Resep Es Cincau Hijau ~ Putra Gantiwarno
Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

Resep Es Cincau Hijau

Pada saat panas matahari terik,yang paling enak dan segar, tentu saja minum es cincau. Es cincau selain enak rasanya, es ini pun dapat menyegarkan tenggorokan kita. Cincau ada 2 jenis yaitu, cincau yang berwarna hitam dan cincau yang berwarna hijau. Untuk kali ini kita akan membahas tentang cincau hijau. Cincau bermanfaat untuk menyembuhkan tekanan darah tinggi, nyeri pada perut, dan panas dalam. Bagian yang perlu diperhatikan pada saat membuat cincau adalah pemberian garam. Garam diberikan pada es agar dapat memberikan rasa gurih. Cincau dapat anda temukan di pasar tradisional ataupun di supermarket terdekat. Jadi anda tidak perlu repot-repot membuat cincau hijau. Tapi bila anda ingin membuatnya sendiri berikut cara pembuatan dan bahan es cincau hijau.


Bahan-bahan
  • 30 lembar daun cincau hijau, cuci bersih
  • 500 ml air matang
  • 100 gram kelengkeng, kupas, dan sisihkan
  • 300 ml santan
  • 2 lembar daun pandan, simpulkan
  • 150 gram gula merah sisir
  • 100 ml air
  • 500 gram es serut
Cara membuat
  1. Tempatkan daun cincau ke dalam baskom, beri air sedikit demi sedikit sambil diremas-remas hingga cairan menjadi kental. Saring.
  2. Rebus santan dan daun pandan sambil diaduk-aduk hingga mendidih, angkat.
  3. Rebus gula merah dengan air hingga larut dan mengental.
  4. Penyajian : Siapkan gelas saji, letakkan dan susun cincau, kelengkeng, gula merah, santan, dan es serut.
  5. Sajikan segera.
Biasanya banyak para pedagang es cincau tidak memakai buah kelengkeng. Mereka hanya menjual cincau hijau saja. Tetapi jika anda ingin es cincau anda beda dari yang lainnya, anda dapat menambahkan kelengkeng dalam es cincau buatan anda. Semua tergantung pada kesukaan dan selera anda masing-masing. Es cincau pun dapat dijadikan sebagai menu pilihan untuk berbuka puasa karena rasanya manis dan tidak akan membuat perut anda sakit setelah seharian berpuasa. Nah,selamat mencoba!
Sumber gambar: sajiansedap.com

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More