Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan ~ Putra Gantiwarno
Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan

Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan – Brokoli, sayuran ‘cantik’ yang sebagian orang menyukainya dan ada pula yang membencinya. Namun demikian, tidak ada alasan untuk membantah bahwa brokoli memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Senyawa-senyawa yang ada pada brokoli diketahui dapat menjaga kesehatan tubuh dan mencegah berbagai timbulnya penyakit. Ada setidaknya 10 manfaat brokoli yang bisa kita dapatkan. Apa saja itu?

Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan

Manfaat brokoli | gambar brokoli1. Menjaga sistem saraf
Brokoli mengandung kalium yang tinggi, yang membantu menjaga sistem saraf yang sehat dan fungsi otak yang optimal, serta mendorong perkembangan otot.
2. Mengatur tekanan darah
Brokoli juga diketahui mengandung magnesium dan kalsium yang dapat membantu dalam mengatur tekanan darah
3. Melawan radikal bebas
Secangkir brokoli mengandung vitamin C yang tinggi, antioksidan yang diperlukan untuk melawan radikal bebas. Selain itu, vitamin C adalah antihistamin yang efektif untuk meringankan ketidaknyamanan dari flu yang menyerang.
4. Menjaga kesehatan tulang
Brokoli mempunyai kandungan kalsium dan vitamin K yang tinggi. Keduanya sangat penting bagi kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis.
5. Menjaga kesehatan kulit
Brokoli sangat membantu dalam memperbaiki kulit yang rusak dikarenakan hal-hal tertentu seperti luka akibat sinar matahari. Glucoraphanin yang terkandung di dalam brokoli dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit.
6. Menjaga sistem kekebalan tubuh
Secangkir brokoli mengandung beta-karoten yang tinggi, yang dapat menjaga sistem kekebalan tubuh. Kandungan mineral-mineral seperti seng dan selenium adalah aktor utama yang menjaga pertahanan kekebalan tubuh.
7. Mencegah kanker
Brokoli mengandung glucoraphanin, dimana tubuh akan memprosesnya menjadi senyawa anti-kanker, sulforaphane. Senyawa ini akan mengusir bakteri yang ada di tubuh, Helicobacter pylori, sebuah bakteri yang diketahui dapat meningkatkan risiko kanker lambung. Selain itu, brokoli mengandung indole-3-carbinol, sebuah senyawa antioksidan dan anti-karsinogen yang hebat dalam menghambat pertumbuhan kanker payudara, kanker prostat, kanker leher rahim (kanker serviks), serta dapat meningkatkan fungsi hati.
8. Tinggi serat
Brokoli kaya akan serat, yang dapat membantu pencernaan, mencegah sembelit, mempertahankan kestabilan gula darah, dan membantu anda dalam mencegah makan yang berlebihan. Selain serat, secangkir brokoli juga mengandung protein yang tinggi, hampir sama dengan secangkir beras atau jagung, namun dengan kalori yang lebih sedikit.
9. Menjaga kesehatan mata
Brokoli diketahui juga dapat membantu menjaga kesehatan mata. Penelitian menunjukkan bahwa karotenoid lutein (pigmen organik) yang terdapat pada brokoli dapat mencegah degenerasi makular terkait usia dan juga katarak, serta memiliki efek anti kanker. Selain itu, brokoli merupakan sumber utama vitamin A yang diperlukan untuk membentuk retina.
10. Menjaga kesehatan jantung
Karotenoid lutein yang terkandung dalam brokoli dapat memperlambat atau mencegah penebalan arteri dalam tubuh manusia, sehingga dapat memerangi penyakit jantung dan stroke. Vitamin B6 dan asam folat dalam brokoli juga dapat mengurangi aterosklerosis, radang pada pembuluh darah manusia.
Itulah beberapa manfaat brokoli bagi kesehatan. Masih tidak menyukai brokoli? Pikirkan lagi… Semoga artikel ini bermanfaat.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More