Manfaat Daun Bawang ~ Putra Gantiwarno
Selamat datang, terima kasih atas kunjungannya. Salam perdamaian

Manfaat Daun Bawang


Daun bawang yang memiliki latin Allium fistulosum adalah salah satu bumbu masak yang hampir selalu ada di setiap masakan khas Indonesia. Mulai dari telur dadar, gorengan, martabak telor, hingga sop. Kadang juga digunakan sebagai bumbu tabur seperti pada soto. Namun, manfaat daun bawang tidak hanya sebatas untuk masakan tapi juga untuk kesehatan dan kecantikan.

Seperti bawang merah dan bawang putih, daun bawang juga memiliki aroma yang khas. Aroma yang menggugah selera makan. Dan di balik aromanya yang khas itu, tersimpan manfaat yang besar bagi kesehatan. Daun bawang baik untuk kesehatan jantung dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, daun bawang juga baik untuk penderita diabetes, mengatasi anemia, antibakteri dan kaya akan antioksidan.

Bukan cuma untuk kesehatan, bumbu dapur yang satu ini juga bermanfaat untuk dunia kecantikan. Diantaranya, dapat membantu program melangsingkan badan, menghilangkan jerawat, mencegah penuaan dini, mencerahkan dan meremajakan kulit. Bisa juga digunakan sebagai masker rambut untuk mengatasi rambut rusak.

Untuk mendapatkan daun bawang tidaklah sulit. Sayuran ini banyak terdapat di supermarket maupun pasar-pasar tradisional. Agar awet, daun bawang sebaiknya disimpan di lemari pendingin utuh dengan akarnya. Jika akarnya dipotong, maka akan cepat membusuk.

Apa yang membuat bawang daun ini menjadi sangat bermanfaat? Tentunya kandungan senyawa di dalamnya. Tanaman yang masuk dalam keluarga Alliaceae ini memiliki kandungan kandungan vitamin A, K dan C tinggi, asam folat, kalsium, potassium, protein, lemak, karbohidrat, serat dan rendah kalori.

Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan


Manfaat Bawang DaunKabar baik bagi Anda yang doyan menyantap makanan dengan bawang daun, karena ternyata bumbu dapur tersebut sangat baik untuk kesehatan. Manfaat daun bawang untuk kesehatan diantaranya sebagai berikut.

1. Menjaga kesehatan mata

Mata adalah salah satu anggota tubuh yang menjadi panca indera yang sangat penting. Maka kita harus menjaga kesehatannya. Bukan hanya wortel, apel dan tomat yang bagus untuk kesehatan mata, bawang daun juga. Dalam satu batang bwang daun terdapat kandungan pro-vitamin A sebanyak 24 µg. Jumlah tersebut sudah mencukupi 2,6 % dari asupan harian yang dibutuhkan pria dan 3,4 % yang dibutuhkan wanita.

2. Baik untuk wanita hamil

Bawang daun memiliki kandungan asam folat yang cukup tinggi. Asam folat ini sangat dibutuhkan oleh wanita hamil untuk mengoptimalkan perkembangan janin dan meningkatkan kecerdasan otak. Wanita hamil yang kekurangan folat akan rentan keguguran dan mengalami kelelahan.

3. Menjaga kesehatan tulang

Tulang merupakan bagian penting yang membentuk tujbuh manusia. Oleh karena itu, kita harus selalu menjaga kesehatannya agar dapat bergerak bebas dan leluasa. Selain kalsium, daun bawang juga mengandung vitamin C dan K yang baik untuk tulang.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Daun bawang mengandung antioksidan yang tinggi quercetin dan kemferfol. Kedua zat ini baik untuk kulit dan dapat meningkatkan imunitas tubuh secara keseluruhan. Karena itu sangat baik untuk melawan penyakit seperti pilek, demam, dan flu. Selain itu juga terdapat anti-bakteri, anti-jamur dan anti-virus yang membantu tubuh melawan bakteri sehingga terhindar dari infeksi.

5. Menyehatkan pencernaan

Kesehatan pencernaan merupakan sesuatu yang penting untuk dijaga. Karena di sanalah awal mula proses penyerapan zat-zat gizi yang ada dalam makanan. Daun bawang dapat membantu menyehatkan sistem pencernaan karena kandungan seratnya cukup tinggi. Selain itu dapat juga mengatasi masalah seperti sembelit atau susah buang air besar.

