10 pendaki gunung terhebat yang pernah ada di dunia ~ Putra Gantiwarno
Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

10 pendaki gunung terhebat yang pernah ada di dunia

Jika kita sudah akrab dengan nama nama seperti Columbus, Marcopolo, atau dalam dunia islam ada Ibnu Battuta yang terkenal sebagai petualang dan penjelajah hebat di dunia. Maka dunia pendakian gunung atau mountaineering di dunia, tidak bisa lepas dari nama nama yang akan kita lihat di bawah ini nanti, mereka dikenal karena prestasi dan totalitas mereka dalam mengabdi pada dunia pendakian gunung professional. kita akan mencoba mengobrol hanya sepuluh nama saja yang prestasinya benar benar menonjol dan super dan patut kita tahu.
Baiklah kita mulai saja mengenal siapa saja sosok hebat itu, ini dia

Reinhold Messner

Buka di sini:
Saya percaya mungkin semua para pendaki gunung, atau paling tidak orang yang nge-fans dengan dunia hiking dan adventure, sudah sangat mengenal sosok nyentrik satu ini.

Ya Reinhold Messner adalah salah satu legenda gunung dunia, kita pasti sering mendengar namanya disebut atau di tulis di media media pendakian gunung dunia, terus pertanyaannya mengapa..? apa yang ia lakukan sehingga dunia mountaineering begitu menghormati sosok ini..?

Pria brewokan kelahiran Italia ini melakukan banyak hal yang di kemudian hari menjadi tonggak prestasi dan acuan dalam aktivitas mountaineering, ini beberapa di antaranya ;

Messner adalah orang pertama di dunia yang mendaki 14 puncak di atas 8000 Mdpl tanpa tabung oksigen.

Messner adalah orang pertama di dunia yang mendaki gunung Everest secara solo alias seorang diri, kemudian di lain waktu, ia juga orang pertama di dunia yang mendaki Everest tanpa tabung oksigen.

Messner juga adalah orang yang pertama kali mendaki gunung Nanga Parbat seorang diri, dan pendakian solo ini ia lakukan sejak dari basecamp.

Pada pendakian ke puncak Gasherbrum I ( 8.080 Mdpl ) dan ke puncak Gasherbrum II ( 8.034 Mdpl ), Reinhold Messner melakukannya tanpa turun dulu ke basecamp, alias lanjut saja.

Selain prestasi prestasi prestisius di atas, Messner juga dikenal dengan ide seven summitnya yang memasukkan gunung Cartenz Pyramid ke dalam list, melawan teori Dick Bass yang mengatakan jika gunung Kosciuszko di Australia yang lebih pantas sebagai puncak benua Austronesia. Menurut pendapat Messner, puncak tertinggi Australia itu terlalu gampang untuk di daki, hingga tidak pantas dijadikan salah satu puncak seven summit dunia, dan Cartenz Pyramid lebih pantas untuk itu karena kesulitannya.
10 pendaki gunung terhebat yang pernah ada di dunia Reinhold Messner di Nanga Parbat
Dalam perjalanan pendakiannya Messner pernah kehilangan seorang saudara kandungnya saat mendaki Nanga Parbat pada tahun 1970, Gunther Messner tewas dalam pelukan salah satu gunung tersulit di dunia itu. Total ada lima kali Reinhold Messner mengunjungi Nanga Parbat, dua kali ia mendaki hingga puncak, namun yang tiga kali ia lebih bertujuan untuk mengenang kematian saudaranya
Erhard Loretan
Buka di sini:

Alex Lowe
Buka di sini:

Jerzy Kukuczka
Buka di sini:

Edmund Hilary
Buka di sini:
Seorang pendaki dengan begitu banyak penghargaan, dan sosoknya juga di cetak dalam lembar mata uang, mungkin tidak ada yang lain lagi kecuali orang ini, Sir Edmund Hillary.

Prestasi paling spektakulernya tentu saja seperti yang kita tahu bersama, ia adalah orang pertama di dunia yang berhasil mendaki hingga puncak gunung Everest, gunung tertinggi di dunia, pristiwa sejarah ini lakukan bersama seorang Sherpa hebat bernama Tenzing Norgay.

Sebelum menjadi anggota pendaki gunung professional, Hilary adalah seorang prajurit yang berperang sebagai navigator pada pesawat tempur pasukan Inggris di perang dunia ke dua. Sebelum mendaki Everest ia telah mencoba mendaki ke Cho Oyu, namun gagal.

Selain mendaki gunung, Hilary juga dikenal berhasil menjejakkan kakinya di kutub utara bumi, atau lebih dikenal dengan North Pole, dan beberapa waktu sebelumnya ia juga telah berhasil menjelajah hingga ke kutub selatan atau South Pole.
10 pendaki gunung terhebat yang pernah ada di dunia Edmund Hilary & Tenzing Norgay
Tahun 1953, di bawah ekspedisi pimpinan John Hunt, Hilary mencatatkan namanya di buku sejarah dunia, bersama Tenzing Norgay ia memcapai pencapaian terbesarnya, puncak Everest.

