Manfaat Daun Belimbing Wuluh ~ Putra Gantiwarno
Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

Manfaat Daun Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh atau yang sering dikenal dengan istilah belimbing sayur merupakan salah satu jenis buah – buahan yang memiliki rasa yang asam. Meskipun emmiliki nama belimbing, namun demikian, belimbing wuluh memiliki bentuk yang jauh berbeda daripada belimbing buah yang biasa kita kenal.
Belimbing wuluh memiliki warna yang hijau pucat, dengan rasa asam. Biasanya belimbing wuluh sering dimanfaatkan sebagai salah satu bahan campuran dalam pembuatan sayuran, karena memiliki rasa asam yang sangat segar. Selain itu belimbing wuluh juga memiliki beebagai kandungan vitamin dan mineral yang sangat baik untuk kesehatn tubuh anda.
Salah satu vitamin yang sangat baik yang terkandung pada belimbing wuluh adalah vitamin C, yang bermanfaat untuk :

  1. Mengobati dan menyembuhkan sariawan
  2. Menjaga daya tahan tubuh
  3. Antioksidan
  4. Anti kanker
  5. Dan banyak lagi manfaatnya.
Namun demikian, artikel ini tidak akan membahas mengenai buah belimbing wuluh, melainkan salah satu bagian penting dari pohon belimbing wuluh, yaitu daunnya. Daun belimbing wuluh tidaklah jauh berbeda dengan dedaunan pada pohon pada umumnya. Yang memberdakan adalah, daun dari belimbing wuluh ini memiliiki banyak sekali manfaat yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh.
Apa saja manfaat daun belimbing wuluh?
Daun belimbing wuluh memiliki banyak sekali manfaat. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari daun belimbing wuluh :
  1. Sebagai pengobatan reumatik
Manfaat pertama dari daun belimbing wuluh terhadap kesehatan adalah daun belimbing wuluh mampu untuk menyembuhkan reumatik. Reumatik merupakan kondisi dimana penderitanya mengalami sakit pada bagian otot – otot tubuh tertentu, sehingga sulit untuk digerakan.
Biasanya reumatik ini muncul karena faktor usia dan juga kurangnya asupan gizi. Berikut ini cara memanfaatkan daun belimbing wuluh untuk mengobati reumatik :
  • Ambil dan cuci bersih segenggam daun belimbing wuluh
  • Tumbuk daun tersebut hingga halus
  • Tambahkan kapur sirih pada tumbukan daun tersebut
  • Olehskan campuran kapur sirih dan daun belimbing wuluh pada bagian tubuh yang teras sakit.
  1. Obat batuk
Manfaat berikutnya dari daun belimbing wuluh bagi kesehatan kita adalah daun belimbing wuluh dapat mengobati penyakit batuk yang anda derita. Bagaimana caranya? Berikut ini adalah langkah – langkah mengolah daun belimbing wuluh untuk mengobati penyakit batuk :
  • Siapkan segenggam daun belimbing wuluh, bunga belimbing wuluh dan 2 buah belimbing wuluh
  • Rebus bahan tersebut dengan 2 gelas air, dan tambahkan gula batu secukupnya
  • Tunggu hingga mendidih dan airnya tersissa setengah
  • Saring, lalu minum ramuan tersebut.
  1. Menurunkan panas tinggi dan demam
Daun belimbing wuluh juga sangat bermanfaat untuk menurunkan panas demam. Dengan menggunakan dan memanfaatkan daun belimbing wuluh, maka panas yang diderita dapat reda. Caranya adalah dengan mengompres penderita panas demam dengan menggunakan tumbukan daun belimbing wuluh.
  1. Mengobati diabetes
Daun belimbing wuluh juga memiliiki manfaat yang baik untuk mengobati diabetes. Meskipun mungkin tidak akan sembuh secara total, namun paling tidak dengan konsumsi daun belimbing wuluh secara rutin, resistensi insulin yang dialami oleh penderita diabetes dapa berkurang, dan gejala – gejala dari diabetes pun akan berkurang.
  1. Mengobati pegal linu
Anda merasakan pegal linu? Kalau begitu anda dapat mencoba daun belimbing wuluh untuk mengobati rrasa pegal linu yang anda alami. Cukup dengan membalurkan tumbukan dari daun belimbing wuluh pada bagian tubuh yang mengalami pegal linu.
  1. Mengobati gatal – gatal dan gangguan pada kulit lainnya
Daun belimbing wuluh juga diyakini mampu untuk mengatasi gatal –gatal pada kulit, dan juga kondisi gangguan – gangguan kesehatan pada kulit anda. biasanya gangguan – gangguan tersebut dapat berupa :
  • Gigitan serangga
  • Jamur dan bakteri
  • Penyakit eksim, kutu air dan penyakit kulit lainnya.
Untuk mengobatinya, cukup mudah. Anda hanya tinggal mengoleskan tumbukan dari daun belimbing wuluh pada bagian tubuh anda yang mengalami gangguan kulit, untuk mengobati gangguan kulit tesebut.
  1. Mengobati jerawat
Anda mengalami jerawat yang sangat mengganggu penampilan? Kalau begitu, daun belimbing wuluh meruapakn pilihan yang tepat untuk mengobati jerawat yang anda alami. Jerawat dan bisul dapat hilang dan disembuhkan dengan cara simple, yaitu oleskan tumbukan daun belimbing wuluh pada bagian kulit yang mengalami jerawat ataupun bagian tubuh lainnya yang mengalami pertumbuhan bisul.
  1. Menghambat pertumbuhan dan perkembangan bakteri
Daun belimbing wuluh memiliki banyak senyawa – senyawa yang baik bagi kesehatan tubuh. Salah satu senyawa dari daun buah belimbing wuluh yang baik adalah flavonoid. Senyawa yang terkandung dalam daun belimbing wuluh ini sangat efektif dan memiliki efek yang cukup baik untuk menghambat pertumbuhan beberapa bakteri pada tubuh, seperti :
  • Staphylococcus Aureus
  • Bacillus Cereus
  • COrney Bacterium Dipthera
  1. Dapat meredakan peradangan
Rebusan dari daun belimbing wuluh memiliki manfaat yang baik dalam hal meredakan peradangan. Hal ini disebabkan oleh efek anti pireutik yang dimiliki oleh rebusan dari daun belimbing wuluh. Dengan ini, anda dapat meredakan peradangan yang terjadi pada tubuh anda.
  1. Membersihkan bahan akrilik
Daun belimbing wuluh juga memiliiki manfaat lain selain dari segi kesehatan. Manfaat tersebut adalah, daun belimbing wuluh mampu menjadi salah satu media pembersih bahan akrilik.
  1. Membersihkan gigi palsu
Daun belimbing wuluh juga memiliki manfaat lainyang mungkin belum anda ketahui. Manfaat lain tersebut adalah, bbahwa daun belimbing wuluh mapu untuk membersihkan gigi palsu yang anda miliki secara efektif. Hal in iakan membantu perawatn gigi palsu anda, agar menjadi lebih bersih, putih dan juga sehat.
Itulah beberapa manfaat dari daun belimbing wuluh, yang mungkin belum anda ketahui, karena selama ini daun belimbing wuluh jarang diberi perhatian, terutama pemanfaatannya sebagai salah satu bahan herbal.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More