Manfaat Daun Cincau ~ Putra Gantiwarno
Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

Manfaat Daun Cincau

Manfaat Daun Cincau – Daun cincau bisa kita temukan dengan mudah karena umumnya dapat tumbuh secara liar di pekarangan rumah. Untuk masyarakat luas, daun cincau ini bisa dikonsumsi sebagai bahan pengobatan tradisional beragam penyakit. Berikut ini beberapa manfaat daun cincau yang disesuaikan dengan kebutuhan dan beragam permasalahan medis yang seringkali terjadi di kalangan masyarakat.

Manfaat Daun Cincau untuk bahan Pengobatan

  1. Sebagai Obat Anti Inflamasi
Cincau memiliki zat klorofil yang cukup besar pada bagian daunnya. Zat ini bisa meredakan peradangan yang terjadi karena bakteri atau kuman pada bagian tertentu. Manfaatnya, daun cincau bisa ditumbuk dan ditambah dengan sedikit garam lalu dioles pada bagian yang sakit, lakukan 3 kali sehari.
  1. Sebagai Obat Demam
Daun cincau memiliki kandungan saponin dan khasiat antioksidan yang berperan penting untuk menurunkan demam. Minumlah air rebusan cincau setelah air disaring 2 kali sehari.
  1. Sebagai Obat Diabetes Mellitus
Daun cincau memiliki kandungan senyawa bisbenzilsokuinolin dan juga klorofil yang berguna untuk menstabilkan kadar gula darah. Hal ini akan mampu memperbaiki kinerja hormon insulin pankreas dalam hal mengatur kadar gula dalam darah. Bila mengonsumsi air rebusan daun cincau ini dengan teratur, sebanyak 200 ml 2 kali sehari.
Manfaat Daun Cincau untuk Kesehatan dan Pengobatan
Manfaat Daun Cincau untuk Kesehatan dan Pengobatan
  1. Sebagai Obat Radang Lambung
Mengandung vitamin C dan khasiat antioksidan yang ada dalam daun cincau akan membantu klorofil dalam mengatasi radang lambung yang diderita oleh seseorang yang punya kelainan pada bagian asam lambungnya. Senyawa ini, akan memperkuat otot dinding lambung untuk proses membunuh bakteri yang menjadi penyebab penyakit pada lambung. Untuk digunakan sebagai obat radang lambung, bisa mengonsumsi rebusan daun cincau sebayak dua kali sehari.
  1. Sebagai Obat Penyakit Hipertensi
Senyawa S-S tetandrin juga memiliki manfaat untuk mengatasi hipertensi. Senyawa ini akan menyebabkan pelebaran pada pembuluh darah sehingga nantinya darah akan mengalir dengan lebih lancar. Jika sistem peredaran darah sudah lancar, maka akan dapat mengatasi tekanan darah yang semula tinggi dan akhirnya akan kembali normal. Untuk obat darah tinggi, daun cincau baik bila dikonsumsi tiga kali seminggu.
  1. Sebagai Obat Keracunan Akibat seafood
Khasiat makanan laut memang amat baik bagi tubuh, tapi makanan seperti udang dan cumi bisa menimbulkan keracunan. Senyawa antioksidan pada daun cincau akan membantu seseorang yang mengalami keracunan seafood. Cara penggunaan daun cincau untuk obat keracunan, remas 5 hingga 10 lembar daun cincau sampai air yang dihasilkan menjadi hijau. Lalu minumlah ramuan ini dengan memakai gula jawa.
  1. Sebagai Obat Sakit Tipes
Senyawa tokoferol, antioksidan dan mineral fosfor dari daun cincau akan meningkatkan sistim imun tubuh untuk orang yang menderita penyakit tipes. Konsumsilah rebusan daun cincau, sebanyak tiga kali dalam sehari.

Manfaat Daun Cincau Bagi Kesehatan Lainnya

  1. Untuk Mengatasi permasalahan otot
Terdapat senyawa dimetil kurin-1 dimetoidida yang pada daun cincau berfungsi untuk membantu mengatasi permasalahan otot diantaranya otot kaku, pegal dan juga nyeri. Juga untuk membantu proses peregangan otot pada saat dioleskan sebagai obat salep ataupun diminum berbentuk rebusan.
Manfaat Daun Cincau
Manfaat Daun Cincau
  1. Efektif untuk atasi kanker
Adapun manfaat daun cincau punya senyawa isokandrodendrin dan S-S tetandrin yang berguna untuk mematikan sel tumor yang dapat menjadi sel kanker. Selain itu pula, kedua senyawa ini bisa meningkatkan sistim imunitas tubuh kita, sesudah mengolahnya dahulu jadi rebusan ataupun agar-agar.
  1. Untuk Mematikan sel tumor
Terdapat senyawa isokandrodendrin yang dapat mematikan sel tumor yang menyerang bagian organ tertentu seperti ginjal, hati dan lambung. Daun cincau bisa dikonsumsi dalam bentuk air rebusan, agar, ataupun serbuk sebanyak tiga kali sehari sebagai obat anti tumor.
  1. Untuk Mengatasi diare
Terdapat senyawa alkaloid dalam daun cincau yang mengandung manfaat vitamin C dan manfaat vitamin B yang mampu mengatasi masalah diare sesudah dikonsumsi dengan teratur sebanyak tiga kali sehari. Senyawa alkaloid dapat membantu membunuh kuman penyakit yang ada dalam makanan dan untuk meningkatkan penyerapan sari makanan dalam tubuh.
  1. Sebagai Pencegah Osteoporosis
Terdapat kandungan mineral magnesium, kalsium dan juga fosfor yang termasuk cukup tinggi dalam daun cincau berguna untuk regenerasi sel-sel tulang yang telah keropos. Kandungan yang bermanfaat tersebut, untuk memberikan nutrisi tulang dalam membentuk sel-sel darah yang rusak. Hal ini untuk menjaga kesehatan tulang meski mencapai usia lanjut akan dapat tetap lebih terjaga.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More