Hilary banyak mendirikan rumah sakit dan sekolah di Nepal, dan ia juga mendirikan sebuah organisasi yang bernama Himalayan Trust, yang bertujuan untuk membantu kehidupan para Sherpa pegunungan Himalaya.

Gerlinde Kaltenbrunner
Buka di sini:
Wah wah saya sudah dua kali membahas si cantik ini pada dua postingan yang berbeda, saya saya akan membahas secara singkat saja ya kali ini.

Jika sahabat pembaca ingin informasi lebih banyak tentang perempuan hebat dan baik hati satu ini, silahkan baca di lima pendaki gunung cantik yang akan membuatmu jatuh hati.

Prestasi besar Gerlinde yang mengangkat namanya menjadi salah satu mountaineer top dunia adalah karena ia berhasil menjadi perempuan pertama di dunia yang berhasil mendaki 14 puncak di atas 8000 Mdpl tanpa tabung oksigen. Dan untuk urutan siapa perempuan yang lebih dulu mencapai 14 puncak 8000 meter, maka ia dikalahkan rekan ekspedisinya, Edurne Pasaban, seorang pendaki gunung dari Spanyol, Namun Pasaban melakukannya dengan dukungan tabung oksigen.

Gerlinde adalah satau mountaineer hebat generasi saat ini, selain prestasi yang tinggi, ia juga rendah hati, dan murah senyum, saya secara pribadi sangat mengidolakannya ( smile ).
10 pendaki gunung terhebat yang pernah ada di duniaGerlinde Kaltenbrunner

Park Young Seok
Buka di sini:
ni adalah orang pertama di dunia yang memegang rekor sebagai pendaki 14 puncak di atas 8000 meter, seven summiter, sekaligus juga penjelajah yang telah menginjakkan kakinya hingga ke Kutub Utara, dan juga Kutub Selatan.

Dan kita patut pula ikut bangga, karena ia orang Asia, Park Young Seok berasal dari Korea Selatan, dan ia juga merupakan salah satu pendaki yang berpengaruh dan disegani. Seok juga memegang rekor dunia untuk kategori berhasil mendaki enam puncak di atas 8000 Mdpl dengan waktu kurang dari satu tahun.

Salah satu rekor mengerikan yang juga di pegang oleh Young Seok dalam pencapaiannya di kutub selatan, ia melakukannya dengan berjalan kaki selama 44 hari, dan tanpa pasokan makanan tambahan.

Namun kehidupan Seok berakhir dengan tragis, ia di nyatakan hilang saat mendaki Annapurna bersama dua pendaki Korea lainnya, saat berada di ketinggian kurang lebih 6500 mdpl jalur mereka tersapu avalanche dan bebatuan, rescue gunung Annapurna dan juga rescue dari Korea sendiri ikut mencari, namun tidak di temukan tanda tanda dari Seok dan timnya lagi.
10 pendaki gunung terhebat yang pernah ada di duniaPark Young -seok

Edurne Pasaban
Buka di sini:

Apa Sherpa “ Super Sherpa”.
Buka di sini:

Ueli Steck
Buka di sini:
Dikenal pula dengan julukan “ Swiss Machine “, Ueli Steck memegang rekor sebagai pendaki tercepat dunia saat ini.

Salah satu yang viral ia lakukan, saat mendaki Eiger North Face dengan waktu hanya 2 jam 47 menit, kemudian berkali kali ia membuat rekor pendakian gunung dengan kecepatan yang sulit dilawan.
10 pendaki gunung terhebat yang pernah ada di duniaUeli Steck


Ini adalah daftar rekor speed climbing yang telah di bukukan Ueli Steck ( data dari Wikipedia ) ;

