Manfaat Sirih Merah ~ Putra Gantiwarno
Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

Manfaat Sirih Merah

Daun Sirih Merah – Siapa yang tidak mengenal daun sirih ini, daun sirih ini sangatlah popular dalam dunia obat herbal. Karena daun sirih merah tersendiri memiliki banyak manfaat yang dimana dapat mengobati  berbagai macam penyakit. Kandungan senyawa yang sangat bermanfaat bagi kesehatan yang mampu untuk menyembuhkan  berbagai penyakit yang ringan maupun yang berat.

Daun sirih merah banyak di gunakan sebagai tanaman hias untuk meneduhkan rumah, karena tanaman ini bisa merambat dan lebat. Kali ini kami akan membahas tentang beberapa manfaat daun sirih merah yang bisa membantu permasalahan anda:

Kumpulan Manfaat Tersembunyi Daun Sirih Merah

  • Mengobati mimisan
Daun sirih merah mengandung fenil popada dan terpen yang di mana dapat membantu menghentikan darah pada saat mimisan. Caranya sangat mudah hanya tinggal mengambil 1 lembar daun sirih merah lalu gulung dan masukkan pada lubang hidung yang mimisan / mengeluarkan darah. 

manfaat daun sirih merah
  • Obat luka bakar ringan
Kandungan zat alkaloid dan vitamin C yang terdapat pada daun sirih merah dapat membantu terjadinya peradangan yang terjadi pada daerah kulit yang terbakar . Caranya yaitu hanya menumbuk 3 – 5 lembar daun sirih merah kemudian campur dengan 2 sendok teh madu dan oleskan pada luka bakar tersebut. Lakukan sehari dua kali.
  • Obat mata merah
Untuk mengatasi mata yang merah di akibatkan iritasi kita dapat mengatasinya dengan menggunakan daun sirih merah. Karena terdapat senyawa alkaloid yang di mana sangat berperan sebagai anti radang dan anti bakteri . Untuk mengobatinya kita hanya cukup menyediakan 20 lembar daun sirih merah lalu rebuslah hingga mendidih , kemudian saring dan tunggu dingin lalu kompreskan pada mata atau gunakan sebagai pembasuh mata kurang lebih selama 10 menit.
  • Obat radang prostat
Mengalami radang prostat pada pria merupakan permasalahan yang harus dan segera di obati, dan kita bisa menggunakan obat herbal dengan memanfaatkan daun sirih merah. Karena dalam sirih merah mengandung tannin saponin dan hidroksicavicol yang dimana dapat membantu mempercepat regenerasi sel- sel pada kelenjar prostat agar berfungsi kembali. Caranya hanyalah merebus 3 – 7 lembar daun sirih merah yang masih muda dan minumlah sehari 3 kali.
  • Obat payudara bengkak
Ibu menyusui biasanya akan mengalami bengkak pada payudaranya, tapi tak perlu binggung lagi kita dapat menggunakan daun sirih untuk meringankannya. Caranya cukup dengan membakar daun sirih merah hingga layu lalu tempelkan daun sirih yang masih hangat pada payudara yang mengalami bengkak.kandungan allyprokatecol dan karvakrol dalam daun sirh dapat membantu untuk merenggangkan otot – otot payudara dikarenakan terlalu banyaknya untuk mengeluarkan ASI.

Demikianlah manfaat daun sirih merah untuk kesehatan, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More