Resep Wedang Tape Singkong ~ Putra Gantiwarno
Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

Resep Wedang Tape Singkong

Wedang tape terbuat dari tape singkong yang matang dan manis lalu diberi air panas. Wedang tape ini bisa diminum dalam keadaan hangat maupun dingin. Tape singkong lebih terkenal sebagai salah satu olahan camilan yang gemar dinikmati masyarakat Indonesia. Tape yang berbahan dasar singkong ini terbuat dari proses fermentasi.
Proses fermentasi singkong harus benar-benar steril dari kontak dengan udara luar. Jadi jika ingin mendapatkan manfaat tape yang sehat, proses fermentasi harus dijamin terjadi dengan sempurna. Dengan fermentasi yang sempurna akan menghasilkan olahan makanan yang sehat dan enak juga. Salah satu contohnya adalah wedang tape singkong. Berikut cara pembuatan wedang tape singkong.


Bahan-bahan
  • 200 gram tape singkong, potong sesuai selera
  • 150 gram gula merah
  • 2 lembar daun pandan, simpulkan
  • 1 liter air
  • 50 gram gula pasir
  • 1 batang kayu manis
Cara membuat
  1. Rebus air, daun pandan, kayu manis, gula pasir, dan gula merah hingga mendidih, angkat dan saring. Pastikan air rebusan sudah beraroma daun pandan dan kayu manis.
  2. Siapkan 5 gelas tahan panas, letakkan tape yang sudah dipotong pada masing-masing gelas dengan takaran yang sama. Tuangi dengan air rebusan gula merah pandan.
  3. Hidangkan hangat-hangat.

Salah satu tips dalam memilih tape singkong adalah pilihlah tapa singkong yang berwarna kuning karena tape yang berwarna kuning lebih banyak mengandung vitamin A dibandingkan dengan tape singkong yang berwarna putih. Tape yang digunakan sebaiknya tape yang sudah matang agar ketika anda makan wedang tape ini rasanya enak dan empuk ketika digigit.
Tape singkong mempunyai banyak kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan. Salah satunya adalah sebagai sumber karbohidrat. Wedang tape singkong dapat digunakan sebagai makanan pembuka puasa atau sebagai camilan sebelum anda makan makanan berat. Selamat mencoba!
Sumber gambar: farlys.com

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More