Buka di sini:
1995 Eiger north face, Hekmair route, lintasan 1800 m
1998 Monch Haston couloir, solo, waktu 3,5 jam panjang lintasan 1000 m
1999 Eiger northeast face (Lauper route), solo, waktu 5 jam, panjang lintasan 1500 m
2000, Eiger north face, Yeti route, second ascent (tingkat kesulitan 7c/A0)
2000, Mönch north face, Direttissima, first ascent, lintasan lengh 1000 m
2001, Grandess Jorasses, Walker Spur, winter ascent 1200 m
2001, Pumori west face, first ascent, panjang lintasan 1400 m dengan kemiringan 80 derajat.
2001, Eiger North Face, first ascent via "The Young Spider" dengan panjang lintasa 1800 m
Mount Dickey, Alaska, east face, first ascent, disebut rute "Blood from the Stone", dengan panjang lintasan 1700 m
2002/03 Two attempts at Jannu north face, ketinggian 7710 m di Nepal
2003, Punta Heron, Patagonia.
Eiger north face, La vida es Silbar red pointed , panjang lintasan panjat 900 m
Eiger north face, Paciencia, first ascent (900 m 8a) with Stephan Siegrist.
2004 Trilogy Eiger, Mönch, and Jungfrau(north faces) dalam waktu 25 jam
2005 (Khumbu-Express) First solo ascent of Taboche east face (6515 m) and Cholatse north face (6440 m)
2006, Matterhorn, north face, solo ascent
2006, Eiger north face, winter solo ascent of "The Young Spider
2006, Gasherbrum II East (7772 m) NE face, first ascent
2007 Eiger north face, Heckmair route, speed record in 3:54 jam, solo
2008, Eiger north face, Heckmair route, speed record in 2:47:33 jam, solo
Grandess Jorasses north face, Colton–McIntyre speed-record route in 2:21 hours, solo
Temkangpoche north face (6500 m, Nepal) bersama Simon Anthamatten, first ascent dengan alpine style, tanpa baut, tanpa fix rope, selam empat hari naik dan turun.
Eiger north face, Paciencia, first free ascent (900 m 8a) with Stephan Siegrist. This route represents the hardest rock climbing route on Eiger north face.
2009, Matterhorn north face, Schmid route speed-record in 1:56 jam, solo
2010, Gasherbrum II, solo ascent
2010, normal route
Shishapangma, south face solo in 10:30 hours.
Cho Oyu, via the northwest face (normal route), delapan belas hari setelah pendakian soolnya ke Shishapangma
2012, Everest via the South Col - southeast ridge (normal route) without supplemental oxygen
2013, Annapurna, solo ascent via the south face, waktu 28 jam.
2014, Memenangkan Piolet d’Or, sebuah penghargaan tertinggi untuk mountaineering.

Ya itu dia sepuluh orang pendaki gunung dengan prestasi terhebat sejagat saat ini, kita berdoa semoga suatu ketika ada anak Indonesia yang juga bisa menyandang gelar prestisius seperti itu.

Dan ingat, ke sepuluh orang ini melakukan semua rekor yang mereka sandang, tentunya dengan penuh perhitungan, pengalaman, dan skill yang telah teruji. Jadi jika sahabat semua mendaki gunung, jangan terlalu terobsesi untuk menjadi yang terhebat dengan menunjukkan bahwa kita mampu dan bisa melakukan hal yang sulit sulit.

Umpamanya ; karena ingin di catat namanya dalam rekor pula di Indonesia lantas mendaki gunung Semeru melalu jalur kawah Jongring Saloko nya, atau mendaki gunung merapi lewat kawahnya yang mendidih, atau juga mendaki gunung Rinjani tanpa mengenakan baju, dan hanya bercelana kolor saja, rekor seperti itu tentu bukan sebuah rekor yang bisa dibanggakan.

Jika ingin melakukan yang terhebat, lakukan dengan sepenuh hati, jangan hanya karena ingin di puji.

Nieh dari Indonesia Gan
Buka di sini:
Clara Sumarwati
(lahir di Jogjakarta, 6 Juli 1967; umur 48 tahun) adalah pendaki gunung asal Indonesia. Clara mencatatkan diri sebagai pendaki gunung wanita dari Indonesia dan Asia Tenggara pertama yang berhasil mencapai puncak Everest pada tahun 1996.
10 pendaki gunung terhebat yang pernah ada di dunia
10 pendaki gunung terhebat yang pernah ada di dunia

Clara pertama kali masuk dan dirawat di RSJ pada 1997. Selama di RSJ, dia pun kerap bercerita bahwa dia pernah mendaki Gunung Everest. Namun, ceritanya kerap diabaikan oleh para tenaga medis karena dianggap hanya sebagai bagian dari khayalannya.

Prestasi Clara dan keberadaannya sebagai sosok istimewa yang pernah mengharumkan nama bangsa baru terungkap pada bulan Oktober 2009 ketika ada sejumlah tim penilai pemuda pelopor dari Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga yang datang untuk menilai Poppy Safitri, wakil kontingen Jawa Tengah untuk lomba pemuda pelopor tingkat nasional. Salah satu aktivitas Poppy adalah mengajar tari di RSJ. Dalam kunjungan ke RSJ itulah, salah satu anggota tim mengenali sosok Clara.
Kasian yaa gan.

Asmujiono Taklukkan Everest
Asmujiono merupakan mantan anggota Kopassus, yang lolos mengikuti seleksi Tim Nasional Ekspedisi Everest pada tahun 1996, yang diprakarsai oleh Danjen Kopassus, Mayjen TNI Prabowo Subianto. Pria kelahiran Malang itu juga mencatatkan namanya dalam piagam penghargaan Rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI), sebagai orang Indonesia pertama yang berhasil mencapai puncak Gunung Everest dengan ketinggian 8.848 m di atas permukaan laut.


sumber :https://www.kaskus.co.id/thread/56a39e7f14088d8c298b4567/10-pendaki-gunung-terhebat-yang-pernah-ada-di-dunia/

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More