12 Makanan Dan Minuman Yang Disukai Rasulullah SAW Beserta Manfaatnya ~ Putra Gantiwarno
Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

12 Makanan Dan Minuman Yang Disukai Rasulullah SAW Beserta Manfaatnya

Sebagai seorang panutan, segala tindak tanduk Rasulallah SAW sebisa mungkin ditiru oleh umat muslim di seluruh dunia. Termasuk cara beliau berpakaian, bersikap, makan, dll. Hal ini selain disebabkan karena kecintaan umat Islam kepada beliau, juga karena mengharapkan pahala dari Allah SWT.
Setiap muslim percaya bahwa semua yang dilakukan Rasulallah SAW adalah contoh baik. Selain berpahala, juga memberi manfaat terbaik bagi umat manusia. Berikut adalah 12 makanan kegemaran beliau yang ternyata juga sangat bermanfaat bagi kesehatan.

1.Barley atau Jelai

Jelai adalah sejenis gandum yang biasanya dipakai untuk membuat sereal. Rasulallah SAW pernah menyarankan memakan ini saat seseorang terkena demam.




Beliau menyarankan jelai ini diolah dalam bentuk sup yang hangat.

2.Kurma

Sudah banyak hadits yang meriwayatkan betapa Rasulallah SAW sangat menyukai kurma. Beliau bahkan mengatakan kurma adalah sebagai makanan utama. Rasulullah SAW bersabda, “Rumah yang didalamnya tidak ada kurma, penghuninya adalah orang-orang lapar.” (HR. Bukhari).



Kurma bagus untuk diberikan pada ibu hamil. Beliau bersabda, “Berikanlah kurma kepada wanita yang akan melahirkan, agar anaknya menjadi murah hati. Itu adalah makanan Maryam saat akan melahirkan Isa, sekiranya Allah mengetahui ada yang lebih baik dari itu, tentu Dia akan memberikan kepadanya.”.
Selain menguatkan tubuh, kurma juga berfungsi sebagai penawar racun dalam proses detoksifikasi. Karena itulah beliau menyarankan untuk memakan kurma saat berbuka puasa.

3.Buah Ara (buah At-Tin)

Buah ini bahkan menjadi sebuah judul surah dalam Al-Quran, yaitu Surah At-Tin. Padahal buah ini sendiri tidak tumbuh di daerah Hijaz Arab. Tanaman ini berasal dari Asia Barat. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Darda ra. “Rasulullah telah diberi hadiah satu wadah buah tin, kemudian Nabi Bersabda, ‘Makanlah!’ Lalu beliau pun memakannya dan berkata, ‘Jika engkau berkata, ‘ada buah yang diturunkan dari surga,’ maka aku bisa katakan, ‘inilah buahnya, karena sesungguhnya buah surga tanpa biji. ‘Oleh karena itu, makanlah, karena buah tin ini dapat menyembuhkan wasir dan encok.



Menurut penelitian lebih lanjut, buah ini dapat mengobati sembelit, penyakit usus dan lambung, bisul, haid tidak teratur, dll.

4.Anggur

Buah ini disebutkan di dalam Quran, “Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, kurma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan.” (QS: An Nahl: 11)
Rasulallah SAW sangat menyukai buah ini. Beliau bersabda, “Kalian mempunyai kismis (anggur). Ia dapat mencerahkan wajah dan menghilangkan dahak.” (HR Abu Nuaim). Memang sejak dahulu kala buah anggur sudah terkenal khasiatnya. Selain sebagai makanan yang memiliki zat penguat jantung, liver, dan paru-paru, buah ini juga berfungsi sebagai zat kosmetik. Jaman dulu cairan buah anggur digunakan untuk membersihkan wajah. Konon anggur juga dipakai untuk mengobati kanker.

5.Madu

Seluruh muslim rasa-rasanya mengetahui bahwa Rasulallah SAW amat menyukai madu. Bahkan madu ini disebut sebagai rajanya makanan, rajanya minuman, dan rajanya obat-obatan. Al Quran sendiri mengabadikan madu dalam ayat, “Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia.” (QS 16:69).

Madu

Nabi sendiri dulu sempat mengharamkan madu kepada dirinya sendiri. Lalu Allah menurunkan firman, “Wahai Nabi!, mengapa kamu mengharamkan apa yang Allah menghalalkannya bagimu; kamu mencari kesenangan hati isteri-isterimu? Dan Allah maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS 66:1).
Terlalu banyak manfaat madu yang bisa kita bahas. Namun secara garis besar, madu sangat bermanfaat bagi perut, mata, anti biotik, obat batuk dan dahak, juga pemberi energi.

6.Melon

Mengenai buah ini, Rasulallah SAW bersabda, “Tak satu pun dari wanita yang sedang hamil dan makan semangka akan gagal untuk menghasilkan keturunan yang baik di wajah dan sangat baik dalam sifat.” Buah melon sendiri awalnya berasal dari Mediterania, sebagian menyebut berasal dari Persia (Syria). Buah ini sangat terkenal dan bahkan diabadikan dalam sebuah gambar dalam piramida Mesir kuno. Melon sendiri ada bermacam jenis. Yang kita kenal biasanya ada dua. Satu yang berwarna hijau dan bersifat dingin dan basah. Satunya lagi berwarna kuning dan cenderung panas.



Rasulallah SAW biasanya memakan melon bersama kurma segar, sabda beliau, “Yang satu mengusir panas, yang lain mengusir dingin.” Hadis ini dicatat oleh at-Tirmidzî. Jika buah ini digunakan sebagai minyak tetes mata, ia bisa membuat mata bercahaya. Obat gosok dari melon bisa membantu menghilangkan noda-noda hitam di wajah, terutama jika dibuat dari biji-bijinya. Melon juga dapat membantu mengusir batu dalam ginjal dan kantung kemih. Selain juga berfungsi sebagai obat pencahar bagi setiap cairan yang kebetulan ada dalam perut.

