Manfaat Buncis ~ Putra Gantiwarno
Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

Manfaat Buncis

Tips Sehat dan Cantik – Buncis adalah sejenis polong-polongan yang bisa dimakan baik secara langsung atau pun dengan dimasak terlebih dahulu. Baik buah, biji, atau pun daunnya telah banyak dimanfaatkan sebagai sayuran. Sayuran buncis sangat kaya akan kandungan gizi dan nutrisinya serta jenis sayuran yang satu ini dipercaya berasal dari wilayah Amerika Selatan.

Meskipun buncis sendiri bukan berasal Indonesia, namun Indonesia merupakan salah satu Negara yang memproduksi buncis terbesar didunia. Buncis bisa menyebar hampir keseluruh dunia dikarenakan oleh penjajah Spanyol yang memperkenalkan buncis keseluruh wilayah eropa yang pada akhirnya bisa sampai ke Negara tercinta Kita yakni Indonesia.

Buncis mempunyai nama latin Phaseolus Vulgaris. Sayuran buncis sangat cocok sekali ditanam dan dibudidayakan pada dataran medium maupun dataran tinggi. Tanaman buncis bisa Kita bedakan menjadi 2 macam, yaitu buncis tipe merambat dan tipe tegak.

Manfaat Buncis yang Menakjubkan Untuk Kesehatan
Buncis mengandung beberapa kandungan gizi yang sangat diperlukan oleh tubuh manusia. Beberapa kandungan gizi tersebut diantaranya adalah Vitamin A, Vitamin B1, B2, B3, B6, B11, Vitamin C, Lemak, Protein, Kadar abu, Mangan, Molibdenum, Magnesium, Potasium, Zat besi, Fosfor, Kalsium, Tembaga, Karbohidrat, Serat kasar, dll.

Pada umumnya, buncis seringkali dijadikan sebagai bahan utama dalam masakan sehari-hari. Selain rasanya yang enak, buncis juga sangat baik untuk kesehatan tubuh Kita. Dibawah ini terdapat beberapa manfaat buncis yang menakjubkan untuk kesehatan, diantaranya:

Manfaat Buncis Bagi Kesehatan


1. Mengontrol glukosa
Buncis memiliki kadar protein yang cukup tinggi dan protein yang dimilikinya itu tidak jauh berbeda dengan protein yang ada pada telur. Apabila sayuran buncis ini dimasak dengan benar, maka protein yang ada didalamnya akan terserap dengan sempurna oleh tubuh Anda. Sehingga, hal tersebut dapat bermanfaat untuk mengontrol glukosa atau kadar gula dalam darah.

2. Menjaga jantung tetap sehat
Mengonsumsi buncis minimal 4 kali dalam seminggu bisa membantu organ jantung Anda untuk tetap dalam kondisi terbaiknya. Hal ini bisa terjadi lantaran buncis mengandung asam folat didalamnya.

3. Melancarkan sistem pencernaan
Buncis sendiri termasuk kedalam keluarga kacang sehingga tidaklah mengherankan kalau buncis mengandung serat yang sangat tinggi. Serat tentunya sangat dibutuhkan oleh tubuh karena bermanfaat untuk membantu melancarkan sistem pencernaan. Sistem pencernaan yang baik dapat mengurangi jumlah kolesterol dalam darah sehingga jantung tetap sehat. Oleh sebab itu, mengonsumsi buncis sangatlah disarankan bagi mereka yang mempunyai masalah dengan kesehatan jantungnya.

4. Terlihat lebih awet muda
Proses penuaan dini bisa dicegah dengan mengonsumsi buncis setiap harinya. Buncis mengandung antioksidan yang cukup yang bermanfaat untuk menanggal radikal bebas dan paparan sinar matahari. Untuk Anda yang ingin terlihat lebih awet muda, silahkan baca tipsnya di 7 Tips Supaya Anda Terlihat Tetap Awet Muda

5. Meningkatkan sistem metabolisme
Kandungan mineral yang ada didalam buncis, seperti mangan, kalium, zat besi, dan magnesium. Semua senyawa tersebut dapat berfungsi untuk meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Sistem metabolisme yang baik bisa meningkatkan kinerja organ tubuh yang lainnya.

6. Mengatasi batu ginjal
Serat yang tinggi dalam sayuran buncis bisa bermanfaat juga untuk melarutkan batu ginjal sekaligus mencegah terjadinya pembentukan batu pada ginjal. Oleh karena itu, banyak dokter yang menganjurkan mengonsumsi makanan yang satu ini.

7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Adanya vitamin B1, B6, dan vitamin C yang terdapat pada buncis bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang baik bisa mencegah Anda supaya tidak mudah untuk terserang penyakit.

8. Rendah kalori
Buncis mempunyai nilai kalori yang cukup rendah sehingga buncis sangat cocok untuk dikonsumsi oleh Anda yang tidak ingin mempunyai berat badan berlebih. Seperti yang Anda ketahui bahwa mempunyai berat badan berlebih bisa memicu timbulnya beragam penyakit yang dapat membahayakan kesehatan Anda.

Ternyata cukup banyak juga ya manfaat buncis yang menakjubkan untuk kesehatan Kita. Mulai dari sekarang jangan pernah ragu lagi untuk mengonsumsi sayuran hijau yang menyehatkan ini, ya!

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More