Manfaat pule ALSTONIAE CORTEX (MMI) ~ Putra Gantiwarno
Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

Manfaat pule ALSTONIAE CORTEX (MMI)

Pulai adalah nama pohon dengan nama botani Alstonia scholaris. pohon ini dari jenis tanaman keras yang hidup di pulau Jawa dan Sumatra. Dikenal juga dengan nama lokal pule, kayu gabus, lame, lamo dan jelutung. kualitas kayunya tidak terlalu keras dan kurang disukai untuk bahan bangunan karena kayunya mudah melengkung jika lembap, tapi banyak digunakan untuk membuat perkakas rumah tangga dari kayu dan ukiran serta patung. Pohon ini banyak digunakan untuk penghijauan karena daunnya hijau mengkilat, rimbun dan melebar ke samping sehingga memberikan kesejukan. Kulitnya digunakan untuk bahan baku obat. berkhasiat untuk mengobati penyakit radang tenggorokan dan lain-lain. Pohon pulai dapat mencapai tiggi sekitar 40m. Daunnya hijau mengkilap dengan bagian bawah daun berwarna lebih pucat. Daunnya menjari dengan jumlah tiga sampai sepuluh daun dan petiole sepanjang 3 cm. Bunganya mekar di bulan Oktober dan memiliki aroma yang harum. Biji dari pulai berbentuk oblong dan berambut. Kulit kayunya tidak memiliki bau namun memiliki rasa yang sangat pahit, dengan getah yang cukup banyak.
Nama Lain :Lame (Sunda),
Pule (Jawa),
Polay (Madura),
Kayu gabus (Sumatera),
Hanjalutung (Kalimantan),
Kita (Minahasa),
Rite (Ambon),
Tewer (Banda),
Aliag (Irian),
Hange (Ternate)
Nama Tanaman Asal :Alstonia scholaris (L) R.Br

Akar dari salah satu tanaman unik ini mempunyai banyak khasiat kesehatan yang baik untuk tubuh Anda. Pule pandak sendiri merupakan jenis tanaman yang akan dengan mudah Anda temui di sekitar rumah. Produksi tanaman ini juga cukup banyak. Hal ini tidak terlepas dari kandungan senyawa yang ada di dalamnya dapat mengatasi beberapa jenis penyakit yang akan menyerang tubuh Anda.
Akar pule pandak banyak diolah ke dalam bentuk pil, kapsul, dan juga bubuk agar Anda dapat dengan mudah mengonsumsinya. Mungkin bagi Anda yang hidup di perkotaan belum cukup mengenal akar ini sebagai obat karena kebanyakan yang menggunakannya sebagai bahan pengobatan tradisional yaitu masyarakat di pedesaan. Beberapa penyakit dalam maupun penyakit luar yang dapat menyerang kulit bisa Anda sembuhkan dengan akar ini.
Agar tidak salah dalam memahami manfaat dan khasiat akar pule pandak, kami berikan rincian penjelasan tentang beberapa kegunaan akar ini untuk kesehatan Anda. Berikut ini informasinya.

1. Mencegah penyakit hipertensi

Manfaat akar pule pandak yang pertama yaitu dapat mencegah penyakit hipertensi. Kandungan alami dalam akar tanaman ini akan menurunkan tekanan darah dan mencegah penyakit darah tinggi menyerang tubuh Anda.

2. Melancarkan aliran darah

Khasiat akar pule pandak mampu membuat aliran darah Anda tetap lancar. Jika Anda sering merasakan pegal dan kaku, ada kemungkinan Anda mengalami penyakit peredaran darah yang tidak lancar di dalam tubuh.

3. Mengatasi sakit kepala

Manfaat akar pule pandakakan membantu Anda mengobati sakit kepala. Kandungan senyawa dalam akar ini akan membuat gejala sakit kepala Anda menghilang dengan perlahan tanpa memberikan banyak efek samping pada tubuh.

4. Baik untuk perokok berat

Khasiat akar pule pandak sangat bagus untuk Anda yang mempunyai kecanduan terhadap rokok. Selain mengurangi jumlah rokok yang Anda gunakan setiap hari, ada baiknya Anda juga menggunakan akar ini untuk mengembalikan kesehatan tubuh Anda.

5. Penambah darah

Manfaat akar pule pandak ternyata dapat menjadi bahan penambah darah yang baik untuk tubuh Anda. Kandungan senyawa dalam akar sehat ini akan mencegah penyakit kekurangan darah, yaitu penyakit anemia.

6. Mencegah stress dan depresi

Beberapa gejala stress dan depresi bisa Anda cegah dengan memanfaatkan khasia akar pule pandak. Akar tanaman ini mampu membuat kesehatan jiwa Anda lebih baik sehingga juga dapat berdampak baik untuk untuk kesehatan fisik.

7. Mengatasi insomnia

Jika Anda sering terserang gejala kesulitan tidur atau insomnia, cobalah untuk mengatasinya dengan akar pule pandak. Akar yang menyehatkan ini akan membantu Anda untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik ketika beristirahat.

8. Mengurangi nafsu makan

Ada orang yang ingin menambah nafsu makan dan ada juga yang ingin menguranginya. Jika Anda termasuk orang yang mempunyai nafsu makan besar dan ingin menguranginya, Anda dapat menggunakan manfaat akar pule pandak.

9. Mengobati bisul

Bisul pada kulit dapat disembuhkan dengan akar pule pandak. Akar ini mampu membuat bisul di tubuh Anda cepat menua sehingga bisa dengan mudah sembuh. Kandungan senyawanya tidak akan membahayakan kesehatan kulit pada tubuh.

10. Menyembuhkan borok

Selain bisul, Anda dapat menyembuhkan borok yang muncul di kulit dengan akar pule pandak. Kandungan alami dalam akar ini akan membantu luka borok mongering dengan lebih cepat sehingga kesembuhannya lebih cepat pula.
Selain 10 manfaat dan khasiat akar pule pandak untuk kesehatan, ada lagi 5 manfaat lainnya dari akar ini yang perlu Anda ketahui. Berikut ini manfaat lainnya:

5 Manfaat dan Khasiat Akar Pule Pandak Lainnya:

  1. Mengatasi gatal pada kulit
  2. Menyembuhkan migraine
  3. Meredakan gejala pusing
  4. Menenangkan pikiran
  5. Meredakan demam tinggi
Itulah 15 manfaat dan khasiat akar pule pandak untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjaga kesehatan dengan memanfaatkan khasiat akar yang sehat pula. Pola hidup yang sehat akan lebih menguntungkan Anda nantinya di masa depan, karena kesehatan jaman sekarang merupakan hal yang mahal. Selamat mencoba.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More