7.Susu

Susu merupakan minuman yang dimuliakan didalam Al-Quran. “Dan sesungguhnya pada binatang ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagi kamu. Kami memberimu minum daripada apa yang berada dalam perutnya (berupa) susu yang bersih antara tahi dan darah, yang mudah ditelan bagi orang-orang yang meminumnya.” (QS. An Nahl: 66).



Rasulallah SAW bersabda, “Barangsiapa yang memakan suatu makanan yang dikaruniai oleh Allah, hendaknya ia berdoa: ‘Allahumma baarik lana fiihi (ya Allah, limpahkan keberkahan pada kami dalam makanan ini). Dan barangsiapa yang minum susu yang dikaruniai oleh Allah, hendaknya ia berdoa: Allahumma baarik lana fiihi, wa zidna minhu (ya Allah berilah keberkahan kepada kami dalam susu ini dan karuniakan kami lebih banyak dari susu ini) karena aku tidak tahu satupun yang bisa menggantikan makanan dan minuman melebihi susu.” (HR. Abu Daud 3245, Ibnu Majah 3321, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Ibni Majah)
Manusia jaman dahulu sampai manusia modern tentunya sudah mengetahui manfaat susu ini. Bahkan minuman ini sudah diminum manusia sejak ia dilahirkan ke muka bumi. Begitu beragam manfaatnya untuk pertumbuhan tulang, otak dan kecerdasan, dll.

8.Jamur

Rasulullah bersabda: Kam’at (jenis jamur) adalah bagian dari dunia jamur. Airnya adalah obat penyakit mata (H.R. Muslim dari Sa’id bin Zaid). Hadits ini menyebutkan tentang sebuah jamur yang merupakan bagian dari berbagai macam jenis jamur.



Hadits ini seolah-olah menginsyaratkan bagi manusia untuk lebih meneliti jamur. Hingga kemudian kedokteran modern memiliki ilmu tentang microbiologi dll.

9.Buah Delima

Menurut Al-Quran, Delima adalah salah satu dari buah-buahan di surga, surah Al-Rahman ayat 68 “Di dalam kedua-dua syurga itu terdapat buah-buahan, pokok kurma dan pokok delima.” Rasulallah SAW sendiri juga sangat menyukai buah ini. Dalam haditsnya beliau bersabda, Makanlah buah delima dengan kulitnya.



“Sesungguhnya kulitnya dapat membersihkan perut besar.Tidaklah sebutir biji buah delima berada di dalam perut seorang muslim, melainkan dia akan meneranginya dengan mengusir syaitan serta godaannya selama 40 hari.”

10.Minyak Zaitun

Firman Allah SWT: “Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, kurma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan.” (An-Nahl:11)



Rasulullah menyukai minyak ini, selain untuk dikonsumsi juga sebagai minyak oles. Diriwayatkan oleh Ibnu Umar r.a., Rasulullah SAW pernah bersabda: “Minumlah minyak zaitun dan berminyak dengannya kerana sesungguhnya ia adalah dari pohon yang diberkati.” (HR Al-Baihaqi & Ibnu Majah). Di dalam riwayat lain menjelaskan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda: “Barang siapa menggosok (badannya) dengan minyak zaitun, syaitan tidak akan mendekatinya.” Minyak ini sangat bagus untuk kesehatan perut, pencernaan, peredaran darah, dan bagus juga untuk kulit dan rambut.

11.Cuka

Menurut beberapa riwayat, Rasulallah senang mencampurkan makanannya dengan cuka yang dicampurkan dengan minyak zaitun. Hal ini malah menjadi sebuah kebiasaan di restoran-restoran khas Italia yang elit.



Mungkin karena beliau menyukai rasanya yang unik, juga karena manfaat cuka yang sangat bagus. Antara lain: merupakan antibiotik yang baik untuk mencegah kerapuhan gigi, membersihkan alat-alat pencernaan, melawan bakteri-bakteri dan parasit-parasit yang ada dalam perut, mengaktifkan proses pencernaan dan metabolisme tubuh, membantu mengatasi obesitas, mengobati penyakit asma, alergi, juga pada kasus-kasus diare berat karena cuka mengandung sejumlah zat pengerut. Cuka juga bisa digunakan untuk mengobati sakit persendian, meminimalisir efek sengatan lebah, dan sengatan-sengatan lain seperti serangga dan hewan-hewan laut.

12.Air Putih

Rasa-rasanya tidak ada satu pun minuman yang harus sering diminum manusia setiap hari selain minuman ini. Sebuah minuman sederhana namun manfaatnya sangat besar bagi kehidupan manusia. Bahkan air adalah sumber kehidupan, “Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?” (QS. 21: 30). Menurut sebuah penelitian, orang dewasa yang minum delapan gelas air atau lebih dalam sehari, mampu membakar kalorinya lebih banyak daripada mereka yang minum empat gelas saja.



Air putih juga baik untuk memperlancar sistem pencernaan, memperlambat tumbuhnya zat-zat pemicu kanker, serta termasuk zat yang baik bagi perawatan kecantikan. Bila kurang minum air putih tubuh akan menjadi kering dan berkerut. Dengan banyak minum air dapat menjaga kelembaban kulit sekaligus menyehatkannya. Bahkan meminum air putih secara benar dapat meningkatkan produksi hormone testosterone yang berguna bagi kesuburan laki-laki dan meningkatkan hormone estrogen pada wanita.
Demikianlah 12 makanan dan minuman yang merupakan kesukaan Rasulallah SAW dan amat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Mengikuti beliau bukan saja sehat, tetapi juga berpahala.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More