAN PULAU-PULAU (PALMARIA, TINO DAN TINETTO), ITALIA

Portovenere adalah sebuah kota kecil di pesisir Ligurian, Italia. Kota ini terdiri dari tiga desa, yakni Fezzano, Le Grazie, dan Porto Venere. Di sekitarnya juga terdapat beberapa pulau kecil.
Pada 1997, Portovenere dijadikan Situs Warisan Dunia oleh UNESCO. Kota ini berada di tepi pantai, dan terkenal dengan bangunannya yang berwarna-warni.
Meski cantik, ternyata kota kecil ini banyak ”bertarung” dengan cuaca. Kota ini baru saja merapikan diri dari badai lumpur Oktober lalu. Portovenere kini telah bersiap menyambut wisatawan dengan pemandangan kota tepi pantai yang cantik dihiasi bangunan berwarna-warni, perahu-perahu kecil berseliweran serta gereja bergaya gotik di puncak bukitnya.

47. BUTRINT, ALBANIA

Butrint (Bothrota) adalah kota dan sebuah situs arkeologi di Kabupaten Sarandë, Albania, sekitar 14 kilometer selatan Sarandë dan dekat perbatasan Yunani. Butrint merupakan salah satu sejarah reruntuhan kota kuno yang ada di dunia. Kota ini terletak di sebuah bukit yang menghadap Selat Vivari dan bagian dari Taman Nasional Butrint, yang dihuni sejak zaman prasejarah. Cagar alam di sekitar Butrint adalah rumah bagi banyak spesies langka binatang dan tanaman.


48. ITCHAN KALA, UZBEKISTAN

Itchan Kala adalah sebuah kota yang dibangun di dalam tembok tinggi di Khiva, Uzbekistan. Kota tua ini memiliki banyak monumen bersejarah dan rumah-rumah tua, yang sebagian besar berasal dari abad kedelapan belas atau sembilan belas.
Fitur paling spektakuler yang dimiliki oleh Itchan Kala adalah situs dinding bata dan empat gerbang yang dibangun mengelilingi kota tersebut. Tembok kota ini sempat hancur beberapa kali, namun mereka selalu dibangun kembali.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More