6. Kaya mineral, rendah kalori

Bumbu masakan yang satu ini kaya akan kandungan mineral, terutama zat besi dan kalium. Zat besi sangat diperlukan dalam pembentukan sel darah merah. Sangat bagus dikonsumsi oleh penderita anemia. Sedangkan kalium bermanfaat untuk mengatur kadar cairan tubuh, menjaga fungsi jantung, dan mencegah kram pada otot. Seperti jenis sayuran lainnya, daun bawang ini juga rendah kalori.

7. Menyehatkan jantung

Sayuran ini baik untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Ini berkat senyawa cycloalliin yang terkandung di dalamnya. Senyawa ini berfungsi untuk mengencerkan darah sehingga mencegah penggumpalan. Juga mengurangi resiko terkena penyakit aterosklerosis.

8. Mencegah diabetes

Daun bawang ini juga bermanfaat untuk mencegah penyakit diabetes. Hal ini berkat kandungan phyto-kimia yang ada di dalamnya, yaitu allium dan alil disulfida. Kedua zat ini mencegah degradasi insulin dalam tubuh dan meningkatkan metabolisme glukosa.

9. Mengobati cacingan

Anak yang terkena cacingan biasanya cenderung kurus dan kurang aktif. Untuk mengobatinya bisa menggunakan daun bawang. Caranya, beri saja makanan yang mengandung daun bawang. Namun akan lebih bagus jika diberi sop yang mengandung daun bawang karena senyawa di dalamnya masih utuh daripada masakan yang cara memasaknya digoreng.

10. Meningkatkan kualitas tidur

Kualitas tidur sangat berpengaruh terhadap kesehatan. Mendapatkan tidur yang berkualitas berarti mendapatkan kembali kebugaran tubuh yang telah digunakan untuk beraktifitas seharian. Mengkonsumsi daun bawang dapat memperbaiki kualitas tidur, mencegah depresi dan mengendalikan homosistein.

Manfaat Daun Bawang untuk Kecantikan


Selain terkenal manfaatnya di dunia kesehatan, daun bawang ini juga kerapkali dimanfaatkan dalam dunia kecantikan. Mulai dari bahan untuk perawatan ulit hingga rambut. Mari kita bahas satu-persatu apa saja khasiat bumbu dapur ini untuk dunia kecantikan.

1. Menghilangkan jerawat

Dalam daun bawan gterdapat zat allicin yang bersifat sebagai antibakteri. Jika digunakan pada wajah dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Caranya, bisa dengan memotong-motong daun bawang atau ditumbuk lalu oleskan pada wajah.

2. Mencerahkan dan meremajakan kulit

Manfaat lain dari daun bawang adalah untuk mencerahkan dan meremajakan kulit. Ini berkat kandungan vitamin C yang ada di dalamnya yang mampu mencegah pigmentasi kulit serta mengangkat sel-sel kulit mati sehingga kulit selalu tampak lebih muda.

3. Mencegah penuaan dini

Selain vitamin C, daun bawang juga mengandung vitamin A, E dan K serta antioksidan yang tinggi. Kandungan antioksidannya sangat ampuh untuk menangkal radikal bebas yang dapat merusak keremajaan kulit.

4. Manfaat bawang daun untuk rambut

Khasiat daun bawang untuk rambut juga mulai terkuak. Jadi bukan hanya untuk kulit saja. Untuk mendapatkan manfaatnya, bisa dengan cara membuat masker rambut alami dari daun bawang. Caranya juga tidak terlalu sulit.

Ambil daun bawang secukupnya, kemudian potong kecil-kecil. Ambil sebanyak satu genggam kemudian rebus dalam 1 gelas air selama 30 menit. Angkat daun bawangnya dan celupkan dalam air es selama 2 menit. Masukkan dalam blender dan tambahkan setengah cangkir minyak zaitun lalu blender hingga halus. Aplikasikan ramuan tersebut pada rambut dan kulit kepala secara merata. Diamkan selama 30 menit sambil dibungkus dengan shower cap atau handuk hangat. Berrsihkan rambut dan kulit kepala, gunakan shampo dan lanjutkan dengan kondisioner.

Lakukan perawatan rambut tersebut secara rutin 2 kali seminggu. Masker bawang daun ini sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah rambut yang rusak, kering, dan bercabang.

Nah, itu dia berragam manfaat dan khasiat dari daun bawang untuk kesehatan maupun kecantikan. Jadi, tambahkan daun bawang dalam masakan anda untuk mendapatkan manfaatnya. Semoga bermanfaat.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More