15 Khasiat KETUMPANG AIR (TUMPANGAN AIR/SIRIH CINA) untuk Pengobatan ~ Putra Gantiwarno
Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

15 Khasiat KETUMPANG AIR (TUMPANGAN AIR/SIRIH CINA) untuk Pengobatan

 Tanaman Obat – Banyak sebutan untuk tanaman herba ini, antara lain Sirih Cina, Sirih Mini/Daun Sirih Mini, Tumpangan Air, Ketumpang Air. Nama latin sirih cina adalah Peperomia pellucida. Tanaman ini sering dianggap sebagai gulma oleh pak tani dan bu tani, karena sering tumbuh disela-sela tanaman budidaya. Ada yang menyebut daun sirih cina ada juga yang memanggilnya daun ketumpang air. Tanaman ini juga banyak tumbuh disekitar rumah, dipekarangan terutama ditempat-tempat yang lembab. Selain itu banyak juga dijumpai ditanggul sawah dan tepi parit. Banyak orang yang tidak memperdulikan tanaman ini, mereka seenaknya mencabut dan membuangnya begitu saja. Padahal jika anda tahu, tanaman ini memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Tumbuhan ini bisa diperbanyak melalui biji. Tumpangan air (Peperomia pellucida) adalah terna kecil semusim dan berakar dangkal yang mudah ditemukan tumbuh liar di tepi saluran air atau pematang dan taman. Ukurannya 15 sampai 45 cm. Batangnya sukulen (berair), cerah, berdaging, demikian pula daunnya yang agak tebal tapi lunak.Daun sirih cina atau ketumpang air bisa dimakan, dengan cara diolah sebagai sayur atau untuk lalapan. Bisa juga dibuat jus kemudian diminum.

Kandungan Kimia, Efek Farmakologos dan Nama Daerah Sirih Cina / Tumpangan Air (Ketumpang Air)

Tanaman Tumpangan Air, Sirih Cina atau Ketumpang Air ini diketahu mengandung berbagai macam zat yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Kandungan kimia tanaman tersebut antara lain alkaloid, tanin, kalsium oksalat, lemak dan minyak atsiri. Tanaman ini bersifat pedas dan sejuk. Bagian tanaman yang digunakan sebagai obat adalah seluruh bagian tanaman. Tumpangan air/Ketumpang air/Sirih cina memiliki efek farmakologis sebagai analgesik (pengurang rasa sakit), anti radang (anti-inflammatory) dan antibiotik.

15 Khasiat dan Manfaat Sirih Cina/Tumpangan Air Untuk Kesehatan

1. Mengobati bisul,
2. Mengobati Jerawat,
3. Mengobati radang kulit,
4. Mengobati abses,
5. Mengobati luka bakar,
6. Mengobati luka memar/luka terpukul,
7. Mengatasi bengkak,
8. Mengobati pegal-pegal,
9. Mengobati gangguan kemih,
10. Mengobati sakit persendian karena rheumatik,
11. Mengatasi penyakit ginjal,
12. Meredakan sakit kepala pada penderita demam,
13. Mengobati sakit perut,
14. Membantu mengurangi asam urat,
15. Meredakan nyeri spasmodik parah pada perut yang disebabkan oleh distensi (Kolik)


Cara Mengkonsumsi Sirih Cina/Tumpangan Air Untuk Pengobatan (Resep Herba Ketumpang Air)

1. Cara Mengkonsumsi Sirih Cina untuk Obat Sakit Kepala pada Penderita Demam

15 lembar daun sirih cina/tumpangan air dicuci bersih, kemudian ditumbuk atau dilumatkan. Tempelkan ramuan tersebut pada pelipis kiri dan kanan. Cara lain yaitu dengan merebus 2 pohon tanaman segar berukuran kecil dengan tinggi 7—10 cm yang telah dicuci bersih dalam 300 ml (1.5 gelas) air hingga tersisa 1 gelas saja. Setelah dingin (hangat) minum air ramuan tersebut 1 gelas sekali minum. Lakukan pengobatan sehari 2 kali dengan dosis yang sama.

2. Resep Ketumpang Air untuk Obat Abses, Bisul, Jerawat dan Radang Kulit

Dua rumpun pohon tanaman segar ukuran kecil (tingginya 7—10 cm tinggi) dicuci hingga bersih. Kemudian direbus dengan 1.5 gelas air (300 ml) hingga tersisa 1 gelas. Minum aimya sekaligus 1 gelas selagi hangat. Lakukan pengobatan sehari 2 kali dengan dosis yang sama.

3. Ramuan Herba Sirih Cina untuk Obat Sakit Perut

Ambil tanaman tumpangan air segar secukupnya. Kemudian dicuci dan dilumatkan atau ditumbuk hingga halus. Peras ramuan tersebut menggunakan kain bersih. Lalu diminum airnya.

4. Resep Herba Ketumpang Air untuk Mengobati Luka Bakar dan Luka Terpukul

Ambil tanaman segar secukupnya, kemudian dicuci hingga bersih. Lumatkan atau ditumbuk hingga halus, lalu tempelkan ramuan pada bagian tubuh yang sakit. Lakukan beberapa kali dalam sehari hingga sembuh.

5. Resep Sirih Cina/Ketumpang Air untuk Obat Sakit Ginjal

Cuci bersih tanaman segar berukuran kecil (tingginya 7—10 cm tinggi). Rebus tanaman dengan 1,5 gelas air (300 ml) hingga tersisa 1 gelas. Minum aimya sekaligus selagi hangat. Lakukan pengobatan sehari 2 kali, masing-masing 1 gelas. Buat ramuan baru setiap kali melakukan pengobatan.
Nah, mulai sekarang tanamlah daun sirih cina (ketumpang air) di polybag atau pot, selain sebagai tanaman obat juga untuk memperindah pekarangan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat…

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More